Kabar Duka, Penyanyi Senior Ivo Nilakreshna Meninggal Dunia

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 21 Mei 2022 14:04
Kabar Duka, Penyanyi Senior Ivo Nilakreshna Meninggal Dunia
Diabetes disebut menjadi penyebab meninggalnya Ivo Nilakreshna

Berita duka datangd ari dunia musik Indonesia. Penyanyi senior Ivo Nilakreshna dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (20/5) sekitar puku 14.22 WIB.

Kabar meninggalnya Ivo Nilakreshna disampaikan langsung oleh sang putri, Baina Ivo, lewat unggahan di akun Instagram miliknya.

"Innalilahi wa innalillahi rojiun, Telah berpulang ibunda tercinta H. Ivo Fauziah Hanum binti TM. Usman El Muhammady tgl 20 Mei 2022 hari Jumat pukul 14.22. Kami sekeluarga mohon di bukakan pintu maaf apabila ibu kami ada kesalahan yg di sengaja maupun yg tidak di sengaja," tulis Baina Ivo dalam takarir unggahan yang memperlihatkan foto Ivo Nilakreshna saat terbaring di rumah sakit dengan bantuan selang oksigen.

1 dari 4 halaman

Diabetes disebut menjadi penyebab meninggalnya Ivo Nilakreshna. Hal ini berdasarkan pada keterangan dari Astri Ivo, putri Ivo Nilakreshna.

" Mama saya 20 tahun terakhir ada diabetes, sejak itu harus menata makanan dan pada tahun-tahun terakhir ada penymbatan di kakinya. Ini yang membuat sistem seluruh badannya bermasalah, komplikasi," terang Astri Ivo dikutip dari laman KapanLagi.com.

2 dari 4 halaman

Sebelum meninggal dunia, Ivo Nilakreshna telah menjalani sejumlah perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana. Astri Ivo mengatakan bahwa proses kepergian ibunya terbilang cepat tanpa melalui fase kritis yang berlarut-larut.

" Kemarin mashaAllah perginya mudah sekali, indah sekali. Kita berdoa, mudah-mudahan bisa pulang semudah (itu) juga," ujar Astri Ivo.

3 dari 4 halaman

Jenazah Ivo Nilakreshna disemayamkan satu malam di rumah duka sebelum dikebumikan pada hari Sabtu (21/5) pukul 08.00 WIB tadi di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Seluruh keluarga hadir di pemakaman Ivo Nilakreshna tersebut. Hal tersebut menimbulkan kelegaan tersendiri pada Astri Ivo.

" Alhamdulillah berkumpul terakhir minggu lalu. Adik saya ada yang di Paris, di luar kota, alhamdulillah dimudahkan Allah semua sebelum mama berpulang sudah berkumpul," ujar Astri Ivo.

" Mama sudah lihat semuanya. Mama tuh paling seneng, bahagia, kalau ada di tengah anak-anaknya. Kemarin (mama) pulang, seluruh anak-anaknya ada, adik-adiknya, cucu-cucu, semua ada. Semua mengantarkan nenek, ibu saya," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Ivo Nilakreshna, memiliki nama asli Ivo Fauziah Hanum, adalah seorang penyanyi kelahiran 31 Januari 1940. Ivo mengawali karirnya lewat ajang pemilihan Bintang Radio di Medan pada 1956. Ia lalu melanjutkan kiprahnya dengan kembali menguikuti ajang yang sama di regional Jakarta pada 1964 dan berhasil meraih gelar juara pertama.

Ivo Nilakreshna lalu bergabung dengan TVRI Stasiun Pusat Jakarta pada 1963 untuk tampil di berbagai program musik seperti 'Sejenak Bersama', 'Hiburan Malam', 'Irama Keroncong', 'Irama Melayu', 'Jazz', 'Dari Masa ke Masa', dan sebagainya.

Tak hanya berjaya di dalam negeri, Ivo Nilakreshna juga sempat mencicipi berbagai panggung internasional. Ivo sempat tampil untuk stasiun televisi Malaysia, Hongkong, Manila, Tokyo, Singapura, dan Amsterdam.

Selama 54 tahun berkarir, Ivo Nilakreshna telah berhasil merilis 100-an album keroncong, pop, dan jazz. Ia juga telah menciptakan sekitar 200 lagu.

Selamat jalan Ivo Nilakreshna. Karya-karyamu abadi.

Beri Komentar