Jenis Lovebird dan Harganya yang Terjangkau, Tanpa Perlu Gadaikan Sepeda Motor, Kok

Reporter : Zaki
Kamis, 2 Juli 2020 15:26
Jenis Lovebird dan Harganya yang Terjangkau, Tanpa Perlu Gadaikan Sepeda Motor, Kok
Tengok harganya yuk!

Keder nggak sih kalau mendengar harga lovebird yang menyaingi rumah mewah? Yup, jenis lovebird dan harganya yang fantastis pernah diraih Kusumo yang pernah ditawar Rp2 miliar. Jiwa misqueen pun langsung bergejolak saat baru mengumpulkan niat untuk memelihara burung imut ini.

Tergantung tujuanmu memelihara lovebird, ada yang ingin mendengarkan suaranya yang merdu atau terhibur melihat keindahan bulunya. Nah, makin unik burung berparuh bengkok ini pun butuh perawatan ekstra. Begitu juga burung dengan bulu yang langka dan punya banyak peminat tentunya bakal dijual dengan harga yang lumayan tinggi.

Untungnya, kamu nggak perlu sampai menggadaikan motor kesayangan demi mendapatkan lovebird, kok. Ada beberapa jenis lovebird yang dijual di pasaran dengan harga di bawah Rp1 juta, apa saja?

1 dari 10 halaman

Lovebird Lutino

© shutterstock

Ini dia jenis lovebird dan harganya yang berkisar Rp400-600 ribu saja. Tapi untuk lovebird lutino mata merah seringkali dijual dengan harga yang lebih tinggi, bisa lebih dari Rp800 ribu.

Ciri khasnya cukup mencolok dibandingkan lovebird lainnya, yaitu warna bulu yang sangat cerah. Biasanya di bagian kepalanya akan dihiasi warna oranye kemerahan sedangkan dari leher hingga ke seluruh badannya akan didominasi warna kuning dan sentuhan putih di bagian sayapnya. Dikenal cukup aktif, kamu cukup menyediakan sangkar yang cukup besar dan pakan berupa biji-bijian yang mengandung banyak vitamin.

2 dari 10 halaman

Lovebird Blorok

© shutterstock

Nah, jenis lovebird dan harganya yang satu ini bisa bikin kamu happy. Pasalnya burung yang berasal dari genus Agapornis ini dijual dengan kisaran harga Rp200-300 ribu per ekornya.

Perpaduan warnanya seperti oranye dan hijau olive pun nggak kalah cantik dibanding lovebird lainnya. Ciri unik dari lovebird ini memiliki warna campuran kuning dan hijau di bagian sayap, punggung dan ekornya. Tapi ada juga lovebird blorok yang dipasarkan dengan warna pasblue alias pastel biru dan warna biola.

3 dari 10 halaman

Lovebird Dakocan

© shutterstock

Sekilas, lovebird yang satu ini mirip banget dengan lovebird biola. Bedanya ada pada jenis lovebird dan harganya. Lovebird biola umumnya punya kepala berwarna merah cerah atau oranye dengan bulu tubuh berwarna hijau muda dan nuansa warna kekuningan. Sedangkan lovebird dakocan punya warna hitam di bagian kepala dan tubuh berwarna hijau.

Harganya pun berbeda jauh. Lovebird biola tergolong burung ningrat dengan kisaran harga puluhan juta rupiah. Sementara lovebird dakocan cuma dijual seharga Rp300-500 ribu saja per ekornya, dengan harga yang lebih tinggi untuk dakocan biru maupun hijau.

4 dari 10 halaman

Lovebird Cobalt

© shutterstock

Ini dia jenis lovebird yang paling populer di tanah air karena punya varian warna yang cukup banyak. Ciri utamanya ada pada keseluruhan bagian tubuhnya yang berwarna biru, kecuali pada bagian kepala dan lehernya yang cenderung berwarna abu-abu. Disebut mirip dengan lovebird biru violet, jenis lovebird dan harganya ditawarkan antara Rp450-750 ribu per ekornya.

5 dari 10 halaman

Lovebird Violet

© shutterstock

Sedikit lebih mahal ketimbang lovebird cobalt, bertengger lovebird violet dengan bulu warna biru yang lebih tua. Ada tambahan warna biru keunguan pada sayap dan warna putih di bagian leher dan perut, jenis lovebird yang satu ini lumayan diminati.

Kalau ingin memeliharanya, jenis lovebird dan harganya ini bisa ditebus dengan mengeluarkan dana Rp650 ribu untuk mendapatkan lovebird berumur 4 bulan. Kalau ingin membeli indukannya, kamu terpaksa mengeluarkan biaya hingga Rp800 ribu per ekor.

6 dari 10 halaman

Lovebird Pastel

© shutterstock

Salah satu jenis lovebird yang banyak dipelihara ini disukai karena keindahan bulunya yang tampak lembut. Jenisnya pun beragam dibedakan dari warnanya, seperti lovebird pastel kuning dengan ciri khas warna bulu kuning lembut.

Dikenal juga dengan sebutan paskun, lovebird ini sering disangka lovebird lutino. Bedanya ada pada warna mata yang hitam pekat dan warna abu-abu atau hitam di bagian kakinya. Jenis lovebird dan harganya ini dipasarakan di kisaran harga Rp250 ribu untuk anakannya dan Rp500 ribu untuk yang dewasa. Harga yang kurang lebih sama ini juga disematkan pada lovebird pastel hitam, biru maupun hijau.

7 dari 10 halaman

Lovebird Albino

© shutterstock

Ingin memeliharga lovebird yang cukup langka tapi masih masuk ke dalam bujet? Jenis lovebird dan harganya untuk burung mungil yang satu ini bisa jadi pilihan.

Keunikannya terdapat pada badannya yang berwarna putih bersih, tanpa variasi warna lainnya. sulit ditemukan di Indonesia, harga beli untuk lovebird albino ini cukup terjangkau. Untuk yang jenis mata hitam terbilang lebih murah dengan harga Rp500-750 ribu sedangkan lovebird albino bermata merah dipasarkan dengan harga tertinggi Rp1 juta.

8 dari 10 halaman

Lovebird Holland

© shutterstock

Seperti namanya, lovebird yang satu ini merupakan hasil import dari benua Eropa, tepatnya Negara Belanda. Keunggulan jenis lovebird dan harganya yang terbilang terjangkau ini menggugah minat pecinta lovebird untuk memilikinya.

Dikenal punya warna bulu yang mengkilap dan bersih, dengan corak kuning pada leher dan tubuh berwarna hijau kecoklatan. Walau stoknya di tanah air nggak terlalu banyak, kamu masih bisa mendapatkan anakan lovebird Holland ini seharga Rp400 ribu, tapi jika ingin perawatan yang nggak terlalu sulit bisa membeli lovebird dewasa yang diparok harga Rp650 ribu.

9 dari 10 halaman

Lovebird Olive

© shutterstock

Jenis lovebird dan harganya yang lumayan terjangkau ini cukup populer di antara lovebird yang ada di Indonesia. Pasalnya, corak warna bulunya yang cerah dan kicauannya membuatnya banyak diikutkan ke dalam beberapa kontes.

Sekilas lovebird ini mirip dengan varian dakocan, tapi jika diamati lebih teliti akan melihat perbedaan pada warna bulunya yang berwarna hijau gelap di bagian wajahnya dan paruh berwarna merah tua. Ada berbagai jenis lovebird olive yang ditawarkan dari kisaran harga Rp300 ribu hingga Rp1 juta, tergantung jenis dan usianya.

10 dari 10 halaman

Lovebird Biru Mangsi

© shutterstock

Buat yang masih awam dengan jenis lovebird dan harganya, mungkin akan sulit membedakan lovebird biru mangsi ini dengan lovebird biru violet. Butuh kejelian untuk melihat adanya ciri khasnya yaitu warna hitam yang melingkari leher dan warna bulu di tubuhnya yang tampak pudar.

Soal harga memang tergolong tinggi karena warna bulunya yang indah dan kicauannya yang unik. Nggak heran untuk mendapatkan lovebird biru mangsi ini, kamu harus rela merogoh kocek Rp450 ribu hingga Rp700 ribu, tergantung usia, jenis kelamin maupun kualitasnya.

Ada berbagai jenis lovebird dan harganya yang bisa dipilih sesuai kemampuanmu, nih. walau perawatannya tergolong cukup mudah, jangan abaikan memilih jenis pakan yang tepat dan memperhatikan kebersihan kandangnya. Mau coba memelihara lovebird di rumah? (eth)

Beri Komentar