Jenis Kopi Terbaik untuk Kembalikan Berat Badan Ideal yang Melonjak Selama Karantina

Reporter : Zaki
Senin, 12 Oktober 2020 19:59
Jenis Kopi Terbaik untuk Kembalikan Berat Badan Ideal yang Melonjak Selama Karantina
Cari tahu lebih lanjut di sini yuk!

Masa karantina akibat pandemi dirasakan cukup menyiksa bagi kebanyakan orang. Stres dan banyak menghabiskan waktu di rumah memicu rasa lapar yang nggak berkesudahan. Ujung-ujungnya malah jadi galau gara-gara bikin berat badan jadi melonjak. Jangan hanya meratapi nasib, yuk rutin olahraga dan jaga pola makan. Kalau perlu, jajal jenis kopi terbaik ini yang bisa bantu mengembalikan berat badan idealmu.

1 dari 9 halaman

Kopi Bisa Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?

© Diadona

Minum secangkir kopi secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan dengan memicu produksi brown fat, yang membakar kalori untuk menghasilkan panas tubuh. Menurut Profesor Michael Symonds, dari School of Medicine di University of Nottingham, brown fat biasanya muncul sebagai respon alami tubuh terhadap dingin. Secangkir kopi terbukti memiliki efek langsung dalam meningkatkan aktivitas brown fat dalam meningkatkan kontrol gula darah dan meningkatkan kadar kalori ekstra, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kopi juga dipercaya dapat meningkatkan jumlah lemak yang dibakat selama berolahraga, seperti yang dinyatakan Dr. Bob Arnot dalam bukunya THE COFFEE LOVER’S DIET. Di buku yang sama, minum kopi sesaat sebelum makan bisa menurunkan nafsu makan sehingga dapat menekan asupan kalori bagi mereka yang menderita kelebihan berat badan.

2 dari 9 halaman

Kopi Hitam

© Diadona

Salah satu jenis kopi terbaik yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan selama pandemi adalah kopi hitam. Kandungan nol kalori, lemak dan kolesterol, kopi hitam kaya akan antioksidan yang membantu meningkattkan level energi dan metabolisme tubuh. Tapi ingat, manfaat kopi hitam ini hanya bisa didapat jika diseduh hanya dengan air, tanpa bahan tambahan lainnya seperti gula, krim atau susu.

3 dari 9 halaman

Kopi Organik

© Diadona

Label organik yang disematkan pada bahan makanan menandakan penanaman maupun pengolahan yang bebas dari bahan kimia. Begitu juga dengan jenis kopi terbaik yang satu ini karena dianggap jauh lebih unggul untuk kesehatan.

Untuk mendapatkan biji kopi organik, petani hanya mengandalkan pada kesuburan tanah dan penggunaan pestisida alami, sehingga terbebas dari penggunaan bahan kimia yang dianggap dapat menurunkan bahkan merusak kandungan nutrisi di dalamnya. Cukup mudah didapatkan di pasaran meskipun dengan harga yang lebih tinggi, biji kopi organik dipercaya memiliki lebih banyak antioksidan dan rasanya jauh lebih sedap.

4 dari 9 halaman

Jenis Kopi Terbaik dengan Teknik Light Roast

© Diadona

Selain mengaktifkan brown fat, banyak ahli nutrisi dan peneliti yang mengungkapkan kandungan asam Chlorogenic pada kopi yang dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dan memecah lemak. Sayangnya, senyawa dalam biji kopi ini mudah rusak terkena panas, oleh karena itu pilih jenis kopi terbaik yang diolah dengan teknik light roast, jika tujuannya ingin menurunkan berat badan.

Teknik pengolahan ini dapat mencegah biji kopi terpapar lebih banyak panas, sehingga bisa menjaga kandungan asam Chlorogenic. Selain itu, cara menyeduh kopi pun bisa memberikan pengaruh, misalnya kopi tetes atau drip dengan air yang nggak terlalu panas sehingga dapat mempertahankan kadar kafein dan asam Chlorogenic.

5 dari 9 halaman

Green Coffee Bean

© Diadona

Jadi tren belakangan ini, green bean jadi salah satu jenis kopi terbaik yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Biji kopi hijau ini nggak disangrai seperti biasanya sehingga kandungan asam klorogenatnya lebih tinggi.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Innovative Research and Development, asam klorogenat dalam kopi hijau membantu tubuh membakar lemak berlebih, yang pada akhirnya dapat memicu penurunan berat badan. Dapat dikonsumsi kapan saja, waktu terbaik untuk meminum seduhan kopi hijau adalah setelah menyantap makanan yan mengandung protein dan karbohidrat. Untuk meningkatkan rasanya, hindari menggunakan banyak gula tapi ganti dengan madu atau menambahkan bubuk kayu manis.

6 dari 9 halaman

Soya Latte

© Diadona

Jenis kopi terbaik lainnya yang dapat membantumu menurunkan berat badan bisa berasal dari racikan kopi favoritmu. Latte dibuat dari kombinasi espresso dan susu full cream maupun skim milk. Ahli diet Catherine Collins dari London's St George's Hospital menilai espresso yang rendah kalori bisa jadi opsi tepat bagi siapa pun yang ingin menurunkan berat badan. Dosis kafeinnya yang tinggi akan memberikan energi yang bertahan sepanjang hari.

Penambahan susu full cream bisa memberikan asupan kadar protein tapi jika ingin mengurangi asupan lemak dan kalori ganti dengan susu skim atau soya alias susu kedelai. Lagi jadi tren di kedai kopi bergengsi, soya latte bakal memberikan cita rasa yang nikmat, tapi dengan kandungan lemak maupun kalori yang lebih sedikit.

7 dari 9 halaman

Bulletproof

© Diadona

Jenis kopi terbaik untuk menurunkan berat badan ini terinspirasi dari teh yak, minuman khas Tibet yang memasukkan mentega sebagai bahan utamanya. Dave Asprey pun menciptakan bulletproof ini dan dipatenkan sebagai brand minuman khusus.

Memadukan kopi hitam dengan mentega yang berasal dari olahan susu organik, penambahan Brain Octane Oil ke dalam secangkir kopi ini dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi sekaligus menurunkan berat badan. Nggak heran kalau khasiatnya dipercaya oleh banyak atlet dan pengusaha yang bermukim di Silicon Valley.

8 dari 9 halaman

Kopi Gelatin

© Diadona

Bisa jadi kopi gelatin kalah viral dengan dalgona coffee, padahal jenis kopi terbaik ini punya manfaat nutrisi yang lebih baik. Gelatin sendiri dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang memberikan tekstur chewy.

Berasal dari ekstraksi kolagen yang didapat dengan merebus kulit, tendon, ligamen dan tulang dalam air, konsumsi gelatin secara rutin dapat menangkal penuaan, memperlacar pencernaan bahkan meredakan nyeri sendi. Selain itu, gelatin juga disebut sebagai sumber asam amino yang bikin lebih cepat kenyang yang menjadikannya cocok sebagai alternatif menurunkan berat badan.

Cara membuatnya cukup mudah. Saat kopi sedang diseduh, campurkan susu, gelatin bubuk dan kayu manis bubuk dalam panci kecil. Aduk selama 3 menit dengan api sedang dan sisihkan hingga jadi lebih dingin. Tuangkan kopi ke dalam cangkir lalu tambahkan dengan campuran gelatin dan susu. Menarik buat dicoba di rumah, kan?

9 dari 9 halaman

Cold Brew

© Diadona

Sempat jadi tren tersendiri, cold brew bisa jadi salah satu jenis kopi terbaik yang cocok buat kamu yang lagi ingin menurunkan berat badan. Diseduh dalam air dingin yang dapat mengurangi rasa pahit dan kadar kafeinnya. Bisa dikonsumsi oleh mereka yang pencernaannya sensitif saat meminum kopi, rutin konsumsi cold brew juga dapat menunda penuaan hingga membantu mengurangi lemak tubuh saat berolahraga.

Cocok dinikmati di tengah hari yang terik, cara mempersiapkannya nggak ribet karena cukup dengan merendam bubuk kopi dalam botol kaca selama 12 jam. Saring ampasnya saat menuangkannya ke cangkir kopi dan simpan kembali dalam lemari pendingin.

Walau baik buat tubuh, usahakan untuk membatasi asupannya nggak lebih dari 2 cangkir kopi sehari. Mampu membantu mengekang nafsu makan, memberi lebih banyak energi untuk berolahraga dan mempercepat metabolisme, imbangi kebiasaan minum kopi dengan pola makan yang sehat dan seimbang serta rutin berolahraga. (eth)

Beri Komentar