Jenis-Jenis Pekerjaan Kantor yang Bisa Dikerjakan di Rumah, Bahkan Sebelum Ramai Tren WFH

Reporter : Zaki
Rabu, 21 Oktober 2020 18:10
Jenis-Jenis Pekerjaan Kantor yang Bisa Dikerjakan di Rumah, Bahkan Sebelum Ramai Tren WFH
Apakah pekerjaanmu salah satunya?

Marak penyebaran virus di lingkungan perkantoran membuat banyak perusahaan membuat keputusan bagi para karyawannya untuk Work from Home alias bekerja dari rumah. bukan hal yang gampang mengubah kebiasaan untuk berangkat menuju kantor, bertemu rekan kerja, hingga meeting secara tatap muka dengan klien. Nah beruntungnya kamu yang sudah memiliki jenis-jenis pekerjaan kantor yang masih bisa dikerjakan dari rumah dengan optimal. Apa saja ya?

1 dari 11 halaman

Web Developer

© (c) shutterstock

Bukan hanya perusahaan brand ternama saja yang kini memiliki situs resmi, UMKM pun mulai menggunakan website untuk keperluan branding hingga memasarkan produk maupun jasanya. Untungnya, web developer termasuk salah satu dari jenis-jenis pekerjaan kantor yang bisa dilakukan dari rumah.

Bermodalkan gadget elektronik dan kuota internet yang kencang, pekerjaan pun nggak harus dilakukan di kantor. Asal, temukan tempat dan waktu yang tepat karena butuh fokus dan konsentrasi tinggi untuk membuat dan mengelola website dari perusahaan tempatmu bernaung.

2 dari 11 halaman

Virtual Assistant

© (c) shutterstock

Banyak orang berpikiran menjadi asisten dari direktur, manajer maupun posisi penting di perusahaan hanya akan menjadi satu dari jenis-jenis pekerjaan kantor saja. Nyatanya, kini virtual assistant dapat melakukan berbagai tugas administrasi dan organisasi bagi para profesional super sibuk. Mulai dari menjadwalkan rapat, menjawab email, merencanakan business trip hingga memasukkan data yang diperlukan.

Biar pekerjaan berjalan lebih lancar dan bebas hambatan, saatnya maksimalkan kemampuan komunikasimu yang biasanya dilakukan lewat email, chatting atau video call. Komunikasikan semua informasi dengan cepat dan ringkas menggunakan bantuan teknologi modern, misalnya aplikasi untuk penjadwalan, mengolah data hingga mengatur email-email penting.

3 dari 11 halaman

Penerjemah

© (c) shutterstock

Memiliki kemampuan berbahasa asing bisa jadi kelebihan yang membawamu ke perusahaan multinasional bahkan global. Di tengah pandemi yang tengah berlangsung sekarang ini, untungnya menjadi penerjemah merupakan salah satu jenis-jenis pekerjaan kantor yang bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Mulai dari menerjemahkan dokumen perusahaan, teks film maupun konten blog, kamu bisa melakukannya tanpa harus datang langsung ke kantor. Cukup buat kesepakatan tentang deadline yang harus dipenuhi untuk mengirimkan pekerjaan yang sudah dipercayakan padamu

4 dari 11 halaman

Programmer

© (c) shutterstock

Profesi yang satu ini memang tengah naik daun. Berbeda dengan jenis-jenis pekerjaan kantor lainnya yang mengharuskanmu untuk meninggalkan kenyamanan rumah, kamu bisa tetap menyelesaikan pekerjaanmu tanpa datang ke tempat kerja.

Selain menguasai bahasa pemrograman seperti SQL dan JavaScript, pekerjaan ini pun menuntut konsentrasi tinggi dan ketepatan waktu yang seringkali sulit didapatkan saat terpaksa melakoni WFH. Caranya, bisa cari ruang di rumah yang tenang dan terbebas dari gangguan atau manfaatkan coworking space terdekat yang menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

5 dari 11 halaman

Akuntan Pajak

© (c) shutterstock

Salah satu dari jenis-jenis pekerjaan kantor yang tetap optimal dikerjakan dari rumah adalah akuntan pajak. Pekerjaan ini memberimu tanggung jawab untuk menghimpun data yang terkait dengan pembayaran pajak perusahaan, membuat laporan pendapatan, dan laporan keuangan ke departemen terkait. Tak harus datang langsung ke kantor, data-data yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaanmu pun bisa dikirimkan lewat email, begitu juga saat kamu sudah menyelesaikan perhitungan pajak perusahaan.

6 dari 11 halaman

Desain Grafis

© (c) shutterstock

Profesi desain grafis kini makin banyak diminati berkat peluang kerjanya yang cukup luas. Bukan hanya dipercaya perusahaan untuk membantu memasarkan produk maupun jasa dengan efektif, tapi juga membuat logo hingga membantu mengelola situs resmi agar tampak kian menarik.

Di tengah pandemi, desain grafis termasuk jenis-jenis pekerjaan kantor yang bisa dikerjakan di rumah. Cukup standby dengan agenda pekerjaan yang dapat diselesaikan, tanpa harus menghabiskan tenaga dan waktu lebih untuk ngantor. Seru, kan!

7 dari 11 halaman

Humas atau Public Relations

© (c) shutterstock

Bukan hanya perusahaan besar yang tak bisa lepas dari profesi yang satu ini. mulai dari tempat hiburan, media informasi hingga startup pun memanfaatan jasanya. Berbeda dengan jenis-jenis pekerjaan kantor lainnya, menjadi humas atau public relations pun nggak harus dilakukan di kantor.

Kamu bisa membawa pulang pekerjaan dan menyelesaikannya di mana saja. Mulai dari pembuatan siaran pers untuk media hingga melakukan komunikasi dengan klien pun bisa dilakukan dengan bantuan perangkat elektronik seperti smartphone atau tablet.

8 dari 11 halaman

Call Center

© (c) shutterstock

Dulunya, call center atau customer service identik dengan jenis-jenis pekerjaan kantor. Tapi kini, perkembangan teknologi dan komunikasi membuatmu dapat melakukan pekerjaan ini dari rumah, misalnya melayani keluhan pelanggan secara virtual atau memandu lewat chatting.

Tapi, kamu akan membutuhkan gadget, kuota internet hingga tempat yang kondusif untuk melakukan pekerjaan yang terkadang membutuhkanmu untuk siap sedia kapan pun dibutuhkan. Selain itu, pahami berbagai permasalahan yang kira-kira akan dihadapi sehingga dapat mempersingkat waktu penyelesaian pekerjaan, terutama saat membutuhkan konfirmasi dari pihak lain di perusahaan.

9 dari 11 halaman

Pengelola Data

© (c) shutterstock

Profesi ini mungkin belum banyak didengar, tapi keberadaannya cukup penting di perusahaan. Harus memasukkan data-data ke program software tertentu, nantinya akan menjadi sumber informasi bagi perusahaan sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Mulai dari memasukkan data untuk penjualan, pembelian bahan baku hingga karyawan untuk divisi Human Resource. Walau terdengar mudah, salah satu dari jenis-jenis pekerjaan kantor ini pun bisa dibawa pulang ke rumah, asal tetap fokus dan melakukan koordinasi dengan baik untuk menghasilkan data yang sesuai.

10 dari 11 halaman

Social Media Expert

© (c) shutterstock

Selain lewat website atau situs resmi, banyak perusahaan yang mengandalkan sosial media untuk memberikan informasi dan mempromosikan produk maupun jasanya. Tergolong baru dan berbeda dengan jenis-jenis pekerjaan kantor lainnya, kamu nggak harus duduk sepanjang waktu di kantor. Sifatnya yang mobile membuatmu leluasa mengatur jadwal, sehingga penerapan WFH yang baru-baru ini dilakukan pun nggak berdampak banyak buat pekerjaanmu.

11 dari 11 halaman

Penulis

Duduk sepanjang hari di meja kerja dengan komputer atau laptop yang menyala di hadapanmu, mungkin terlintas di pikiranmu saat membayangkan salah satu dari jenis-jenis pekerjaan kantor ini. Profesi penulis pun kini nggak hanya berkecimpung di dunia media saja, tapi juga mengisi konten di website atau media sosial perusahaan untuk memberikan informasi yang menarik. Bisa dilakukan di rumah, selama memiliki akses internet dan gadget untuk menyelesaikan pekerjaan yang butuh informasi akurat dan update.

Himbauan WFH alias bekerja dari rumah bagi kebanyakan orang mungkin cukup berat untuk dilakukan. Tapi bukan bagi jenis-jenis pekerjaan kantor ini yang dapat diselesaikan kapan dan di mana saja, tanpa harus terikat tempat dan waktu tertentu.

Beri Komentar