Ini 5 Universitas Terbaik di Korea Selatan, Ada yang Sering Muncul di Drakor

Reporter : Riza Umami
Rabu, 9 Februari 2022 17:37
Ini 5 Universitas Terbaik di Korea Selatan, Ada yang Sering Muncul di Drakor
Siapa nih yang pengin kuliah ke Korea?

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang ingin dikunjungi oleh banyak warga Indonesia terutama generasi muda. Hal ini tentu gak lepas dari kepopuleran KPop dan drama Korea di Indonesia sekarang ini.

Ada yang ingin liburan ke sana, tetapi banyak pula anak muda yang ingin kuliah ke Korea Selatan. Cari ilmu sambil bisa nonton konser, wah pasti impiannya para kpopers nih. Selain itu, Korea Selatan sendiri ternyata memiliki sistem pendidikan yang gak kaleng-kaleng.

1 dari 7 halaman

Dikutip dari press release dari Zenius Education, diketahui bahwa Korea Selatan gak hanya bersinar di dunia hiburan tetapi juga di dunia pendidikan. Berdasarkan pada hasil Programme for International Student Assessment (PISA) di tahun 2018, Korsel menempati peringkat ke-7 yang menunjukkan tingginya kualitas pendidikan di sana.

Dilansir dari Times Higher Education World University Rankings tahun 2022, ini nih 5 universitas terbaik di Korea Selatan.

2 dari 7 halaman

1. Seoul National University (SNU)

Universitas Terbaik di Korea Selatan © Diadona

Universitas yang satu ini tentu udah gak asing buat pencinta drama Korea. SNU merupakan universitas paling bergengsi di sana. SNU berada di Ibu Kota Korea Selatan yaitu Seoul.

Persaingan pendidikan di sana begitu ketat karena ini memang salah satu universitas paling favorit di Korea Selatan. Jaringan alumni SNU dikenal sebagai yang terkuat di sana sehingga memudahkan untuk mencari kerja terutama bagi fresh graduate.

3 dari 7 halaman

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Universitas Terbaik di Korea Selatan © Diadona

KAIST ini adalah universitas pertama di Korea yang fokus pada sains dan teknologi. Uniknya, penerimaan mahasiswa di KAIST ini tanpa tes tetapi berdasarkan pada nilai, surat rekomendasi guru dan juga pernyataan pribadi. Tentunya kampus ini pun telah menciptakan banyak penemuan inovatif dalam bidang teknologi.

4 dari 7 halaman

3. Sungkyunkwan University (SKKU)

Universitas Terbaik di Korea Selatan © Diadona

Banyak artis Korea terkenal yang kuliah di sini seperti Song Joong Ki, Cha Eun Woo, Krystal Jung dan lainnya. SKKU ini menawarkan kelas MBA dalam bahasa Inggris secara penuh dan sudah berdiri sejak era Dinasti Joseon lho.

5 dari 7 halaman

4. Yonsei University (Kampus Seoul)

Universitas Terbaik di Korea Selatan © Diadona

Di urutan keempat ada Yonsei University yang berlokasi di Seoul, Wonju dan juga Songdo. Universitas ini merupakan salah satu universitas paling bergengsi di Korea Selatan. Park Jin Young yang merupakan pendiri JYP Entertainment juga merupakan alumni kampus ini.

6 dari 7 halaman

5. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

Universitas Terbaik di Korea Selatan © Diadona

UNIST baru diresmikan di tahun 2019 tetapi sudah berhasil berada di urutan kelima universitas terbaik di Korea Selatan. Kampus yang satu ini fokus pada kemajuan sains dan teknologi. UNIST adalah satu-satunya kampus di Korea Selatan yang menerapkan bahasa Inggris secara penuh pada perkuliahannya lho.

7 dari 7 halaman

Zenius Live: Learn! KOREAN with BTS © Diadona

Itulah 5 universitas terbaik di Korea Selatan. Kalau kamu pengin belajar bahasa Korea yang asyik, coba dengan Zenius Live: Learn! KOREAN with BTS yang berisikan live class bareng tutor dan native speaker dari Korea Selatan. Wah, seru banget pasti, coba yuk!

 

Beri Komentar