Iklan Balenciaga Berbau BDSM Tuai Kontroversi hingga Kecaman dari Kim Kadarsian dan Bella Hadid

Reporter : Arifina
Selasa, 29 November 2022 11:04
Iklan Balenciaga Berbau BDSM Tuai Kontroversi hingga Kecaman dari Kim Kadarsian dan Bella Hadid
Karen kejadian ini, Balenciaga gugat tim kreatif RP392 Miliar.

Rumah mode fashion ternama dunia, Balenciaga tengah dirundung masalah. Hal itu setelah iklan kampanye koleksi terbarunya memicu kontroversi.

Ya, dalam iklan terbaru Balencuiaga mendapat banyak hujatan dari netizen. Bahkan, dari brand ambassador mereka seperti Kim Kadarsian dan Bella Hadid.

Hal tersebut bermula dari promosi iklan terbarunya pada pekan lalu yang langsung membuat heboh publik. Iklan tersbeut dinilai mengeksploitasi anak usia dini dengan tema sensualitas yang tidak pantas.

1 dari 7 halaman

Ikln kontroversial Balenciaga © Diadona

Gambaran ini didapat dari foto promosi tersebut, di mana dua anak perempuan berpose memegang boneka beruang yang mengenakan harness bernuansa BDSM (Bondage and Discipline, Dominance and Submission, Sadism and Masochism).

Ditambah, beredar pula beberapa dokumen pengadilan misterius yang menyinggung pelecehan anak dan pornografi. Kejadian ini pun membuat Kim Kadarsian hingga Bella Hadid turut mengecam label fashion dunia tersebut.

2 dari 7 halaman

Kim Kadarshian dan Bella Hadid Kecam Iklan Balenciaga

Kim Kadarshian © Diadona

Sepekan bungkam, Kim Kardashian buka suara terkait iklan kontroversial Balenciaga yang menampilkan anak dengan boneka BDSM. Kim menyebut kemunculan iklan tersebut adalah hal yang menjijikan. Ia pun mengungkap alasan baru bersuara atas kontroversi tersebut.

" Saya telah diam selama beberapa hari, bukan saya tidak merasa jijik dan marah akan kampanye terbaru Balenciaga, namun karena saya ingin berbicara dengan tim mereka untuk memahami bagaimana hal tersebut bisa terjadi," tulis Kim Kardashian melalui Instagram Stories.

3 dari 7 halaman

Kim Kardashian juga mengaku sebagai seorang ibu, ia amat marah dengan konsep foto dari Balenciaga sekaligus mengecam tindakan normalisasi kekerasan terhadap anak.

Namun, di satu sisi, ia tidak mau gegabah meyuarakan ketidaksukaan dirinya kepada Balenciaga karena ibu empat anak itu tetap berusaha netral.

" Saya yakin mereka (Balenciaga) menyadari akan betapa seriusnya isu ini dan akan mengambil tindakan pencegahan agar hal seperti ini tidak terjadi lagi," sambungnya.

4 dari 7 halaman

Terkait kelanjutan kerja sama dengan brand mode Balenciaga, Kim Kardashian msih belum mengambil keputusan. Ia berharap tim produksi foto Balenciaga tak mengulanginya di kemudian hari.

" Untuk hubungan saya ke depannya dengan Balenciaga, saya masih mengevaluasinya, melihat bagaimana kesadaran mereka untuk bertanggung jawab atas hal seperti ini yang seharusnya tidak pernah terjadi. Saya mengharapkan aksi mereka untuk melindungi anak-anak," tegas Kim Kardashian.

5 dari 7 halaman

Kim Kardashian memang dikenal sebagia salah satu yang loyal selama menjadi model iklan dan fashion show Balenciaga. Namun, ia tidak menyukai konsep BDSM yang dipublikasikan kepada publik, apalagi menyeret anak-anak.

Bella Hadid © Diadona

Tak hanya Kim Kadarshian, model Bella Hadid ikut unjuk aksi atas kejadian ini. Bella tampak menghapus unggahan Instagram yang mempromosikan merek tersebut. Ini buntut dari para penggemar yang tidak tahan dengan kesunyian yang memekakkan telinga, menuntut pernyataan resmi para A-listers.

6 dari 7 halaman

Balenciaga Gugat Tim Kreatif Iklan

Iklan kontroversial Balenciaga © Diadona

Sementara itu, Balenciaga diketahui telah mengambil sikap atas kejadian tersebut. Secara terbuka di sosial media,  pihaknya menyesli atas kampanye koleksi terbarunya yang memicu kontroversial.

Sesuai janjinya, Balenciaga mengajukan tuntutan terhadap rumah produksi North Six, Inc. dan set designer Nicholas Des Jardins yang memajang potongan undang-undang pornografi anak yang disahkan oleh Mahkamah Agung AS.

7 dari 7 halaman

Aksi keduanya diklaim dilakukan tanpa sepengetahuan Balenciaga. Perusahaan produksi tersebut dituding melakukan kelalaian yang tidak dapat dijelaskan.

Karena kesalahan perusahaan produksi tersebut dalam merancang iklan koleksi spring 2023 ini, Balenciaga menyebut publik termasuk media, secara keliru dan merugikan mengaitkan merek Perancis ini dengan subjek keputusan pengadilan yang menjijikkan dan sangat mengganggu.

Atas kejadian ini, Balenciaga menuntut keduanya senilai US$25 juta atau sekitar Rp392 Miliar. Namun, sang fotografer yang terlibat, Gabriele Galimberti, tidak termasuk dalam daftar yang dituntut.

Beri Komentar