Hamish Daud Diduga Tak Bayar Gaji Karyawan Octopus, Netizen: Tapi Malah Asyik Liburan!

Reporter : Aditia
Minggu, 24 Desember 2023 19:41
Hamish Daud Diduga Tak Bayar Gaji Karyawan Octopus, Netizen: Tapi Malah Asyik Liburan!
Hamish Daud disebut pernah menjanjikan gaji karyawan sebesar Rp10,4 juta perbulannya

Hamish Daud, suami dari penyanyi Raisa Andriana, tengah menjadi sorotan publik usai diduga tidak membayar gaji karyawannya di platform daur ulang sampah Octopus. Kabar ini mencuat setelah akun Twitter @muthiastp mengunggah cuitan pada Sabtu (23/12/2023).

Dalam cuitannya, @muthiastp menuliskan bahwa Hamish Daud diduga tidak membayar gaji karyawannya selama berbulan-bulan. Hal ini pun dibenarkan oleh salah satu karyawan Octopus yang tidak ingin disebutkan namanya.

1 dari 3 halaman

Karyawan Pernah Dijanjikan Gaji Rp10,4 Juta

Hamish Daud Tak Bayar Gaji Karyawan © Diadona

Pada tahun 2021 lalu, Hamish Daud pernah menjanjikan pelestari akan mendapat bayaran sebesar Rp10,4 juta dalam sebulan.

" Mulai November, pelestari kami bisa mendapat Rp10,4 juta dalam sebulan," tutur Hamish Daud dalam acara Ministry of Finance Festival 2021.

Karyawan tersebut juga mengaku bahwa dirinya sudah mencoba menghubungi pihak Octopus untuk menanyakan perihal gajinya. Namun, hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak perusahaan.

Tak hanya itu, karyawan tersebut juga mengungkapkan bahwa Hamish Daud kerap mengunggah foto-foto liburannya di media sosial, padahal gaji karyawannya belum dibayar. Hal ini pun membuat dirinya dan karyawan Octopus lainnya merasa kesal.

2 dari 3 halaman

Asik Liburan di Pulau Meski Karyawan Menuntut Gaji

Hamish Daud Tak Bayar Gaji Karyawan © Diadona

Alih-alih membayar gaji karyawan, Hamish Daud malah kedapatan tengah jalan-jalan ke sebuah pulau. Hal itu disampaikan Raissa melalui broadcast Instagramnya.

" Hamish Daud diduga gak bayar karyawannya. Karyawan gak dibayar, tapi malah jalan-jalan ini bang Hamish. Gimana ini?" tulis akun Twitter @muthiastp, dikutip pada Sabtu (23/12/2023).

Dugaan ketidakpatuhan Hamish Daud dalam membayar gaji karyawannya ini tentu menjadi preseden buruk bagi dunia usaha di Indonesia. Hal ini juga menjadi tamparan bagi Hamish Daud yang selama ini dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap lingkungan.

Jika dugaan ini terbukti, maka Hamish Daud bisa dikenakan sanksi hukum sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003. Undang-undang tersebut mengatur tentang kewajiban pengusaha untuk membayar gaji karyawannya tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

3 dari 3 halaman

Netizen Hilang Respect

Hamish Daud Tak Bayar Gaji Karyawan © Diadona

Isu ini pun membuat netizen ikut geram dan kesal dengan sosok Hamish Daud yang lalai dalam menjalankan kewajibannya menggaji karyawan. 

" Orang ini berarti beneran problematik, ya. Jadi keingat dulu masih suka nonton MTMA, doi sendirian gak diajakin makan mie instan rame-rama sama kru karena dianggap nyebelin," tulis seorang netizen.

" Ganteng-ganteng jahat," ucap netizen lain.

" Padahal dulu pernah iming-iming gaji Rp10 juta," ujar netizen yang lainnya.

 

Beri Komentar