Goal Oriented, Berfikir Ulang Tentang Capaian Karir Kamu

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 31 Desember 2019 22:34
Goal Oriented, Berfikir Ulang Tentang Capaian Karir Kamu
Setiap Orang tentunya memiliki capaian hidup. Tetapi, apakah kamu pernah berfikir ulan tentang jalan yang kamu ambil? Apakah kamu sudah memutuskan untuk berkarya sesuai bidang kamu saat ini?

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang tentunya memiliki angan-angan tentang kehidupan yang lebih baik dari zona waktu saat ini. Banyak sekali jalan yang bisa dilakukan dalam mencapai sebuah tujuan hidup tak terkecuali adalah posisi jenjang karir kamu saat ini.

Apakah posisi kamu saat ini merupakan posisi karir yang kamu harapkan? Bisa jadi kamu masih dalam tahap memilih jenjang karir. Apa bidang yang akan kamu pilih dalam mendedikasikan hidup kamu selama beberapa tahun kedepan?

Pertanyan-pertanyaan itu seharusnya muncul dalam diri kamu. Nggak mungkin kamu akan asal-asalan menjalani hidup sesuai alur. Yap, nggak ada salahnya kamu memiliki pemikiran demikian, tapi alangkah lebih baiknya jika kamu memiliki porsi tujuan yang jelas dan ideal untuk kamu bisa mencapainya.

Dilansir dari laman Lifehack (20/12/2019), untuk membuat tujuan atau tidak untuk membuat tujuan, itulah pertanyaannya. Pada suatu sisi, kamu membuat tujuan tanpa bertanya pada diri sendiri tentang kekuatan dan nilai dalam diri. Di sisi lain pula kamu tidak menempatkan niat sama sekali, bahkan ketika dalam masa terpuruk dan jatuh kamu bisa bangkit dan melakukan apa yang diinginkan oleh orang lain tanpa kamu berfikir ini merupakan capaian yang benar-benar penting bagi dirimu.

Kamu tentunya bisa mengatur ulang rencana tujuan kamu, atau kamu bisa memikirkan ulang tentang jalan karir kamu saat ini sedang dalam fase seperti apa. Tiga hal di bawah ini bisa membantu kamu dalam menjalankan rencana tujuan kamu.

1 dari 3 halaman

Mulailah Berfikir

Ilustrasi Berfikir © Diadona

Untuk memastikan bahwa kamu memiliki tujuan yang penting, coba berfikir ulang tentang kejadian-kejadian terdahulu. Mundur dan periksa hidup kamu dari perspektif yang lebih luas. Pikirkhan seperti apa akhir hidup yang kamu inginkan.

2 dari 3 halaman

Ketahui Nilai-Nilai dalam Diri

Nilai Diri © Diadona

Cara paling efisien dalam mencapai tujuan adalah dengan menumpuk item tindakan yang akan kamu jalani. Buat sub tujuan tentang kapan, dimana, dan bagaimana kamu akan mencapainya. Bila perlu kamu menuliskan secara gamblang seperti " Aku akan menulis buku" atau " Aku akan berhenti dari pekerjaan yang menyiksa ini dan membuka poeluang usahaku sendiri" . Menjadi tegas dalam posisi ini adalah penting untuk kamu lakukan.

3 dari 3 halaman

Luangkan Waktu untuk Inspirasi

Waktu © Diadona

Jika kamu telah menyatukan tujuan-tujuan itu, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah luangkan waktu untuk sejenak berfikir untuk menerima ilham inspiratif dalam diri kamu. Buat sebuah inspirasi ketika pekerjaan kamu sudah tuntas. Dilansir dari laman yang sama, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang terlibat dalam hobi kreatif dan proyek sampingan lebih bahagia dan berkembang dalam hidup karena mereka dapat menghasilkan ide-ide baru dan mengekspresikan diri mereka secara unik.

Apakah kamu pernah berfikir tentang masa depan? Bagaimana keadaan kamu dalam kurun waktu mungkin 5 atau bahkan 10 tahun yang akan datang? Apakah tujuan karir kamu sudah tercapai? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar