Gerhana Matahari Sebagian Muncul di 25 oktober 2022, Ini Cara Lihat dari Indonesia

Reporter : Arifina
Selasa, 25 Oktober 2022 11:12
Gerhana Matahari Sebagian Muncul di 25 oktober 2022, Ini Cara Lihat dari Indonesia
Gak muncul di Indonesia sih, tapi bisa tetap dilihat kok.

Gerhana matahari sebagian bakal terjadi tepat pada hari ini (Selasa, 25/10/2022). Momentum peristiwa bulan yang akan melintas di depan matahari ini merupakan yang terakhir di tahun 2022.

Sayangnya, gerhana matahari sebagian ini hanya akan terlihat di beberapa belahan dunia di wilayah Eropa, Afrikam dan Asia. Sementara, di Indonesia hal itu tidak termasuk wilayah yang bisa terlihat.

1 dari 5 halaman

Dilansir dari Space, gerhana matahari 25 Oktober ini akan menjadi gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari kedua di tahun 2022. Peristiwa gerhana matahari kali ini, sekitar seperempat wajah matahari akan tertutup bayangan bulan pada gerhana terakhir tahun 2022.

Meski di Indonesia tidak masuk dalam wilayah yang bisa melihat gerhana matahari 25 Oktober, namun Anda bisa menontonnya secara online.

 

2 dari 5 halaman

Cara menonton gerhana matahari secara online

Ilustrasi Gerhana Matahari © Diadona

Royal Observatory Greenwich di London, salah satu yang akan menyiarkan secara langsung terjadinya gerhana matahari sebagian 25 Oktober. Nantinya, pemandangan indah itu akan diperlihatkan melalui rekaman Teleskop Astrografi Annie Maunder di Royal Observatory bersama dengan komentar dari para astronom dan diskusi tentang ilmu matahari.

3 dari 5 halaman

Siaran langsung gerhana matahari ini akan dimulai pada 05:05 ET (atau sekitar 16.05 WIB) hari ini. Anda dapat menonton hingga gerhana berakhir pada 6:51 ET (atau sekitar 18.51 WIB), atau Anda juga dapat menonton ulang streaming di kemudian hari.

4 dari 5 halaman

Bisakah Gerhana Matahari Dilihat dengan Mata Telanjang?

Ilustrasi Gerhana Matahari © Diadona

Sebagaimana informasi yang beredar, gerhana matahari parsial akan terlihat di seluruh Inggris dan di bagian lain Eropa, serta di beberapa bagian Afrika dan Asia.

Anda dapat menemukan peta yang menunjukkan lokasi dan waktu gerhana akan terlihat di timeanddate.com.

5 dari 5 halaman

Jika berencana untuk melihat gerhana secara langsung, Royal Astronomical Society memiliki panduan lengkap tentang cara menonton gerhana dengan aman. Namun, hal yang penting untuk diingat adalah jangan pernah melihat langsung gerhana matahari, karena dapat merusak mata bahkan menyebabkan kebutaan.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan alat seperti kacamata gerhana khusus jika memilikinya atau buat alat penglihatan sendiri di rumah. Cara yang lebih aman untuk mengamati gerhana matahari adalah dengan metode tidak lamgsung. Misal, dengan membangun kamera lubang jarum untuk memproyeksikan gerhana di permukaan luar.

Beri Komentar