Fakta dan Profil Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi yang Jadi Tersangka Korupsi Timah

Reporter : Mila
Kamis, 28 Maret 2024 09:11
Fakta dan Profil Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi yang Jadi Tersangka Korupsi Timah
Berikut profilnya.

Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai tersangka baru kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk periode 2015-2022. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung, Kuntadi, mengatakan suami Sandra Dewi itu menjadi perpanjangan tangan dari PT RBT.

1 dari 7 halaman

Sebelumnya, Kejagung tengah mengusut dugaan korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah IUP PT Timah TBK 2015-2022. Mereka menduga terdapat pelanggaran yang dilakukan terkait kerjasama pengelolaan lahan PT Timah Tbk dengan pihak swasta secara ilegal.

Hasil pengelolaan itulah yang kemudian dijual kembali oleh pihak swasta kepada PT Timah Tbk sehingga berpotensi menimbulkan kerugian negara.

Profil Harvey Moeis © Diadona

2 dari 7 halaman

Harvey Moeis yang awalnya menjadi saksi di kasus dugaan korupsi dalam tata niaga komoditas wilayah Izina Usaha Pertambahan (IUP). Tapi, usai melakukan beberapa proses penyidikan yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) bahwa Harvey Moeis selaku pemegang saham perusahaan PT Refined Bangka Tin (RBT) dinaikan menjadi tersangka.

3 dari 7 halaman

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung Kuntadi mengatakan suami Sandra Dewi itu menjadi perpanjangan tangan dari PT RBT.

Sebagai perpanjangan tangan, Harvey tercatat pernah menghubungi Direktur Utama PT Timah yakni MRPT pada 2018 hingga 2019.

" Dalam rangka untuk mengakomodir kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah," kata Kuntadi kepada wartawan, Rabu (27/3).

4 dari 7 halaman

Harvey Moeis sendiri adalah seorang pengusaha batu bara. Melansir situs Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), Harvey menjabat sebagai presiden komisaris PT Multi Harapan Utama (MHU).

Perusahaan pertambangan batu bara itu beroperasi di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

5 dari 7 halaman

Di pasar domestik, batu bara MHU banyak digunakan untuk pembangkit listrik, pabrik dan perusahaan manufaktur. Sebagian besar batu bara MHU juga diekspor ke sejumlah negara seperti Korea Selatan, India, China, Bangladesh, Vietnam, Filipina, Myanmar, Kamboja, Malaysia, dan Thailand.

6 dari 7 halaman

Kehidupan pribadi Harvey Moeis juga jadi sorotan. Ia menikah dengan Sandra Dewi pada November 2016 lalu di Jakarta setelah menjalin hubungan selama tiga tahun. Seminggu usai pemberkatan, keduanya melangsungkan resepsi pernikahan mewah di Disneyland Tokyo, Jepang.

Dari pernikahan itu, Harvey dan Sandra memiliki dua orang anak. Salah satu anak mereka, Raphael Moeis, sempat menjadi sorotan karena mendapat hadiah jet pribadi saat ulang tahun yang pertama.

Potret Seru Keluarga Sandra Dewi Liburan ke Melbourn © Diadona

Beri Komentar