Dibesarkan Keluarga Katolik, Ini Alasan Dian Sastro Jadi Mualaf

Reporter : Mila
Jumat, 15 Maret 2024 09:48
Dibesarkan Keluarga Katolik, Ini Alasan Dian Sastro Jadi Mualaf
Kira-kira apa nih alasannya?

Siapa sih yang tidak tahu Dian Sastrowardoyo? Aktris satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi skill aktingnya. Ia dikenal jadi salah satu artis terkenal yang hampir tidak pernah tampil di acara podcast YouTube.

Tapi, belum lama ini pemain serial Gadis Kretek itu hadir sebagai bintang tamu di acara podcast Denny Sumargo.

1 dari 8 halaman

Meski cukup tertutup soal kehidupan pribadinya, tapi dalam podcast itu Dian Sastro menceritakan pengalaman spiritualnya hingga akhirnya memutuskan menjadi seorang mualaf.

2 dari 8 halaman

Berangkat dari keluarga non-muslim, Dian Sastro sejak kecil dididik dengan agama Katolik, seperti yang dianut ibunya. Di sisi lain, sang ayah yang adalah umat Buddha ternyata dulunya adalah seorang Muslim.

" Nyokap gue katolik, jadi gue dibesarkan katolik. Bokap gue Buddha. Tapi bokap gue juga dibesarinnya itu Islam, Jawa-Islam, terus dia di SMP umur 13 tahun dia cari dan akhirnya menemukan jalannya di Buddha," ungkapnya.

3 dari 8 halaman

Dian Sastro menganut agama Katolik hingga dewasa, bahkan ia sempat dibaptis.  Meski begitu, seiring berjalannya waktu cara berpikir Dian Sastro perihal kehidupan mulai terbuka. Ia pun mulai suka membaca buku soal agama dan ilmu-ilmu filsafat.

" Terus pas SMA gue mulai baca buku dan mikir 'jangan-jangan ini gue kayak bokap gue, jangan-jangan sebenarnya panggilannya di Buddha'. Terus kata nyokap gue 'ya udah kamu cari aja'. Oke aku coba pelajarin semuanya, gue pelajarin Buddha. Tapi kok pertanyaan filsafat gue nggak terjawab ya?" papar Dian Sastro.

4 dari 8 halaman

Pada satu kesempatan, Dian Sastro berdoa dan meminta kepada Tuhan agar dipertemukan dengan siapapun yang bisa memberikan pencerahan terkait keyakinannya. Ia juga berjanji akan menganut agama tersebut jika dalam ajarannya mampu menjawab semua pertanyaan di kepalanya.

" Akhirnya gue nyari di Buddha dan Hindu nggak terjawab. Udah gue pelajarin sampai Konghucu semua gue pelajarin. Akhirnya ada target, gue ikut pengajian ini, itu, ada pak ustadz, ternyata menarik banget di situ gue tanpa ada ekspektasi apa-apa," lanjutnya.

5 dari 8 halaman

Dian Sastro pun terkejut karena sang ustaz bisa menjawab semua keresahan di hatinya dengan ayat-ayat Al Qur'an dan ajaran Islam.

" Tiba-tiba dibuka lah ada ayat Al-Qur'an, gue lupa ayatnya apa, tapi di situ menjawab dengan sangat filosofis dan sangat logis yang gue juga nggak nyangka ternyata kejawabnya sama pemuka agama Islam," tegasnya.

6 dari 8 halaman

Setelah apa yang dipertanyakan selama itu terjawab, Dian Sastrowardoyo mulai mempertimbangkan untuk menjadi seorang mualaf.

" Terus kata bapak (uztaz)-nya 'tergantung kamu mau sholat nggak 5 waktu?' Karena sekarang saya sudah tau buat apa, saya mau deh. Belajar deh gue besokannya hafalin Al Fatihah," katanya.

7 dari 8 halaman

Begitulah alasan Dian Sastro sampai pada akhirnya memutuskan untuk jadi mualaf.

@harapan.keluarga.corp Proses pencarian dian sastro hingga memeluk agama islam. yt: curhat bang denny sumargo #diansastro #dennysumargo #curhatbang #podcastclips #mualaf #islam #ramadhan2024 #fyp #foryoupage ♬ suara asli - Irisan Podcast

Beri Komentar