Demi Pulihkan Ekonomi Saat Pandemi SOVLO Undang 500 Ilustrator Berbakat

Reporter : Prisma Difta
Rabu, 10 November 2021 06:07
Demi Pulihkan Ekonomi Saat Pandemi SOVLO Undang 500 Ilustrator Berbakat
SOVLO ingin memulihkan Ekonomi Indonesia dengan mengajak para Ilustraror

SOVLO, merupakan brand fesyen terbaru karya anak bangsa dari Lotus Group yang lahir di masa pandemi meluncurkan kampanye Bangga Ilustrator Lokal sebagai tema marketingnya di kuartal terakhir 2021.

Melalui kolaborasi ini, para ilustrator diajak mengajukan karya-karya terbaiknya untuk direalisasikan menjadi produk fesyen terkini produksi SOVLO dan kemudian dipasarkan ke masyarakat, serta memberi penghasilan bagi para ilustrator tersebut. Kampanye ini merupakan upaya SOVLO untuk mendukung kreativitas para ilustrator lokal, sambil sama-sama berkontribusi dalam pemulihan ekonomi yang dibutuhkan Indonesia saat ini.

Berbicara di Jumpa Pers Virtual Peluncuran Kampanye “Bangga Ilustrator Lokal” (09/11), Lidya Valensia, CEO dan Founder SOVLO menjelaskan langkah kolaborasi dengan ilustrator ini sebenarnya sudah dilakukan SOVLO sejak Februari 2021.

 “Setelah berkolaborasi dengan sejumlah ilustrator, kami menemukan kualitas karya ilustrator lokal ini sangat baik dan disukai konsumen. Sayangnya di situasi krisis, karya-karya mereka sering hanya berakhir di atas kertas atau disimpan di komputer, tanpa mampu menghasilkan pendapatan bagi mereka. Mereka pun terhambat menjadikan passion dan bakat mereka sebagai sumber penghidupan,” tutur Lidya Valensia.

1 dari 3 halaman

Hal ini diakui juga oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. di acara yang sama.

“ Peluang ekonomi kreatif masih sangat terbuka di Indonesia. Terlebih, pemerintah juga telah menetapkan bahwa industri kreatif menjadi tulang punggung ekonomi negara. Para pelaku industri kreatif pun harus terus berkreasi dengan inovasi-inovasi baru agar produk mereka bisa bersaing. Selain inovatif, pelaku industri kreatif, termasuk dari kategori UMKM harus juga adaptif dengan situasi dan memiliki mental tangguh untuk tetap bisa bertahan. Jika itu semua bisa dimiliki pelaku industri kreatif maka ekonomi kreatif akan bisa bertumbuh dan bersaing,” ungkap Menparekraf Sandiaga Uno.

Tidak ketinggalan, Menparekraf pun mengungkapkan salut dan hormatnya bagi pengusaha-pengusaha kreatif di subsektor fesyen yang berhasil mengubah situasi krisis menjadi peluang, bahkan hingga mampu menolong atau mendukung sebanyak-banyaknya bakat dan tenaga kerja untuk bertahan dan berjaya di tengah krisis.

“ Oleh karena itu, saya menyatakan apresiasi dan dukungan penuh terhadap rencana SOVLO merangkul sebanyak-banyaknya ilustrator untuk melahirkan karya-karya unik dengan tema-tema positif dan pemberdayaan sehingga bernilai di pasar fesyen domestik bahkan jika perlu ekspor, lanjut Menparekraf Sandiaga Uno.

Dengan optimisme bahwa industri fesyen bisa bersaing di kancah ekonomi global, Kemenparekraf juga melakukan pendampingan melalui fasilitas-fasilitas yang bisa mendorong subsektor ini menjadi semakin besar.

2 dari 3 halaman

Sebagian besar produk SOVLO dipasarkan dengan jaminan garansi seumur hidup. Ini bisa dilakukan SOVLO karena didukung penjahit-penjahit berbakat yang mampu menjaga kualitas material dan jahitan produk-produknya. Oleh karena itu, jika ilustrator memilih untuk berkolaborasi dengan SOVLO, maka karya-karya mereka akan hadir di produk-produk berkualitas yang bisa diapresiasi dan dimanfaatkan masyarakat. 

Popomangun, salah satu ilustrator fesyen yang siap berkolaborasi dengan SOVLO di kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini mengungkap harapannya terhadap kampanye ini.

“ Setiap seniman pasti ingin karyanya bisa diapresiasi khalayak lewat medium-medium yang berkualitas dan tentunya berharap juga ekspresi seninya ini bisa memberi pemasukan yang substansial, sehingga dia bisa terus berkarya. Kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini adalah kesempatan untuk menyiapkan karya-karya terbaik dan direalisasikan melalui produk-produk berkualitas yang dimiliki SOVLO,” ungkap Popomangun yang sudah beberapa kali berkolaborasi dengan brand-brand fesyen sebelumnya. 

Untuk kampanye Bangga Ilustrator Lokal yang digagas SOVLO ini sendiri, Popomangun telah menyiapkan sejumlah karya ilustrasinya dan bisa didapatkan masyarakat mulai 13 November 2021 di toko-toko online terkemuka Indonesia atau di toko luring SOVLO di Pos Bloc, Pasar Baru Jakarta.

 

3 dari 3 halaman

Ilustrator-ilustrator dari seluruh tanah air yang berminat untuk berkolaborasi dengan SOVLO dapat mendaftar di https://tinyurl.com/ilustratorSOVLO atau mendapatkan informasi melalui akun instagram SOVLO di @sovlo.id. Selanjutnya, SOVLO akan melakukan kurasi dan jika lolos akan dihubungi untuk proses selanjutnya. Setelah sepakat berkolaborasi, SOVLO akan memproduksi karya ilustrator lokal tersebut dan menjadwalkan distribusinya dengan skema bagi hasil, artinya keuntungan yang diraih ilustrator akan berbanding lurus dengan hasil penjualan karya mereka.

Lewat kolaborasi di kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini SOVLO dan ilustrator akan bersama-sama menggagas dan melahirkan produk berkualitas dengan ilustrasi beraneka ragam. Tentunya dengan begini konsumen memiliki beragam opsi desain yang tepat mengekspresikan kepribadiannya dan untuk berbagai kebutuhan. Melalui kampanye ini, SOVLO menargetkan berkolaborasi dengan sekitar 400-500 ilustrator lokal hingga akhir tahun 2022. 

 

 

Beri Komentar