Cara Membuat Nama Korea dari Tanggal Lahir, Nama Asli dan Generator

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 5 Juli 2022 19:45
Cara Membuat Nama Korea dari Tanggal Lahir, Nama Asli dan Generator
Dari tiga cara membuat nama Korea ini, nama mana yang paling kamu sukai?

Semenjak meledaknya popularitas hiburan Korea Selatan dan gelombangnya mencapai Indoensia, banyak masyarakat kita yang mengidolakan artis negeri Gingseng tersebut. Negara Korea Selatan menjadi tujuan pariwisata, tingginya antusiasme setiap kali artis mereka bertandang, hingga yang tak kalah ramai adalah gimana cara membuat nama Korea sekadar untuk hiburan atau username di media sosial.

Emang bisa? Bisa dong. Nggak perlu jauh-jauh ke Korea sebagai cara untuk membuat nama Korea karena kita punya beberapa cara seru untuk mendapatkannya. Pertama, bisa dengan nama asli atau tanggal lahir. Tapi ini tentu hanya untuk seru-seruan saja ya karena nama asli dari orang Korea tentu tak dibuat berdasarkan cara ini.

Nama Korea biasanya terdiri dari tiga kata dimana kata pertama adalah nama marga. Marga yang sering digunakan oleh orang Korea di antaranya, Lee, Park, Kim, Jeong, Choi, Kang, Cho, Yoon, dan Lim.

Bikin nama Korea kamu dengan cara di bawah ini yuk!

1 dari 3 halaman

Membuat Nama Korea dari Tanggal Lahir dengan Cara Manual

Cara Membuat Nama Korea © Diadona

Cara membuat nama Korea ini sederhana banget kok. Kamu cukup mengabungkan daftar nama Korea kamu berdasarkan bulan, tahun dan angka tanggal kelahiranmu.

Nama Depan Korea dari Angka Terakhir Tahun Kelahiran

Nama pertama yang merupakan nama marga Korea bisa kamu dapatkan dengan cara manual berdasarkan angka terakhir tahun lahir kamu.

0: Park
1: Kim
2: Shin
3: Choi
4: Song
5: Kang
6: Han
7: Lee
8: Sung
9: Jung

Misalnya nih kalau kamu lahir pada 20 April 1998, itu berarti angka terakhir tahun lahirnya adalah '8' sehingga nama margamu adalah 'Sung'.

Nama Tengah Korea dari Bulan Kelahiran

Selanjutnya adalah membuat nama tengah yang bisa kamu dapatan dari bulan kamu lahir. Daftar nama Korea berdasarkan bulan lahir bisa kamu contek di bawah ini.

Januari: Yong
Februari: Ji
Maret: Je
April: Hye
Mei: Dong
Juni: Sang
Juli: Ha
Agustus: Hyo
September: Soo
Oktober: Eun
November: Hyun
Desember: Rae

Contohnya nih kalau kamu lahir di bulan April, maka nama tengah Koreamu adalah Hye.

Nama Terakhir Korea dari Tanggal Kelahiran

Nama terakhir Korea ini diambil dari tanggal lahir kamu. Daftarnya ada di bawah berikut.

1: Hwa
2: Woo
3: Joon
4: Hee
5: Kyo
6: Kyung
7: Wook
8: Jin
9: Jae
10: Hoon
11: Ra
12: Bin
13: Sun
14: Ri
15: Soo
16: Rim
17: Ah
18: Ae
19: Neul
20: Mun
21: In
22: Mi
23: Ki
24: Sang
25: Byung
26: Seok
27: Gun
28: Yoo
29: Soups
30: Won
31: Sub

Jadi kalau kamu lahir di tanggal 20, maka nama belakangmu yakni 'Mun'. Dengan menggabungkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran kamu yakni 20 April 1998 melalui pembuatan nama tersebut maka nama Korea kamu adalah Sung Hye Mun. Cocok nggak nih?

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Nama Korea berdasarkan Tanggal Lahir secara Otomatis di Website

Cara lain buat mendapatkan nama Korea melalui tanggal lahir kamu yakni dengan website yag bisa kamu akses dengan mudah dan gratis. Kamubisa coba beberapa website tersebut diantaranya :

Kursusbahasakorea123.com
Voiceoftext.com
Dardura.com

Cari tahu gimana caranya yuk!

Cara Membuat Nama Korea Menggunakan Website Voice of Text

Klik laman berikut ini. Selanjutnya kamu akan melihat tampilan seperti di bawah.

Cara Membuat Nama Korea dengan Website Voice of Text © Diadona

 

Masukkan jenis kelamin kamu dan tanggal, bulan serta tahun lahir ya. Kita masukkan tanggal 20 April 1998 seperti cara membuat nama Korea dengan manual sebelumnya.
Trus klik 'Create Korea Name'.

Cara Membuat Nama Korea dengan Website Voice of Text © Diadona

 

Ternyata dari hasil generator nama menggunakan website tersebut, nama Korea kamu adalah Cho Jin A, berbeda dengan nama sebelumnya ya! Kamu juga mendapatkan nama Korea dalam huruf Hangul. Sekarang kita coba dengan website lainnya yuk.

Klik tautan berikut atau ketikkan https://kursusbahasakorea123.com/korean-name-generator/tanggal-lahir.php di browser kamu. Trus masukkan jenis kelamin serta keterangan lainnya. Klik 'Tampilkan Nama'.

Cara Membuat Nama Korea © Diadona

Nah, nama Korea kamu sama dengan nama yang tampil dari website sebelumnya. Apakah kamu suka dengan nama ini?

Nggak jauh beda dengan website generator nama sebelumnya, cara membuat nama Korea kamu dengan Dardura juga cuman memasukkan jenis kelamin serta kapan kamu lahir. Eits tapi khusus untuk website generator nama ini hanya membatasi tahun lahir sampai 1997. Jadi kalau kamu lahir sebelum tahun 1997, mungkin kamu harus menggunakan generator yang lain.

Buka link berikut atau ketikkan https://www.dardura.com/p/buat-nama-korea-online.html  di browser. Pilih tanggal, bulan dan tahun lahir lalu klik 'Tampilkan Nama'.

Cara Membuat Nama Korea dengan Dardura © Diadona

Hasil generator nama untuk orang yang lahir pada 20 April adalah Sung Hye Mun, sesuai dengan nama Korea berdasarkan tanggal lahir yang dibuat dengan cara manual di atas.

Cara Membuat Nama Korea © Diadona

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Nama Korea Berdasarkan Nama Asli

Penasaran nggak apa nama Kore akamu berdasarka nama asli? Ada cara mudah memgetahuinya yakni dengan menggunakan Google Translate. Pada dasarnya sih cara ini dilakukan dengan menerjemahkan nama dalam bahasa asing ke dalam Bahasa Korea. Makanya mungkin akan ada beberapa abjad yang berubah sesuai dengan pelafalan huruf Korea.

Caranya gampang banget.
Buka Google Translate
Pilih terjemahan Bahasa Indonesia ke Bahasa Korea.
Masukkan nama kamu, klik Translate.

Cara Membuat Nama Korea dengan Google Translate © Diadona

Secara otomatis kamu akan melihat apa nama Korea kamu berdasarkan nama asli beserta dengan hangulnya. Buat mengecek perngucapannya, klik ikon suara di bawah kanan terjemahan Bahasa Korea.

Apakah kamu sudah mencoba cara membuat nama Korea dengan beragam cara di atas? Share dong nama Korea kamu di kolom komentar di bawah ini ya!

Beri Komentar