Cara Membuat Mozaik dari Daun Kering, Kertas Origami dan Bahan Sederhana Lainnya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 13 Oktober 2022 13:00
Cara Membuat Mozaik dari Daun Kering, Kertas Origami dan Bahan Sederhana Lainnya
Mozaik adalah sebuah karya seni dari bahan-bahan sederhana namun dapat bernilai tinggi. Yuk ikuti cara membuat mozaik dari bahan yang sederhana melalui artikel di bawah ini!

Karya seni mozaik merupakan karya seni yang berasal dari bahan-bahan yang menyerupai sebuah pola atau gambar. Bahan bahan tersebut nantinya akan ditempel dan disusun dalam sebuah bidang hingga menghasilkan gambar, pola, atau lukisan yang memiliki nilai estetis. Cari tahu cara membuat mozaik secara lengkap dengan bahan yang kamu punya.

Penasaran? Yuk sama-sama kita simak cara membuat mozaik di bawah ini!

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Mozaik dari Kertas Origami

Cara membuat mozaik dari kertas origami © Diadona

Bahan material pembuatan mozaik yang menarik selanjutnya adalah kertas origami. Penggunaan bahan ini memang sangat mudah karena selain harganya murah, warna dari kertas origami juga beragam. Berikut adalah cara membuat mozaik dari kertas origami yang dilansir melalui  YouTube channel Praktis Simple

Penggunaan kertas origami sebagai bahan mozaik juga sangat cocok digunakan anak-anak karena bahan dasar alasnya bisa dimana saja. Berikut ini cara membuat mozaik dari kertas origami:

  1. Siapkan perlengkapan seperti alas kertas gambar, pensil, lem dan origami.

  2. Potong kertas origami menjadi potongan kecil. Bentuk potongan ini bisa kotak atau segitiga, sesuaikan dengan pola yang ingin dibuat.

  3. Mulai buat pola di alas yang sudah disiapkan. 

  4. Mulai aplikasikan potongan kertas origami ke pola sehingga terlihat bentuk awal sebelum di lem. BIla sudah sesuai keinginan, mulai lumuri lem ke seluruh permukaan pola gambar.

  5. Tempelkan semua potongan kecil kertas origami sesuai dengan pola. Pastikan proses menempel dilakukan dengan rapi dan teliti.

  6. Bila semua pola sudah tertempel kertas origami, tunggu kering.

 

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Mozaik dari Daun Kering

Cara Membuat Mozaik dari Daun Kering © Diadona

Selanjutnya, karya mozaik juga bisa menggunakan daun kering. Hal ini karena daun kering memiliki banyak warna, seperti hijau, kuning, coklat, dan masih banyak lagi.

Banyaknya warna yang bisa dihasilkan dari daun inilah yang bisa membantu dalam membuat pola yang kompleks dan estetik. Mencari daun kering pun tidak terlalu mudah dan bisa didapatkan secara gratis. Berikut ini cara membuat mozaik dari daun kering:

  1. Persiapkan alat untuk membuat mozaik daun kering seperti alas kayu, lem kayu, dan pensil.

  2. Kumpulkan semua bahan daun yang telah dikeringkan. Pastikan daun yang telah kering tersebut memiliki setidaknya tiga pilihan warna agar bisa diaplikasikan dalam pola.

  3. Pecahkan daun kering yang masih utuh menjadi potongan kecil yang memiliki ukuran sama. Hal ini penting untuk menciptakan pola yang kompleks dan kepadatan pada hasil karya mozaik.

  4. Gambar pola yang kamu inginkan pada alas yang sudah disiapkan. Di sini kamu bisa bebas berekspresi menggambar pola seperti apa.

  5. Setelah pola selesai dibuat, mulai aplikasikan potongan daun kering ke dalam pola. Ini untuk menciptakan bayangan ketika potongan daun dilem ke alas. Bila sudah pasti dan mendapatkan pola yang diinginkan mulai lumuri alas dengan lem.

  6. Tempelkan semua pecahan daun kering sesuai pola dan warnanya. Lakukan secara hati-hati dan teliti agar tidak terjadi kesalahan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan penempelan satu per satu sesuai dengan warna yang digunakan.

  7. Bila semua daun kering sudah menempel, maka diamkan dan tunggu sampai lem mengering.

 

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Mozaik dari Biji-bijian

Cara Membuat Mozaik dari Biji-bijian © Diadona

Biji-bijian ternyata cukup banyak digunakan untuk membuat berbagai macam karya mozaik. Selain mudah ditemukan, harga biji-bijian tidak terlalu mahal untuk dijadikan sebuah mozaik.

Ada beberapa jenis biji-bijian yang bisa dimanfaatkan untuk membuat karya rupa satu ini seperti, kacang hijau, kacang tanah, jagung, sampai biji jeruk. Untuk cara membuat mozaik dari biji-bijian berikut ini tipsnya:

  1. Persiapkan alat untuk membuat mozaik seperti alas kayu, lem kayu, dan pensil. Bahan biji yang digunakan sebaiknya terdiri dari tiga warna yang berbeda. Untuk itu, kali ini bahan yang digunakan adalah kacang hijau, biji jagung, dan kacang tanah.

  2. Gambarlah pola dengan menggunakan pensil pada alas yang akan digunakan. Pola atau gambar ini akan menjadi dasar untuk menempel bahan yang sudah disiapkan. Sehingga sebisa mungkin kamu sudah mengetahui peletakan warna serta tekstur yang ingin diciptakan dari biji-bijian di atas.

  3. Bila pola sudah jadi, cobalah untuk mengaplikasikan bahan material ke dalam pola. Hal ini pentung untuk mengetahui apakah ada bahan yang kurang atau bentuk pola yang perlu diberi tambahan.

  4. Siapkan lem kayu dan oleskan tipis ke alas yang sudah membentuk pola. Lumuri semua bagian pola dengan lem sehingga biji-bijian nanti bisa merekat dengan sempurna.

  5. Mulai susun kembali biji-bijian ke dalam pola gambar yang sudah kamu buat. Pastikan semua dilakukan dengan rapi sehingga pola yang telah dibuat terlihat menonjol. Bila semua bahan sudah menempel, maka diamkan sejenak

Tadi adalah cara membuat mozaik merupakan karya seni yang dapat bernilai meskipun menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Kalau begitu selamat mencoba ya, Diazen!

Penulis: Agung Brahma Wikara

 

Beri Komentar