Cara Membuat Buklet Mudah Anti Ribet!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 7 November 2022 07:24
Cara Membuat Buklet Mudah Anti Ribet!
Kegunaan buklet yang kecil memberikan kepraktisan bagi para penggunanya. Cari tahu cara membuat buklet yang mudah dan anti ribet!

Ada banyak cara membuat buklet, baik secara konvensional (kertas) maupun digital, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya.

Cara membuat buklet tidaklah susah, namun hanya perlu ketelitian saja. Asal tekun dan teliti, buklet buatan sendiri pasti jadi.

Pasti kalian sudah penasaran cara membuat buklet yang mudah anti ribet kan! Yuk simak cara membuat buklet di bawah ini!

1 dari 2 halaman

Cara Membuat Buklet dari Kertas

Dilansir dari wikiHow, mereka memberikan cara membuat buklet dari kertas yang tentunya ez pz lemon squeezy!

Buklet Mini 8 Halaman

Cara Membuat buklet dari kertas © Diadona

Pertama ada cara membuat buklet dari kertas bentuk mini 8 halaman.

  • Lipatlah selembar kertas berukuran 8½ x 11" (21,6 x 28 cm atau kwarto) menjadi dua dengan gaya hamburger. Lipatlah kertas menjadi dua dengan lipatan " hamburger" — dengan kata lain, lipatan kamu membuat kertas lebih pendek dan gemuk, bukan panjang dan kurus.
  • Buka lipatan kertas lalu lipat lagi dengan gaya hotdog. Bukalah lipatan yang baru kamu buat. Gunakan lipatan " hotdog" untuk melipat kertas menjadi dua dengan arah lipatan berbeda.
  • Buka lipatan kertas. Bukalah lipatan yang baru saja kamu buat. Kertas akan terbagi menjadi empat kotak yang sama besar. 
  • Lipatlah bagian tepi kertas ke dalam menuju tengah kertas. Letakkan kertas dengan posisi horizontal di depan kamu sehingga salah satu sisi yang panjang menghadap ke arah kamu. Ambil bagian tepi kanan kertas dan lipatlah kertas sampai tepi kertas menyentuh lipatan di tengah kertas. Lakukan dengan sisi yang lainnya. Jika dilakukan dengan benar, lipatan akan terlihat seperti sepasang pintu ganda
  • Buka lipatan kertas. Letakkan kertas secara mendatar di hadapan kamu. Kertas kamu sekarang memiliki delapan lipatan yang sama. 
  • Lipatlah kertas dengan gaya hamburger dan gunting separuh kertas melewati bagian tengah. Buatlah lipatan hamburger (pendek dan gemuk) yang sama seperti yang kamu lakukan di awal. Selanjutnya, ambil gunting dan guntinglah kertas mengikuti lipatan yang membagi kertas secara horizontal. Berhentilah saat kamu mencapai titik tengah lipatan ini.
  • Buka lipatan kertas dan buatlah lipatan hotdog. Buka lipatan sepenuhnya dan ratakan kertas di hadapan kamu. Buatlah lipatan gaya hotdog (panjang dan kurus) yang sama seperti yang kamu buat di awal-awal proyek. kamu harus melipat di sepanjang guntingan yang baru saja kamu buat, yang akan berpusat di titik tengah lipatan.
  • Doronglah kedua ujung kertas bersama-sama. Ambil setiap ujung lipatan kertas dan dorong bersama-sama ke arah titik tengah. Bagian dalam akan terdorong ke luar sehingga menyerupai bentuk wajik kasar. Teruslah mendorong sampai wajik kamu runtuh dan membentuk tanda salib. 
  • Lipatlah kertas ke bidang kertas itu sendiri untuk membuat buklet. Ambil tepi kiri lipatan dan melipatnya hingga ke tepi kanan kertas. Lipatan tengah harus terlihat seperti " akordeon" untuk membentuk delapan halaman, sementara sisi belakang dari bagian terluar akan membentuk sampul depan dan belakang. Tekanlah tepi kiri (" punggung" ) buklet baru kamu untuk membuat lipatan yang kuat.
  • Hiaslah buklet sesuka kamu atau sesuaikan dengan preferensi kamu. Sekarang setelah kamu membuat buklet baru, terserah bagaimana kamu ingin menyesuaikannya dengan preferensi kamu. Gunakan pulpen, spidol, atau perlengkapan kerajinan yang kamu miliki untuk membuat buklet kamu unik dan tidak ada duanya!

Buklet dari Kantong Kertas

Cara Membuat buklet dari kertas © Diadona

Kedua ada cara membuat buklet dari kantong kertas.

  • Ambillah tiga atau lebih kantong kertas wadah bekal makan siang. Jenis kantong yang kamu perlukan adalah kantong kertas yang kurus dan sempit dengan " kelepak" di bagian bawah yang sering digunakan untuk mengemas makan siang. Kantong kertas putih paling mudah dijadikan sarana menulis dan membaca, tapi kantong cokelat standar juga bisa digunakan. kamu juga memerlukan pelubang kertas dan sedikit benang atau pita.
  • Letakkan satu kantong dengan kelepak di sebelah kiri. Ambil satu kantong kertas dan letakkan di meja atau area kerja di hadapan kamu sehingga kelepaknya menghadap ke atas. Putarlah kantong sehingga salah satu sisi yang panjang menghadap ke arah kamu dan kelepak berada di sebelah kiri.
  • Letakkan satu kantong lain di atasnya dengan posisi kelepak di sebelah kanan. Ambil satu kantong kertas lain dan letakkan di atas kantong pertama dengan kelepak menghadap ke atas, dengan begitu kelepak berada di kanan kamu, bukan di kiri. Sejajarkan kantong kertas sehingga keduanya bertumpuk dengan rapi.
  • Letakkan kantong lain di atasnya dengan kelepak di sebelah kiri. Ambil kantong ketiga dan letakkan di atas tumpukan dengan kelepak menghadap ke atas sehingga posisi kelepak berada di kiri, persis seperti yang kamu lakukan dengan kantong pertama. Sekali lagi, sejajarkan kantong kertas sehingga rata dengan kantong di bawahnya.
  • Tambahkan lebih banyak kantong untuk mendapatkan lebih banyak halaman. Semakin banyak kantong yang kamu tambahkan, buklet kamu akan memiliki lebih banyak halaman. Jika kamu ingin menambahkan lebih banyak kantong, gunakan pola berselang-seling yang telah kamu terapkan — kantong berikutnya harus diletakkan dengan kelepak menghadap ke atas dan berada di sisi kanan, kantong selanjutnya harus diletakkan dengan kelepak di sebelah kiri, dan seterusnya.
  • Lipatlah tumpukan kantong menjadi dua dengan gaya buku. Ambillah seluruh tumpukan kantong dan lipat menjadi dua. Bagian bawah kantong yang halus (sebelumnya menempel di meja atau area kerja di depan kamu) akan membentuk sampul depan dan belakang buku baru kamu, sementara bagian bawah dan atas kantong yang berselang-seling di dalam tumpukan akan menjadi halaman.
  • Jilidlah halaman buku. Cara paling mudah untuk melakukan penjilidan biasanya menggunakan pelubang kertas untuk membuat dua lubang atau lebih di sepanjang tepi lipatan (yaitu, punggung buku kamu). Ambillah sepotong tali atau pita pendek dan masukkan ke setiap lubang yang kamu buat, lalu ikat kedua ujungnya menjadi satu, buatlah ikatan yang cukup longgar di setiap lubang yang memungkinkan kamu membalik halaman dengan mudah.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Buklet di Word

Cara Membuat buklet di word © Diadona

Selanjutnya, wikiHow juga memberikan cara membuat buklet di word biar mudah mengatur nya!

  • Buka Microsoft Word. Biasanya, kamu bisa menemukan aplikasi ini pada menu " Start" (PC) atau folder " Applications" (Mac). Aplikasi ini ditandai oleh ikon berwarna biru dengan huruf " W" putih di dalamnya.
  • Jika kamu tidak ingin melakukan kustomisasi sendiri, gunakan template buklet bawaan program. Klik menu " File" , pilih " New" , tikkan booklet pada bilah pencarian, tekan tombol " Enter" , pilih template buklet, dan klik tombol " Create" untuk mengatur templat.
  • Klik tab Layout. Beberapa opsi pemformatan halaman dokumen saat dicetak akan ditampilkan.
  • Klik panah drop-down Multiple pages. Panah ini berada di pojok kanan bawah kotak dialog " Page Setup" pada tab " Layout" .
  • Pilih Book fold dari menu " Pages" . Tata letak dokumen akan diubah menjadi mode mendatar atau lebar (" landscape" ) dengan pemisah di bagian tengah halaman.
  • Pilih jumlah halaman buklet. Opsi halaman berada pada menu " Sheets per booklet" .
  • Perlu diingat bahwa jika kamu memilih jumlah halaman yang terlalu sedikit untuk mencetak seluruh teks, kamu perlu mengubah opsi menjadi " All" agar semua konten yang ditampilkan di layar bisa dicetak.
  • Sesuaikan ukuran gutter (margin antar halaman yang terbuka). Menu " Gutter" di pojok kiri atas jendela menentukan besarnya ruang yang tersedia di antara area lipat buklet. Saat kamu memperbesar atau memperkecil ukurannya, gambar pratinjau di bagian bawah jendela akan diperbarui untuk menampilkan hasil perubahan secara langsung.
  • Klik OK untuk menyimpan perubahan. Tombol ini berada di bagian bawah jendela.
  • Tambahkan konten ke buklet. Setelah dokumen diatur sebagai buklet, kamu bisa menambahkan teks, gambar, dan format khusus.
  • Jika kamu baru menggunakan Microsoft Word, baca artikel mengenai cara memformat dokumen Word untuk mengetahui cara memodifikasi teks, menambahkan objek grafis, dan memposisikan konten sesuai keinginan.
  • Jika kamu menggunakan templat, baca artikel mengenai cara menggunakan template pada Microsoft Word untuk mempelajari cara mengelola konten yang sudah diformat sejak awal. Biasanya, kamu perlu menyunting informasi pada kolom-kolom teks yang sudah tersedia.
  • Simpan buklet. Untuk menyimpannya:
  • Klik menu " File" di pojok kiri atas layar.
  • Pilih " Save As" .
  • Pilih lokasi penyimpanan.
  • Jika ingin menyimpan berkas sebagai templat yang dapat disunting untuk produk atau kebutuhan mendatang, pilih opsi " Template" dari menu drop-down " Save as type" atau " Format" . Jika tidak, biarkan opsi bawaan (.docx) tetap terpilih.
  • Beri nama berkas dan klik " Save" .

Mudah banget gak sih cara membuat buklet di atas? pasti Diazens bisa bikinnya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Penulis: Akhiroel Mohammad Effendi

Beri Komentar