Boneka Ini Rambutnya Tumbuh Seperti Manusia, Kok Serem Sih!

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 11 Februari 2020 11:47
Boneka Ini Rambutnya Tumbuh Seperti Manusia, Kok Serem Sih!
Banyak sekali boneka-boneka yang dikaitkan hal-hal mistis seperti boneka Okiku dari Jepang ini

Pas waktu kecil, hampir semua dari kita pasti pernah punya boneka kesukaan. Bahkan, ketika hari libur, bisa seharian kita bermain dengan boneka favorit tersebut. Layaknya mainan anak kecil lainnya, boneka ini adalah benda mati. Tetapi, di Jepang ada boneka yang rambutnya bisa tumbuh seperti manusia, lho. Serem gak tuh.

1 dari 5 halaman

Nama boneka tersebut adalah Okiku, sebuah boneka yang berada di kuil di Iwamizawa. Ada kisah menarik sekaligus misterius dari boneka yang sudah ada sejak 1 abad yang lalu ini. Seperti yang dilansir dari laman odditycentral.com, boneka Okiku merupakan boneka yang dijuluki sebagai boneka hantu dan begitu ditakuti di Hokaido.

2 dari 5 halaman

Ya bagaimana tidak misterius dan menakutkan, rambut boneka ini terus tumbuh layaknya manusia. Boneka kecil yang berpakaian kimono ini seolah-olah hidup. Tetapi, boneka lucu sekaligus menyeramkan ini memang punya jejak historis yang cukup panjang.

Boneka ini dibeli oleh seorang pemuda bernama Eikichi Suzuki pada tahun 1918 di Sapporo. Ia membeli boneka ini sebagai hadiah untuk adik perempuannya yang masih kecil.

3 dari 5 halaman

Diberikanlah boneka itu kepada adiknya yang bernama Kikuko yang saat itu masih berusia 3 tahun. Kikuko sangat mencintai bonekanya, ia juga selalu membawa boneka itu ke mana pun ia pergi. Hingga suatu hari, gadis mungil tersebut sakit flu berat dan meninggal dunia.

4 dari 5 halaman

Setelah meninggalnya sang putri, Kikuko, keluarga Kikuko memutuskan untuk pindah tempat tinggal. Menyadari ada yang tidak berese dengan boneka tersebut, akhirnya boneka itu dititipkan di sebuah kuil.

Ilustrasi Okiku © Diadona

Di kuil tersebut boneka tersebut di letakkan de sebuah lemari kayu. Namun, seiring berjalannya wakturambut boneka itu terus tumbuh seperti rambut manusia. Rambut yang awalnya sebatas rahang bisa tumbuh hingga menyetuh lutut. Pihak pengurus kuil pernah memotong rambut boneka Okiku tersebut, tapi rambut itu tetap tumbuh kembali.

5 dari 5 halaman

Sejauh ini belum ada yang tahu kenapa makhluk dari boneka itu bisa terus tumbuh. Sebuah penelitian pernah dilakukan untuk menelusuri fenomena rambut yang tumbuh pada boneka ini. Namun, belum ada jawaban yang pasti atas misteri ini.

Jika kamu tidak percaya kamu bisa berkunjung ke Jepang dan singgah ke kuil ini, kalau kamu berani sih hehe. Eh Bagaimana ini menurutmu? jangan lupa tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Beri Komentar