Baru Terkuak, Acha Septriasa Ternyata Hanya Punya Satu Ginjal Sejak Kecil

Reporter : Mila
Kamis, 7 April 2022 06:00
Baru Terkuak, Acha Septriasa Ternyata Hanya Punya Satu Ginjal Sejak Kecil
Awal mengetahuinya, Acha kaget bukan main.

Kalian pasti sudah tidak asing dengan sosok Acha Septriasa. Aktris cantik ini telah membintangi sederet film hits Tanah Air. Salah satu film ikoniknya berjudul 'My Heart' yang dibintangi bersama Irwansyah dan Nirina Zubir pada 2006 lalu.

Sudah jarang muncul di layar kaca, baru-baru ini Acha membuat pengakuan mengejutkan. Ia mengatakan bahwa selama ini hidup hanya dengan satu ginjal. Hal ini terungkap saat ia menjadi tamu di podcast milik Ashanty belum lama ini.

1 dari 6 halaman

Dalam video di kanal Youtube Ngobrol Asix yang tayang pada Selasa (5/4/2022), Ashanty mendengar kabar kalau Acha hanya punya satu ginjal. Awalnya istri Anang Hermansyah itu mengira hal tersebut adalah bagian dari film yang dibintangi aktris kelahiran 1989 tersebut.

“ Ada headline tentang kamu hidup dengan satu ginjal, itu film apa bener?” tanya Ashanty.

2 dari 6 halaman

Acha Septriasa © Diadona

Pemilik nama asli Jelita Septriasa ini bercerita dan membenarkan kalau dirinya hanya punya satu ginjal sejak masih berusia belia. Lebih tepatnya saat ia mengawali kariernya sebagai aktris.

" Oh itu beneran. Sebenarnya aku ginjalnya satu itu dari kecil tapi baru ditemukannya setelah USG, MRI, dan CT-Scan di umur 18 tahun,” kata Acha.

3 dari 6 halaman

Hidup dengan satu ginjal tentunya berpengaruh pada aktivitas sehari-hari Acha. Di usia 15-16 tahun, ibu satu anak itu bahkan sering pingsan saat syuting.

" Aku berkarya mulai umur 15-16, tapi aku kalau syuting sering pingsan, aku gak tahu kenapa. Sering pingsan itu kalau sudah kecapekan banget syuting 8 hari tiba-tiba pingsan.” tuturnya.

4 dari 6 halaman

Setelah periksa ke rumah sakit, barulah ia mengetahui kalau selama ini dirinya hanya memiliki satu ginjal. Ginjal sebelah kanannya tak berfungsi alias kosong.

" Selalu ngeluh sakit di sebelah kiri, lagi sekolah pingsan dibawa ke rumah sakit. Dicari di sebelah kiri ada apa, pas dicek sebelah kanan kok kosong (ginjal) gak ada, dari situ baru ketahuan bahwa aku memiliki satu ginjal dan ini dari dulu," imbuhnya.

5 dari 6 halaman

Hidup dengan satu ginjal sejak dulu membuat Acha harus ekstra peduli dengan kesehatannya. Ia pun minum air putih 3,5 liter per hari dan tidak mengonsumsi makanan dan minuman kemasan.

" Aku gak boleh nahan pipis dan minum banyak. Aku gak minum kemasan, yang ada pengawet juga gak," katanya.

Beri Komentar