Baim Wong Jadi Korban Penipuan Melalui WhatsApp, Rekening Sampai Dibobol!

Reporter : Diba
Rabu, 1 November 2023 09:56
Baim Wong Jadi Korban Penipuan Melalui WhatsApp, Rekening Sampai Dibobol!
Baim Wong jadi korban penipuan akui sejumlah uang keluar dari rekening miliknya.

Baim Wong dikabarkan telah menjadi korban penipuan yang bermodus lewat pesan WhatsApp. Hal ini Baim beberkan sendiri melalui Instagramnya pada Selasa, 31 Oktober 2023 kemarin.

Melalui sebuah video singkat Baim menjelaskan jika dirinya belum lama ini menjadi korban penipuan yang mengakibatkan dirinya rugi secara materi.

Meski tidak menyebut nominal yang keluar dari rekeningnya akibat peretasan melalui WhatsApp tetapi Baim mengingatkan pada banyak orang mengenai maraknya kasus penipuan semacam ini. Berikut kronologi lengkapnya.

1 dari 5 halaman

WhatsApp Atas Nama Kurir Paket

Baim Wong Jadi Korban Penipuan © Diadona

Baim Wong menjelaskan bahwa ia mendapatkan sebuah pesan WhatsApp dari nomor yang tidak diketahui. Pesan tersebut mengatasnamakan kurir yang akan mengantar paket.

Awalnya ayah 2 anak ini tidak mencurigai karena memang saat itu Baim memang sedang memesan sebuah barang. Baim menjelaskan jika 'Si Kurir' tersebut mengirimkan foto dalam bentuk sebuah file.

" Di-chatnya itu dia kirim foto paketnya berupa file. Dan kebetulan saya juga sedang memesan barang via online. Nah, saya itu nggak ngeh main klik aja karena saya memastikan paket saya," jelas Baim Wong.

2 dari 5 halaman

Curiga Saat File Foto Loading

Baim Wong Jadi Korban Penipuan © Diadona

Lalu, saat file tersebut di buka, Baim mengatakan jika file tersebut sedikit loading dan membuatnya curiga. Namun, dirinya tidak sempat untuk berpikir lebih panjang mengenai kecurigaan itu disebabkan pekerjaan yang harus ia lakukan saat itu juga.

" Dan anehnya, yang muncul (saat membuka file foto) adalah tampilan loading beberapa saat. Saya itu agak curiga sebenarnya. Tapi karena ada beberapa pekerjaan yang harus saya selesaikan pada saat itu, makanya saya memilih mengabaikan kecurigaan tersebut," sambung Baim Wong dalam videonya.

3 dari 5 halaman

Terdapat Notifikasi Transfer ke Sebuah Rekening

Baim Wong Jadi Korban Penipuan © Diadona

Setelah itu Baim pun menjelaskan jika dirinya kaget saat melihat adanya notifikasi transfer ke rekening yang tidak diketahui. Merasa hal tersebut sudah tidak beres, Baim langsung menghubungi pihak bank untuk melakukan pemblokiran semua rekening miliknya.

Dalam penjelasannya, ia baru mendapatkan notifikasi transfer tersebut setelah beberapa hari dari waktu kejadian setelah ia membuka file yang ia terima melalui WhatsApp.

" Akhirnya kemarin saya dikagetkan dengan beberapa notifikasi transfer bank yang saya terima. Sejumlah uang telah ditransfer dari salah satu rekening saya ke rekening lain yang tidak saya kenal," ucap Baim Wong.

4 dari 5 halaman

Baim Wong Jadi Korban Penipuan © Diadona

Namun Baim tidak menyebutkan berapa nominal kerugian yang ia tanggung karena pembobolan salah satu rekening miliknya. Selanjutnya, Baim menyatakan jika setelah ia sadar bahwa dirinya baru saja mengalami peretasan, suami Paula ini langsung mengambil tindakan untuk mengganti semua password aplikasi keuangan miliknya.

5 dari 5 halaman

Baim Wong Jadi Korban Penipuan © Diadona

Melalui video tersebut, Baim Wong juga memperingati untuk berhati-hati dalam menerima sebuah pesan WhatsApp karena modus penipuan hari ini cukup bervariasi. Dalam penjelasannya, ia menyebutkan untuk tidak langsung percaya pada seseorang yang meminta kode OTP, promo hingga orang yang mengatasnamakan pihak pemerintahan.

 

Beri Komentar