Awas, Alih-Alih Melamar Kerja Malah Dipaksa Mengirimkan Foto Telanjang!

Reporter : Prisma Difta
Selasa, 10 Maret 2020 10:37
Awas, Alih-Alih Melamar Kerja Malah Dipaksa Mengirimkan Foto Telanjang!
Stay safe, girl!

Mencari lapangan pekerjaan di Indonesia semakin sulit, gimana enggak, jumlah pelamar dan jumlah lapangan pekerjaannya saja tidak sebanding. Ini yang membuat banyak masyarakat saling berlomba untuk mendapatkan pekerjaan dengan berbagai cara bahkan dengan cara yang kotor sekalipun. True?

Nah, kondisi tersebut membuat para oknum tidak bertanggung jawab dan calo-calo pekerjaan mulai melancarkan aksinya. Berbagai kasus penipuan dalam melamar pekerjaan baru-baru ini lagi marak di masyarakat, salah satunya adalah pelamar disuruh untuk mengirimkan foto bugilnya,

1 dari 3 halaman

Akun facebook bernama Siti Asiyah telah mengunggah potongan percakapan, yang mana ia diminta mengirimi foto telanjangnya agar dapat masuk kerja di salah satu pabrik di Kabupaten Serang oleh salah seorang oknum.

" Ditawarin kerja di Nikom** (salah-satu pabrik di kabupaten serang) tapi suruh photo telanjang," tulis Siti Asiyah

Dalam percakapan tersebut, pencari kerja diminta mengirim foto tubuhnya, dengan dalih untuk memeriksa calon pekerja mempunyai tato atau tidak.

" Ga ko cuma daratnya cek tubuh kamu aja takut kamu ada tato teteh gabisa bantu. Beneeer. Iya atuh kamunya mau kerja ga mumpung ga pake adm," ucap salah seorang dalam potongan percakapan WA yang di unggah.

 

2 dari 3 halaman

 

Selain itu, ada kasus penipuan lain seperti yang telah di ungkap oleh sebuah akun facebook bernama Neng Irma Putriiebungsue, ia mengunggah potongan obrolan via WhatsApp (WA) oleh seseorang yang menjanjikan pekerjaan kepadanya,

Dalam unggahan tersebut calon pekerja diminta uang dari Rp10jt hingga Rp25 juta, tergantung dari pengalaman calon pekerja.

" Buat masuk kerja pabrik di Serang Banten harus bayar segini, emang didalam'a mau resepsi," tulis akun Facebook Neng Irma Putriiebungsue 

Dalam postingan tersebut, ia juga menyantumkan persyaratan lain seperti jumlah pembayarannya seuai jenjang pendidikan

" Iya mba untuk lulusn S1 adm 10jt kali untuk pengalaman sewing,asmbling,sama cating adm 11jt kalo yang nonpengalaman 25jt buat pertengahan Maret. Kalo buat cowo nonpengalaman 25jt kalo yang pengalaman 20jt,"  Ungkapnya

3 dari 3 halaman

Penipuan Melamar Pekerjaan © Diadona

Meskipun, mencari pekerjaan akhir-akhir ini tergolong sulit. Baiknya kalian harus lebih teliti lagi dengan kasus penipuan macam ini, alih-alih beruntung akan mendapatkan pekerjaan, nanti malah jadi buntung. semoga kita semua bisa dihindarkan ya!

Beri Komentar