Asteroid Apollo Sebesar 52 Meter Dekati Bumi pada 15 Ramadan, Bahaya Nggak nih?

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 8 Mei 2020 11:31
Asteroid Apollo Sebesar 52 Meter Dekati Bumi pada 15 Ramadan, Bahaya Nggak nih?
Asteroid serupa pernah memporak-porandakan kota Chelyabinsk, Rusia. Sebanyak 1200 orang terluka.

Jika kita sering melihat film yang bertemakan luar angkasa, kita pasti sudah akrab dengan Asteroid. Sejenis Batu dari luar angkasa yang ukurannya lebih dari meteor. Yang mana jika jatuh ke Bumi, ya pasti menimbulkan kerusakan.

Nah, baru-baru ini sebuah asteroid dengan jenis 2016 HP6 sedang mendekati bumi. Asteroid ini akan melintas di sekitar Bumi pada Jumat 8 Mei yang bertepatan dengan 15 Ramadan.

1 dari 2 halaman

Dilansir dari liputan6.com, Asteroid tersebut di kategorikan sebagai asteroid Apollo. Sebuah Asteroid yang memiliki sumbu lebih besar dibandingkan dengan orbit bumi. Asteroid ini diperkirakan akan berukuran antara 23 hingga 52 meter.

Ternyata Asteroid Apollo ini berpotensi mengancam penduduk bumi loh. Apalagi jika meteor tersebut berjarak sangat dekat dengan bumi.

Asteroid 1 © Diadona

 

2 dari 2 halaman

Pada 15 Februari 2013, asteroid Apollo pernah memasuki atmosfer Bumi. Kala itu, ia meluncur dengan kecepatan 22 kilometer per detik dan mulai memporak-porandakan bangunan saat berada di ketinggian 45 kilometer di atas tanah kota Chelyabinsk, Rusia.

Tapi kali ini tidak perlu khawatir, ya. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasonal (Lapan), Asteroid 2016 HP6 memiliki jarak perpotongan orbit minimum sebesar 805 ribu kilometer terhadap orbit Bumi.

Yang mana, Asteroid ini tidak akan membahayakan Bumi karena melintas jauh, melebihi jarak Bumi-Bulan. Sama sekali tidak berdampak pada Bumi alias aman ya hehe

Beri Komentar