Apa Itu Twibbon? Apa Manfaat dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 9 Juli 2021 13:00
Apa Itu Twibbon? Apa Manfaat dan Bagaimana Cara Membuatnya?
Twibbon adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah bingkai foto yang dibuat dengan desain sedemikian rupa lengkap dengan elemen bentuk, gradasi, tulisan dan banyak elemen lainnya.

Jika kamu pernah melihat foto seseorang di dunia maya dengan bingkai berupa tuisan sebuah acara atau momen tertentu maka bisa diapstikan foto itu menggunakan Twibbon. Biasanya Twibbon ini digunakan untuk mempromosikan event, challenge, atau perlombaan tertentu. Ya kurang lebih begitu lah gambaran umum tentang Twibbon.

Tapi untuk lebih mengetahuinya lebih jauh dan detail, Diadona.id akan memberikan sedikit ulasan tentang apa sih Twibbon itu sebenarnya, apa manfaatnya, dan yang paling penting, bagaimana cara membuatnya. Yuk mari kita simak ulasan singkatnya.

1 dari 6 halaman

Twibbon Adalah

Pada dasarnya, Twibbon adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah bingkai foto yang dibuat dengan desain sedemikian rupa lengkap dengan elemen bentuk, gradasi, tulisan dan banyak elemen lainnya. Tujuan dari dibuatnya bingkai foto virtual ini adalah menarik banyak orang agar mengikuti kegiatan atau acara tertentu yang akan diselenggarakan.

Apa Itu Twibbon © Diadona

Singkatnya, penggunaan Twibbon ini ditunjukkan untuk mempromosikan atau juga bisa mendukung sebuah acara, yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Cara ini munngkin cukup efektif karen mudah sekali dilihat oleh seseorang melalui sosial media baik dari sebuah unggahan ataupun foto profil.

2 dari 6 halaman

Manfaat Twibbon

Apa Itu Twibbon © Diadona

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tujuan utama dari penggunaan Twibbon ini adalah mempromosikan atau mendukung sebuah acara tertentu. Hal ini bisa dijadikan pendukung dari sumber informasi inti sebuah acara seperti poster ataupun pamflet. Pastinya ini cukup efektif.

Berikut adalah beberapa manfaat Twibbon yang bisa kita gunakan:

1. Twibbon sebagai media promosi.
2. Sebagai media dukungan.
3. Digunakan untuk menciptakan desain poster.
4. Banner halaman facebook, instagram, twitter dan sebagainya.
5. Twibbon untuk menciptakan desain Pamflet yang keren

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Twibbon ini merupakan media promosi yang sifatnya pendukung. Meskipun demikian, penggunaannya masih cukup efektif loh hehe.

3 dari 6 halaman

Bagaimana Cara Membuat Twibbon?

Apa Itu Twibbon © Diadona

Sebenarnya ada banyak sekali cara membuat Twibbon. Namun kali ini, Diadona.id akan menuliskan beberapa cara yang mudah dan sederhana tentunya. Jadi nggak haru s membutuhkan kemampuan khusus untuk membuatnya, yang penting mau haha.

Menggunakan Twibbon.com

Jika menggunakan cara ini, yang kita butuhkan kali ini bukan aplikasi, tapi handphone atau PC dan jaringan internet yang lancar. Lebih jelasnya mari simak cara-caranya di bawah ini:

1. Pastikan koneksi internetmu sudah tersambung
2. Buka aplikasi Browser kemudian buka alamat website di https://twibbon.com/
3. Selanjutnya klik pada tombol Login dipojok kanan atas, lalu kita bisa login menggunakan Akun Facebook atau Google
4. Setelah melakukan Login klik Start Campaign
5. Maka selanjutnya kalian akan menujuke dalam formulir Campaign Details
6. Your Email isi dengan email kalian, Ceklist jika ingin mendapatkan notifikasi dari Twibbon.com, Twibbon Name Isi dengan nama twibbon kalian, Deskripsi: di isi dengan deskripsi kalian
7. Setelah semua terisi dengan benar, maka selanjutnya adalah klik I’am Happy, Continue
8. Selanjutnya kita akan diarahkan ke kotak Add File, kemudian pilih Foto atau Gambar
9. Jika sudah terupload maka kita bisa mengedit Twibbon sesuai dengan keinginan kita
10. Setelah itu kita bisa menyimpannya

4 dari 6 halaman

Menggunakan Twibbonize.com

Masih tidak membutuhkan aplikasi dan hanya menggunakan website, namun kali ini sedikit berbeda dengan cara sebelumnya. Berikut adalah beberapa langkah-langkahnya:

1. Pastikan HP ataupaun PC kita sudah terkoneski dengan internet. Lalu, buka aplikasi Browser kalian
Buka alamat website di https://twibbonize.com/
2. Kemudian pilih desain Twibbom yang ingin digunakan. Kita juga bisa menggunakan Kotak Search untuk mencari keyword Twibbon.
3. Selanjutnya tab pada desain twibbon yang ingin digunakan
4. Pilih Browser Image dan tunggu beberapa saat hingga proses uploadnya selesai.
5. Sesuaikan letak foto untuk desain twibbon berikut sampai terlihat pas.
6. Jika sudah sesuai klik pada Upload Foto.
7. Terakhir klik Download,pada icon kecil di pojok kiri atas.

Menggunakan Canva

Cara membuat twibbon menggunakan Canva ini memang berbeda dibandingkan dengan dua cara sebelumnya, karena kita bisa menggunkan aplikasi atau website dari Canva. Dan ini lah beberapa tutorial sederhananya:

1. Buka aplikasi Browser dan buka alamat website https://canva.com/
2. Selanjutnya lakukan Login dengan menggunakan akun google.
3. Lalu, pada halaman utama kalian akan melihat banyak pilihan fitur diantaranya, Banner, Instagram Post, Card dan lainnya.
4. Pilih salah satu dari pilihan di atas sesuai kebutuhan kita.
5. Maka berikutnya kita akan berada di dalam halaman custom desain.
6. Langkah selanjutnya adalah klik tombol Search, lalu Frame.
7. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan border frame yang bisa digunakan untuk membuat Twibbon.
8. Pilih salah satu, lalu kita bisa mengeditnya sendiri sesuai selera dan kebutuhan.
9. Klik tombol Text untuk menambahkan text, Background, dan tombol upload foto.
10. Dan terakhir klik Download di pojok kanan atas jika semuanya sudah selesai.

5 dari 6 halaman

Meskipun sangat gampang membuatnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat Twibbon agar menarik perhatian banyak orang. Nah berikut tips-tips yang bisa kita aplikasikan untuk membuat Twibbon yang menarik.

1. Gunakan 2-3 Campuran Elemen Warna

Memang, perpaduan warna yang mencolok bisa digunakan untuk memperkuat desain agar menarik banyak perhatian. Namun kita juga perlu memperhatikan komposisinya agar ngak terkesan terlalu rame.

Salah satunya adalah tidak mencampurkan elemen warna terlalu banyak. Hal ini tentu membuat akan menghasilkan desain yang simpel dan disukai. Caranya bisa dengan hanya mencampurkan 2-3 elemen warna saja.

2. Perbanyak Referensi Desain Twibbon 

Memiliki banyak referensi Twibbon dapat memunculkan ide dan memperkuatnya hasil orisinalitas desain twibbon kita loh. Adapun untuk mencari referensi Desain Twibbon sendiri anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi Seperti Canva dan Beberapa aplikasi desain grafis lainnya.

Selain itu keberadaan beberapa media sosial seperti pinterest, facebook dan Instagram juga dapat dimanfaatkan untuk mencari ide dari desain twibbon yang akan anda buat ini. Tentunya jika kita sudah memiliki banyak referensi kita akan menghasilkan desain Twibbon yang bagus.

Jadi itulah sedikit ulasan tentang apa itu Twibbon, apa manfaatnya dan bagaimana cara membuatnya. Semoga ulasan singkat nan sederhana bisa bermanfaat buat kita semua ya!

Beri Komentar