Anak 11 Tahun Ini Rela Tinggalkan Sekolah Demi Rawat Sang Ayah yang Lumpuh

Reporter : Riza Umami
Senin, 23 Agustus 2021 13:00
Anak 11 Tahun Ini Rela Tinggalkan Sekolah Demi Rawat Sang Ayah yang Lumpuh
Mulia sekali, nak.

Jalan hidup mungkin bisa menjadi begitu berat bagi sebagian orang, bahkan untuk mereka yang masih anak-anak di mana usianya masih belia. Seorang anak berikut ini pun harus menjalani kehidupan yang keras di umurnya yang masih 11 tahun.

Diketahui dari siaran GTV, anak yang berasal dari Malang, Jawa Timur, ini rela mengabdikan dirinya untuk merawat ayahnya yang lumpuh dan juga adiknya yang masih berusia empat tahun.

1 dari 5 halaman

Sang ibu telah meninggal dunia sehingga kini dirinya yang merawat ayah dan adiknya. Bahkan, anak laki-laki ini sampai rela meninggalkan bangku sekolahnya demi memberikan pelayanan yang terbaik untuk ayahnya tercinta.

Kisah Ilham © Diadona

2 dari 5 halaman

Anak yang bernama Ilham ini tinggal di sebuah rumah yang sangat sederhana bersama dengan ayahnya yang lumpuh dan juga adiknya di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Beban berat kehidupan tersebut harus dijalani oleh Ilham setelah keluarganya mengalami kecelakaan tunggal pada Desember 2020 lalu sewaktu bepergian. Kecelakaan mobil tunggal itu menyebabkan sang ibunda meninggal dunia dan ayahnya jadi lumpuh akibat luka parah di tulang dada.

3 dari 5 halaman

Kisah Ilham © Diadona

Hanya Ilham dan adiknya yang selamat dari kecelakaan tersebut. Sehari-harinya, Ilham melakukan berbagai pekerjaan rumah seperti mencuci piring, mencuci pakaian, memandikan, menyuapi adiknya, merawat ayahnya dan masih banyak lagi.

4 dari 5 halaman

Untuk bisa bertahan hidup dan mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarganya, Ilham pun harus mencari uang sendiri dengan cara berjualan mainan dan juga layang-layang.

Terkadang, Ilham bisa mendapatkan uang kurang lebih Rp10.000 dengan menjualkan mainan milik orang tersebut. Beruntung, banyak tetangga dan orang sekitar yang peduli kepada keluarga Ilham dan memberikan mereka bantuan.

5 dari 5 halaman

Video yang dibagikan oleh akun TikTok @officialinews ini tentu saja viral dalam waktu sebentar dan mendapatkan perhatian dari netizen. Banyak warganet yang memberikan pujian kepada Ilham atas sikap mulia yang dia lakukan untuk keluarganya.

Ilham berharap dia bisa kembali bersekolah dan ayahnya bisa mendapatkan peralatan medis atas sakit yang dialaminya tersebut sampai sembuh. Semoga Ilham dan keluarganya selalu dilancarkan rezekinya dan kelak ia menjadi orang yang sukses.

Beri Komentar