Aksi Ngerap Kapolresta Jayapura untuk Ajak Warga Waspada Corona, Young Lex Minggir Dulu!

Reporter : Firstyo M.D.
Minggu, 19 April 2020 19:14
Aksi Ngerap Kapolresta Jayapura untuk Ajak Warga Waspada Corona, Young Lex Minggir Dulu!
Cara unik Kapolresta Jayapura untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

Meski sudah lama tersebar, kewaspadaan terhadap bahaya virus corona agaknya harus tetap digaungkan ke masyarakat. Hal ini untuk membuat masyarakat semakin tersadar dan waspada terhadap kesehatan dirinya.

Di sini pemangku jabatan, sebagai orang yang punya pengaruh, memiliki tugas untuk menyampaikan pada masyarakat luas.

Baru-baru ini, cara unik dalam mengajak masyarakat untuk waspada terhadap virus corona dilakukan oleh Kapolresta Jayapura. Bukan dengan baliho atau pidato, dia sampaikan pesannya dalam bentuk rap!

1 dari 2 halaman

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Jayapura, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Gustav R. Ubinas mendadak jadi buah bibir di dunia maya. Penyebabnya adalah karena aksi unik yang dilakukannya saat ngerap.

Kapolresta Jayapura, AKBP Gustav R. Ubinas © Diadona

Aksi rap itu dilakukan oleh AKBP Gustav dalam sebuah video ajakan untuk di rumah saja yang diunggah oleh channel Youtube Humas Polres Jayapura Kota.

Dalam video berdurasi 5:10 itu, AKBP Gustav nggak cuma ngerap, tapi juga bermain peran. Ia diceritakan sedang memberi nasihat pada komika asal Papua, John Yewen untuk tenang di rumah selama corona.

Kapolresta Jayapura dan John Yewen © Diadona

" Terpaksa harus jaga jarak karena situasi. Rindu bisa lunas tapi tergantung kondisi. Ingat cuci tangan jangan sampai sakit. Juga pakai masker untuk lawan COVID. Kalau kau tenang di rumah juga ikut lawan corona. Cuci tangan, cuci kaki, ketemu bisa nanti," lantun AKBP Gustav dalam rima rap yang dinyanyikannya.

2 dari 2 halaman

Cara unik ini mendapat sambutan yang sangat positif dari masyarakat. Video berjudul 'Sa Pu Cinta Dilockdown' itu sudah mendapatkan lebih dari 30.000 view dengan 1.600an like.

Komentar positif pun banyak didapatkan.

" Mantap Polres Jayapura. Begini kan warga jadi tidak panik dan tetap waspada," tulis Roland Sinagi.

" Pak Kapolres tra kosong, salut pak buat rapnya!" tulis Bin Laden.

Ngerap seperti yang dilakukan AKBP Gustav hanya salah satu cara untuk menyebarkan awareness lewat jalur yang lebih ringan dan menghibur. Harapnnya, tentu selain terhibur, masyarakat jadi lebih paham dan waspada terhadap wabah yang sedang terjadi.

Salut Pak Kapolres!

Beri Komentar