5 Tempat yang Dipercaya Sebagai Istana Kerajaan Ghaib di Indonesia, Emang Ada ya?

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 22 Februari 2020 16:00
5 Tempat yang Dipercaya Sebagai Istana Kerajaan Ghaib di Indonesia, Emang Ada ya?
Jangan cuman tahu Sunda Empire aja kamu tuh hehe

Masyarakat Indonesia dan kepercayaanya terhadap hal ghaib adalah dua hal yang mustahil untuk dipidahkan. Salah satu mitos ghaib yang masih beredar luas di masyarakat adalah adanya tempat yang dipercaya sebagai istana kerajaan makhluk ghaib.

Cerita atau mitos tentang tempatyang dipercaya sebagai istana kerajaan ghaib masih diceritakan dari generasi ke generasi. Dikutip dari merdeka.com, inilah beberapa tempat yang dipercaya sebagai tempat kerajaan ghaib.

1 dari 5 halaman

Kerajaan Laut Selatan

Istana Kerajaan Ghaib © Diadona


Banyak masyarakat yang percaya bahwa laut selatan adalah wilayah kekuasaan dari Ratu Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul adalah puti dari Ratu Nilakendra yang merupakan permaisuri dari Prabu Siliwangi. Dulu ketika Pajajaran takluk oleh kesultanan Banten, Ia menolak untuk menyerah. Ia memilih lari dan menceburkan diri ke laut.

Konon Ratu Nilakendra tidak menyebur ke laut begitu saja, tepatnya, ia melakukan ritual moksa. Sebuah ritual yang dilakukan untuk menjadi manusia yang sempurna. Sang Ratu melakukan ritual tersebut dalam kondisi hamil. Hingga lahirlah putrinya yang bernama Nilamsari atau dikenal sebagai Nyi Roro Kidul yang menguasai laut selatan.

2 dari 5 halaman

Kerajaan Wentira

Istana Kerajaan Ghaib © Diadona


Menurut cerita, Wentira dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai kerajaan jin terbesar yang terletak di daerah kebun kopi di kawasan hutan belantara, di antara Kota Palu dan Kabupaten Mutong, Sulawesi Tengah.

Seseorang yang punya 'kelebihan', akan melihatnya sebagai sebuah kota dengan kehidupan yang berkembang dan modern seperti kota pada umumnya. Tetapi jika dilihat biasa, tempay ini ya hanya sebuah hutan yang sangat amat lebat.

3 dari 5 halaman

Pasar Bubrah Merapi

Istana Kerajaan Ghaib © Diadona


Gunung Merapi selalu menyimpan banyak misteri di dalamnya. Menurut cerita salah satu tempat yang dipercaya sebagai pusat kerajaan gaib gunung Merapi adalah Pasar Bubrah.

Masyarakat disekitar lereng Merapi percaya bahwa daerah bebatuan di dekat puncak merupakan pusat dari kerajaan ghaib gunung merapi. Kerajaan Gaib Gunung Merapi sendiri menurut kepercayaan setempat dipimpin oleh Eyang Merapi.

4 dari 5 halaman

Alas Purwo Banyuwangi

Istana Kerajaan Ghaib © Diadona


Legenda menyebutkan, jika kerajaan ghaib Alas Purwo ini adalah kerajaan yang telah ada sejak zaman dahulu, para raja-raja zaman dulu bersekutu dengan jin penghuni kerajaan ghaib ini untuk mendapatkan kesaktian dan kemakmuran.

Banyak juga yang percaya bahwa alas purwo adalah tempat berkumpulnya para jin. Selain itu, juga sebagai tempat yang digunakan orang untuk bersemedi untuk mendapatkan ilmu tertentu.

5 dari 5 halaman

Kerajaan Ghaib Pulomas

Istana Kerajaan Ghaib © Diadona


tempat yang terletak di Kampung Pulomas, Desa Centigi Sawah, Kabupaten Indramayu, ini memang terkenal dengan kisah mistisnya. Menurut kepercayaan warga sekitar, kerajaan ghaib Pulomas dibangun menggunakan emas murni.

Pulomas dipimpin oleh raja jin sakti bernama Raden Werdinata. Dalam menjalankan pemerintahannya ia didampingi oleh Mahapatih Jongkara dan Panglima Kalasrenggi. Raden Werdinata terkenal sebagai raja jin paling sakti di antara para jin penguasa alam ghaib.

Nah, meskipun belum fakta yang mendukung adanya kerjaan ghaib di tempat-tempat tersebut, masyarakat sekitar percaya bahwa tempat tempat tersebut, memang benar adanya. Tetap jaga kesopanan dan juga tetap waspada ya kalo berkunjung ke tempat tersebut.

Beri Komentar