5 Fakta Menarik film Inang, Usung Mitos Rabu Wekasan yang Wajib MAsuk List Tontonan Kamu!

Reporter : Arifina
Sabtu, 15 Oktober 2022 13:08
5 Fakta Menarik film Inang, Usung Mitos Rabu Wekasan yang Wajib MAsuk List Tontonan Kamu!
Sudah nonton belum kalian?

Film horor 'Inang' sudah tayang di bioskop sejak 13 Oktober 2022. Film yang mendapuk Naysilla Mirdad sebagai pemeran utamanya ini cukup menyita perhatian publik.

Genre horor yang diusung dalam film 'Inang' disebut-sebut menampilkan hal yang berbeda dibandingkan film horor lainnya di Tanah Air. Jika kebanyakan film horor mengangkat sosok hantu atau tempat mistis, 'Inang' hadir mengangkat mitos jawa yang cukup kental 'Rebo Wekasan'.

Berikut 5 fakta menarik film 'Inang' yang wajib masuk list tontonan kamu!

1 dari 5 halaman

1. Usung Mitos Rabu Wekasan

      View this post on Instagram      

A post shared by INANG | 13 Oktober 2022 di Bioskop (@filminang)

Hal menarik dari hadirnya film 'Inang' adalah cerita yang mnegusung mitos masyarakat jawa "Rabu Wekasan". Itu adalah hari Rabu terakhir di bulan safar, yang bagi masyarakat Jawa diyakini sebagai turunnya berbagai musibah dan petaka.

Untuk mencegah terjadinya musibah atau petaka, masyarakat Jawa biasanya menggelar ritual untuk menolak bala. Mitos ini menyebutkan, siapa saja yang melahirkan bayi di hari 'Rabu Wekasan' harus diruwat di hari itu juga untuk menghindari kesialan.

2 dari 5 halaman

2. Debut Film Kedua Naysilla Mirdad

Banyak membintangi sinetron dan FTV, Naysilla Mirdad kini mulai merambah dengan aktif ke dunia film. 'Inang' menjadi debut keduanya dalam perfilman di Tanah Air.

Sebelumnya, pada 2018 lalu dirinya didapuk sebagai pemeran utama dalam film berjudul Kasinem is Coming. Selain itu, Inang juga menjadi film horor pertama yang dibintangi oleh putri dari Lydia Kandou ini.

3 dari 5 halaman

3. Film Horor Pertama Fajar Nugros

Film Inang © Diadona

Nama sutradara Fajar Nugros sudah tak asing di telinga pecinta film Indonesia. Tapi, ini merupakan film horor pertama yang dibuatnya.

Ia mengaku tertantang menggarap film 'Inang'. Apalagi, genrenya jauh berbeda dengan film komedi yang biasa ia kerjakan.

4 dari 5 halaman

4. Debut Ibu dan Anak Pertama di Film

Film Inang © Diadona

Selain Naysilla Mirdad, sang ibu Lydia Kandou juga ikut bermain di film 'Inang'. Ini menjadi debut pertama mereka beradu akting bersama.

Main film bersama, ibu dan anak saling berdiskusi untuk mendapatkan akting terbaik.

5 dari 5 halaman

5. Pesan Mendalam di Film 'Inang'

Film besutan Fajar Nugros ini menceritakan tentang seorang perempuan yang berprofesi sebagai kasir supermarket bernama Wulan (Naysilla Mirdad). Ia ditinggal pacarnya setelah dirinya dihamili.

Namun, Wulan tetap berjuang seorang diri untuk membesarkan janin yang tengah dikandungnya. Ia pun melakukan berbagai cara agar anaknya dapat hidup, sekali pun cara tersebut merupakan sesuatu yang tidak dapat dibenarkan.

Beri Komentar