5 Cara Mengurangi Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-hari

Reporter : Yoyok
Selasa, 21 Januari 2020 20:33
5 Cara Mengurangi Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-hari
Sampah plastik merupakan salah satu masalah bagi bumi ini.

Sampah plastik sudah menjadi bencana bagi bumi yang kita tinggali ini. Menurut penelitian, terdapat jutaan ton sampah plastik di lautan setiap tahunnya. Dikatakan bencana karena sampah plastik dapat menimbulkan berbagai masalah alam.

Contohnya seperti banjir. Banjir sering kali disebabkan oleh saluran air yang tersumbat oleh sampah, terutama sampah plastik. Tidak hanya itu, sampah plastik juga bisa mencemarkan air yang membuat air tersebut beracun.

Salah satu cara mengatasi sampah plastik yaitu dengan mengurangi penggunaan plastik. berikut adalah 5 cara mengurangi sampah plastik di kehidupan sehari-hari.

1 dari 5 halaman

Membawa Botol Minuman Sendiri

Membawa botol minuman sendiri kemanapun kamu pergi dapat membuat kamu untuk tidak membeli minuman dalam botol atau gelas plastik. Selain itu, hal ini juga dapat menghemat pengeluaran kamu dalam berativitas.

2 dari 5 halaman

Mengurangi Penggunaan Sedotan

Saat ini sedotan plastik sudah mulai dikurangi oleh sebagian restoran atau kafe. Kamu bisa menggunakan sedotan kertas yang mudah di daur ulang atau sedotan logam untuk menggantikan sedotan plastik.

3 dari 5 halaman

Membawa Kantong Belanja Sendiri

Cara mengurangi sampah plastik selanjutnya yaitu dengan membawa kantong belanja sendiri. Jika kamu membawa kantong belanja sendiri, maka kamu tidak memerlukan kantong plastik saat berbelanja di pasar atau supermarket.

4 dari 5 halaman

Mengurangi Penggunaan Tisu Basah

Tisu basah terbuat dari resin plastik, maka dari itu tisu basah berbeda dengan tisu biasa yang bisa larut dalam air. Untuk menggantikan tisu basah, kamu bisa memakai lap kain atau membasahi tisu kering.

5 dari 5 halaman

Daur Ulang

Jika di rumah kamu terdapat sampah plastik yang menumpuk, mungkin beberapa sampah tersebut bisa kamu daur ulang biar tidak dibuang percuma. Kamu bisa memanfaatkan botol plastik sebagai pot bunga. Tidak hanya botol plastik, masih banyak lagi sampah plastik yang bisa kamu daur ulang.

Beri Komentar