40 Kata-Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran, Penuh Pesan Positif dan Sejukkan Hati

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 30 Juni 2021 13:00
40 Kata-Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran, Penuh Pesan Positif dan Sejukkan Hati
Kata-kata mutiara Islam tentang kesabaran ini bisa menjadi motivasi sekaligus pengingat buat kita jika hal-hal baik selalu bersama orang yang sabar.

Hidup di dunia pasti tidak lepas dari yang namanya masalah, baik itu berat ataupun ringan. Tak jarang, pilihan kita untuk menghadapi hal tersebut adalah bersabar. Oleh sebab itu kita mungkin membutuhkan kata-kata mutiara Islam tentang kesabaran.

Kata-kata mutiara Islam tentang kesabaran ini bisa menjadi motivasi sekaligus pengingat buat kita jika hal-hal baik selalu bersama orang yang sabar. Selain itu, kumpulan kata-kata ini juga bisa menjadi sumber semangat dan kekuatan.

Kata-kata mutiara Islam tentang kesabaran ini juga bisa kita bagikan kepada orang terdekat kita untuk selalu lebih bersyukur dan menikmati hidup dan mengurangi mengeluh. Diadona.id telah merangkum kumpulan kata-kata tersebut dari berbagai sumber. Tentu ini bisa kita jadikan referensi ketika membutuhkannya.

Yuk kita simak bareng-bareng kumpulan kata-katanya.

1 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran

Kata-Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran © Diadona

1. “ Kesabaran adalah kunci masuk untuk semua kenikmatan yang bertahan lama”

2. “ Masalah silih berganti, solusinya selalu sama : sabar, ikhlas & tawakal”

3. “ Orang yang sabar bukan berarti orang yang tak akan pernah marah. Mereka hanya sebagian orang yang masih bisa tetap diam saat melihat masalah.”

4. “ Batas kesabaran paling tinggi adalah ketika kamu sadar bahwa sabar tak lagi menyelesaikan masalah.”

5. “ Orang yang sabar dan ikhlas akan menelusuri setiap relung masalah untuk mencari segala bentuk hikmah sbagai bahan refleksi dan evaluasi diri.”

6. “ Setiap pekerjaan ada resikonya, setiap kesuksesan pun juga ada resikonya. sabar dan ikhlas dapat mengubah resiko jadi lebih indah”

7. “ Jangan selesaikan masalah dengan mengeluh, berkeluh kesah dan marah-marah. selesaikan saja dengan sabar, syukur dan jangan lupa tersenyum.”

8. “ Setiap musibah mengandung permata yang berharga, tapi hanya orang-orang bersabarlah yang berhak mendapatkannya.”

9. “ Terkadang bersabar itu memang membosankan, tapi dibalik kesabaran itu tersimpan benih-benih kebijaksanaan.”

10. “ Masalah bukan untuk dihadapi dengan kasar, tetapi disikapi dengan sabar”

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran

Kata-Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran © Diadona

11. " Allah tidak pernah mengatakan bahwa jalan hidup akan mudah. Tapi, Dia mengatakan 'Aku akan bersama dengan mereka yang mau bersabar'."

12. " Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)." (Q.S al-A’raf: 126)

13. " Maka bersabarlah kamu dengan sabar yang baik." (Q.S Al-Ma`arij: 5)

14. " Sesungguhnya kesabaran yang sebenarnya adalah pada saat goncangan yang pertama." (HR. Bukhari)

15. " Dan kami jadikan sebagian kamu sebagai cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kamu bersabar?" (Q.S al-Furqan : 20)

16. " Kesabaran adalah ketika hati tidak merasa marah terhadap apa yang sudah ditakdirkan dan mulut tidak mengeluh." – Ibnu Qayyim

17. " Dua hal yang dapat menggambarkan kamu, yakni kesabaranmu saat kamu tidak memiliki apa-apa dan sikap kamu saat memiliki segalanya."

18. " Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian, namun penuh dengan harapan."

19. " Bersabarlah saat menghadapi rintangan, sebab tiada kesuksesan yang diraih tanpa kesabaran."

20. " Sejak kita menginginkan kebahagiaan dan kesuksesan, sejak itu pula kesabaran menjadi kewajiban kita."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran

Kata-Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran © Diadona

21. " Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi, sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

22. " Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, sekolahnya seumur hidup."

23. " Musibah bagaikan air keruh, makin kau aduk, makin keruh. Bersabarlah karena sebentar lagi dia akan menjadi jernih."

24. " Setiap orang yang bersabar adalah orang-orang yang lulus dari ujian kehidupan. Ujian pasti datang dan kesabaran kita menentukan kualitas nilai kita saat ujian itu datang."

25. " Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

26. " Kebahagiaan itu hanyalah pantas didapatkan bagi orang-orang yang mampu menunggu kebahagiaan itu datang dengan sabar dan lapang dada."

27. " Sabar adalah sikap yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Seberat apa pun, akan lebih mudah diselesaikan dengan kesabaran."

28. " Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau inginkan dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau inginkan." - Ali bin Abi Thalib

29. " Kesabaran adalah akhlak mulia, yang dengannya setiap orang dapat menghalau segala rintangan." - Imam Syafi'i

30. " Untuk mendapatkan apa yang kau inginkan, kau harus rela bersabar pada apa yang kau benci." - Imam Ghazali

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Islam Tentang Kesabaran

31. “ Kami tidak melihat sesuatu yang lebih bermanfaat untuk menyembuhkan segala sesuatu selain sabar. “ – Hasan Al-Bashri

32. “ Teguklah kesabaran. Jika kesabaran membunuhmu maka dia membunuhmu dalam keadaan dirimu mati syahid. Dan jika kesabaran itu membuatmu tetap hidup maka dia membuatmu tetap hidup dalam keadaan mulia.” – Ibnu Qayyim

33. “ Mayoritas fitnah yang terjadi, di antara sebab terbesar munculnya adalah berkurangnya sifat sabar.” – Ibnu Taimiyah

34. “ Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan.” (HR. Tirmidzi)

35. “ Sesungguhnya kesabaran yang sebenarnya adalah pada saat goncangan yang pertama.” (HR. Bukhari)

36. “ Imbalan atas kesabaran adalah keberhasilan yang nyata”

37. “ Percayalah, bahwa buah hasil dari kesabaran adalah kebahagiaan yang tiada terputus”

38. “ Kamu yang bukan apa-apa di dunia akan menjadi terhormat dengan adanya hati yang ikhlas dan sabar”

39. “ Sejatinya bersabar tak membuatmu menjadi rendah, malah akan membuatmu menjadi lebih dewasa”

40. " Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran." - Ibnu Taimiyah

Jadi itulah beberapa kata-kata mutiara Islam tentang kesabaran yang penuh pesan positif serta menyejukkan hati. Semoga kumpulan kata-kata ini bisa bermanfaat buat kita semua ya!

Beri Komentar