18 Nama Asli Artis ini Unik Banget dan Beda Jauh dari Nama Panggungnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 15 September 2020 14:48
18 Nama Asli Artis ini Unik Banget dan Beda Jauh dari Nama Panggungnya
Coba deh tebak siapa nama asli dari Ki Joko Bodo

Semua orang yakin kalau nama asli atau pemberian orang tua adalah wujud dari doa dan harapan kepada sang anak. Tapi ada juga lho beberapa orang yang mengganti nama lahir mereka dengan nama yang lain.

Tentu bukan bermaksud tak menyukai nama asli yang dimiliki artis tersebut, tapi ketika sudah terjun dalam dunia Entertaintment, contohnya, nama panggung sedikit banyak menetukan rezeki dan peruntungan. Mungkin sih biar lebih dikenal dan sesuai dengan citra yang dibawakan publik figur tersebut.

Dan artis-artis berikut ternyata punya nama asli yang unik serta beda jauh banget dari nama panggungnya. Siapa aja nih?

1 dari 18 halaman

Anya Gerandine – Nur Amalina Hidayati

Anya Geraldine © Diadona

Kalau ini sih kalian pasti udah tahu kan? Nama asli anya Geraldine adalah Nur Amalina Hidayati yang pernah tak sengaja terkuak dari paspor miliknya beberapa waktu yang lalu. Beda jauh dengan nama panggungnya kan?

Meskipun banyak netizen yang mengejek, tapi selebgram cantik ini nyatanya cuek aja tuh. Dan nggak menutup kemungkinan kalau mungkin nama Anya Geraldine-lah yang membuat selebgram seksi ini makin dikenal publik

2 dari 18 halaman

Charly Van Houten – Muhammad Casmali Parli

Potret Dulu dan Sekarang Charly Van Houten © Diadona

Berbagai sumber menyebut bahwa nama asli vokalis Setia Band ini adalah Muhammad Casmali Parli. Nama van Houten sendiri diakuinya diambil dari nama Bartje van Houten, musisi senior tanah air.. Kebetulan, Bartje memiliki kedekatan dengan ayah Charly. Charly pun meminjam nama van Houten untuk menghormatinya.

Foto Ijazah Charly Van Houten © Diadona

Tapi beberapa waktu yang lalu terkuak kalau sebenarnya Van Houten tak jauh beda dengan nama asli vokalis berukur 40 tahun ini.

Sebuah akun instagram pernah memposting foto ijazah yang diduga milik Charly. Ijazah tersebut awalnya beredar sebagai berkas kelengkapan dan persyarat untuk maju menjadi anggota legistatif Pemilu 2019. Sosok dalam foto ijazah tersebut mirip banget dengan Charly, pun memiliki tanggal lahir yang sama. Dan tahu nggak sih, nama yang tertulis dalam ijazah tersebut adalah M. Carli Panhoten.

3 dari 18 halaman

Deddy Corbuzier - Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo

Deddy Corbuzier © Diadona

Pesulap yang kini jadi youtuber ini lahir dengan nama Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo. Meski tak membuang nama ‘Deddy’ untuk nama panggungnya, tapi kira-kira dari mana ya ayah dari Azka ini terinspirasi menggunakan nama ‘Corbuzier’?

4 dari 18 halaman

Ki Joko Bodo - Agung Yulianto

Ki Joko Bodo © Diadona

Masih ingat dengan sosok paranormal yang dulu identik dengan rambut gondrong dan jubah putih ini? Ki joko Bodo ternyata paranormal yang dikenal di Asia lho!

Dan ternyata nama asli dari Ki Joko Bodo adalah Agung Yulianto. Saat ini beliau sudha nggak lagi berhubungan dengan hal-hal yang mistis dan menyekutukan Tuhan. Semua ilmu dan mantra sakti yang dulunya kerap digunakan, kini sudah dia tinggalkan. Pun koleksi yang berhubungan dnegan hal-hal mistis seperti lukisan dan keris juga dihilangkan.

Agung Yulianto kini berpenampilan beda banget dengan menyukur bersih rambut gondong, kumis serta janggutnya. Untuk menafkahi dirinya dan keluarga, dia sekarang bekerja sebagai pemandu wisata. Wah, salut deh!

5 dari 18 halaman

Mulan Jameela - Raden Terry Tantri Wulansari

Mulan Jameela © Diadona

Sebelum menjadi bagian dari grup Duo Ratu bersama Maia Estianty, istri dari Ahmad Dhani ini berprofesi sebagai penyanyi cafe dengan nama asli yakni Raden Terry Tantri Wulansari. Mulan kemudian direkrut menjadi vokalis dengan nama Mulan Kwok. Kisruh terjadi, Mulan meninggalkan managemen Ratu dan berganti nama menjadi Mulan Jameela.

6 dari 18 halaman

Pasha - Sigit Purnomo Syamsuddin Said

Pasha Ungu © Diadona

Kalau mendnegar nama Sigit Purnomo Syansuddin Said, mungkin kamu harus pikir-pikir dulu, wah siapakah dia? Nah, kalau nama Pasha?

Yup, nama asli dari Pasha ungu adalah Sigit Purnomo Syamsuddin Said

Sebelum menjaid Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah, Pasha dikenal sebagai vokalis grup band Ungu. Lagu dan band ini kian tersohor dan krap jadi soundtrack beberapa sinetron dan FTV.

Dikutip dari Sulteng Raya, nama Pasha sebenarnya merupakan nama mantan drummer band Ungu yang saat itu suah keluar ketika dirinya direkrut menjadi vokalis. Karena wajah keduanya yang mirip, akhinya dirinya dipanggil dengan sebutan Pasha.

7 dari 18 halaman

Chrisye - Krisman Rahardi

Chrisye © Diadona

Legenda musik Tanah Air, Crissye, lahir dengan nama Christian Rahadi. Crissye meninggal dunia pada tahun 2007 lalu di umur 57 tahun. Banyak kisah menarik dalam perjalanan hidupnya sebagai seorang musisi, termasuk kisah cintanya dengan sang istri yang telah menyusulnya pada awal 2020 lalu. Yang paling menggunggah, tentang gimana Chrissye tetap menjadi tulang punggung keluarganya walau sudah tiada dari royalti karya-karyanya.

8 dari 18 halaman

Winky Wiryawan - Nurayendra Irwindo

 Winky Wiryawan © Diadona

Winky Wiryawan ternyata punya nama asli yang tak kalah keren, yakni Nurayendra Irwindo. Winky awalnya adalah seorang DJ kenamaan dan sering disarap dengan nama DJ Winky. Setelah sukses jadi DJ, Winky menjajal ke dunia iklan yang kemudian membuatnya mendapat tawaran main di film berjudul Jelangkung (2001)

9 dari 18 halaman

Dea Imut - Claudia Annisa

 Dea Annisa © Diadona

Seiring dewasa, nama Dea Imut yang telah melekat mengiringi karirnya sejak kecil, berganti menjadi Dea Annissa. Nama Annisa sendiri berasal dari nama asli artis 24 tahun tersebut, yakni Claudia Annisa. Nah, nama ‘Imut’ sendir dia peroleh saat bergabung dengan Tiga Bocah Imut, sebuah kelompok musik anak-anak.

Saat ini Dea Annisa kerap wara-wiri berakting di berbagai sinetron.

10 dari 18 halaman

Amara Lingua – Tuwuh Adijatitesih Amaranggana

Amara Lingua © Diadona

Artis cantik ini punya nama asli yang tak kalah cantik yakni Tuwuh Adijatitesih Amaranggana. Sedangkan nama Lingua adalah nama grup vokal ‘Lingua’, yang pernah membesarkan namanya. Selain amara, trio ini beranggotakan Arie Widiawan dan Frans Mohede yang kemudian menjadi suaminya.

Frans dan Amara sebenarnya adalah teman masa kecil, yang kemudian saling jatuh cinta. Sayangnya, hubungan mereka nggak mendapat restu dari orang tua Amara karena beda agama. Keduanya menikah di Hongkong pada 1999 lalu dan mendapatkan anak pertama mereka setelah emapt tahun menikah.

11 dari 18 halaman

Tia Ivanka - Artia Dewi Siregar

Tia Ivanka © Diadona

Apakah kamu masih ingat dengan wajah cantik pemeran Mbak Yul ini? Nama asli Tia Ivanka adalah Artia Dewi Siregar. Setelah lama tak muncul, Tia Ivanka kini memutuskan buat berjilbab dan mendalami agama Islam. Tia bahkan nggak memamerkan wajahnya di instagra, dan tak ada lagi foto-foto lawasnya. Akun instagram miliknya hanya dipenuhi ungganan bernuansa islami.

12 dari 18 halaman

Inul Daratista - Ainur Rokhimah

Kayak Singa, Inul Daratista Bagikan Foto Belasan Tahun Lalu Bareng Krisdayanti yang Lagi Nyayi Baren © Diadona

Inul Daratista punya nama asli yakni Ainur Rokhimah dan awalnya beken banget gara-gara aksi goyang ngebornya yang fenomenal itu. Goyangan yang heboh itu memang dia yang meramunya ,tapi tahu nggak sih kalau nama ‘ngebor’ sendiri berasal dari Eko Patrio dan Tika Panggabean yang heran dengan aksi joged istri Adam Suseno tersebut

13 dari 18 halaman

Sania - Siti Tuti Susilawati Sutisna

Sania © Diadona

Sania yang sebagai penyanyi R&B ini punya nama asli Siti Tuti Susilawati Sutisna. Saat mengawani karier di beberapa festival musik rock, Sania menggunakan nama panggung Tuttie Gretha, yang diberikan oleh alm. Denny Sabri, manager almh. Nike Ardila. Lalu Tuttie bergabung dengan grup Tutti Frutti, kali ini dengan nama Tuttie Tzania. Kemungkinan dari situlah kemudian nama Sania berasal.

 

14 dari 18 halaman

Dorce Gamalama - Dedi Yuliardi Ashadi

 

Dorce Gamalama © Diadona

Bukan rahasia publik lagi kalau artis yang dikenal dengan nama Bunda Dorce ini, lahir sebagai laki-laki. Dorce memiliki nama asli Dedi Yuliardi Ashadi, merupakan sosok transgender yang sangat terkenal di dunia hiburan indonesia.

Sejak SMP, dia udah tertarik menjadi penyanyi. Saat itulah dia mendapatkan nama panggilan sebaai Dorce Ashadi dari Myrna, pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls. Dorce kemudian memutuskan buat melalukan operasi kelamin menjadi seorang wanita. Dan nama Gamalaman sendiri dia adopsi dari sebuah gunung berapi di Ternate, Gamalama.

15 dari 18 halaman

Evie Tamala - Cucu Suryaningsih

Evie Tamala © Diadona

Penyanyi dangdut legenda ini punya nama asli yang beda jauh dari nama panggungnya, yakni Cucu Suryaningsih. Jauh banget kan?

Nggak banyak yang tahu nih darimana nama ‘Evie’ berasala. Tapi, nama ‘Tamala’ konon diambil dari tempat di mana Evie berasal, yakni Tasikmalaya. Wah, nyambung juga ya!

16 dari 18 halaman

Memes - Meidyana Maemunah

Nama Asli Memes © Diadona

Penyanyi sekaligus istri dari komposer Addie M.S ini sebenarnya punya nama asli Meidyana Maemunah. Nama ‘Memes’ katanya berasal dari kata ‘Meije’ yang dalam bahasa Belanda artinya ‘Anak Perempuan’. Tapi ada pula yang menyangkut pautkan nama tersebut dengan nama sang suami.

17 dari 18 halaman

Dik Doang - Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denda Kusuma

Dik Doang © Diadona

Dik Doang dikenal publik sebagai penyanyi sekaligus presenter ternyata punya nama asli yang panjang dan keren, yaitu Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denda Kusuma. Lama tak muncul di dunia hiburan, Dik Doang kini sedang fokus mengisi berbagai acar keagamaan dengan berdakwah dan mengurus yayasan miliknya yang diperuntukkan bagi anak-anak kurang mampu.

18 dari 18 halaman

Ian Kasela – Samijan

Ian Kasela © Diadona

Siapa sih yang nggak tahu vokalis satu ini? Ian Kasela dikenal dengan ciri khas berupa kaca mata hitam. Karena udah jadi trade marknya, konon Ian punya ratusan kacamata hitam dengan harga bervariasi.

Tapi tahu nggak sih siapa nama asli Ian Kasela? Nama aslinya adalah Samijan, Dan tahu nggak sih nama ‘Kasela’ sebenarnya merupakan singkatan dari tempat tinggalnya, yaitu Kalimantan Selatan. Kreatif banget ya!

Coba deh kalau kamu jadi artis, siapa nama pangung kamu berdasarkan singkatan nama daerah tempat tinggalmu.

Beri Komentar