10 Bulan Sejak Kepergian Ashraf Sinclair, Bunga Citra Lestari Ceritakan Proses Pemulihan Dirinya

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 23 Desember 2020 21:47
10 Bulan Sejak Kepergian Ashraf Sinclair, Bunga Citra Lestari Ceritakan Proses Pemulihan Dirinya
Kisah BCL di awal masa kepergian sang suami.

Tanggal 18 Februari 2020 jadi hari yang murung untuk Bunga Citra Lestari atau yang akrab disapa BCL. Pasalnya, di hari tersebut ia kehilangan sang suami, Ashraf Sinclair, untuk selama-lamanya.

Kepergian mendadak Ashraf terjadi lantaran serangan jantung yang dialaminya di waktu menjelang subuh, waktu di mana BCL baru saja tiba di rumah selepas menjadi juri 'Indonesian Idol'.

Sepuluh bulan berlalu sejak hari kelam tersebut, BCL akhirnya kembali bertemu dengan rekan-rekan semasa menjadi juri Indonesian Idol.

"Ini pertama kali kita semua ketemu sama Unge," ujar Maia Estianty dalam video yang diunggah di kanal YouTube-nya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bunga Citra Lestari (@bclsinclair)

1 dari 4 halaman

Butuh Waktu

Semenjak kepergian Ashraf, BCL memang seolah menarik diri dari dunia hiburan. Ia bahkan tak lagi ambil peran sebagai juri di 'Indonesian Idol'.

Menurutnya, hal itu terjadi karena ia merasa perlu istirahat. Selain karena situasi pandemi, beratnya masa awal kehilangan Ashraf masih sangat terasa olehnya.

" I think the first few months, yang penting bisa nafas aja gitu (sudah bagus),"

" Dari bisa nafas, sampai bisa ngomong, sampai bisa ketemu orang, lama sih," lanjutnya.

2 dari 4 halaman

Masa Sulit di Awal

Sejatinya di awal kepergian Ashraf, BCL masih sempat menjalankan pekerjaannya sebagai seorang entertainer sebab masih ada beberapa kontrak yang perlu diselesaikan.

" Aku sebenernya pas berapa hari itu udah nyanyi kan. Terus di Idol. Sepuluh hari aku langsung nyanyi," tutur BCL. Meski demikian, BCL menyebut bahwa performanya hanya sekedar menunaikan tugas. Tak ada rasa di dalam penampilannya kala itu.

" Itu memang kayak robot aja sih," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Lakukan Terapi

Untuk mengembalikan kondisi psikologisnya, BCL mengatakan bahwa ia sempat melakukan terapi.

" Dari awal itu kayak terapi gitu lho. Langsung berkonsultasi untuk self healing dari day one," ujar BCL. Sejak terapi itu lah emosi yang sebelumnya sulit untuk dilepaskan bisa terbebas.

" Habis itu yaudah, nangis-nangis tiap hari. Masih sih (sampai sekarang) cuma udah bisa berfungsi. Dulu itu nggak bisa berfungsi," ungkap BCL.

4 dari 4 halaman

Butuh waktu yang tak sebentar untuk akhirnya BCL bisa kembali ke aktivitas lamanya sebagai seorang penyanyi.

" Lima enam bulan lah, baru bisa melakukan sesuatu," ujar BCL.

Comeback BCL ditandai dengan rilisnya lagu '12 Tahun Terindah' yang ia dedikasikan untuk mendiang Ashraf Sinclair. Lirik dari lagu itu ditulis sendiri oleh BCL sehingga membuat isi lagu jadi terasa lebih dalam.

Beri Komentar