Penelitian : Punya Banyak Teman Wanita di Tempat Kerja, Bikin Cepat Naik Jabatan

Reporter : Mila
Selasa, 14 Juli 2020 14:57
Penelitian : Punya Banyak Teman Wanita di Tempat Kerja, Bikin Cepat Naik Jabatan
Kesempatan untuk naik jabatan makin besar nih!

Siapa sih yang gak mau punya jabatan yang tinggi? Sayangnya, untuk beberapa orang hal ini tidak bisa didapatkan dengan cepat dan instant.

Eits tapi gak perlu khawatir, kamu bisa kok memperbesar kesempatanmu untuk naik jabatan dengan tips mudah di bawah ini!

1 dari 3 halaman

Apa Kata Para Peneliti?

Punya Banyak Teman Wanita di Kantor Bikin Cepat Naik Jabatan © Diadona

Semua ini berawal dari penelitian dari University of Notre Dame dan Northwestern University menemukan bahwa 75% wanita yang punya jabatan tinggi di tempat kerjanya tercatat punya circle pertemanan yang didominasi sesama wanita.

Tak hanya itu, mereka juga punya rata-rata 2-3 rekan wanita yang berinteraksi secara rutin dalam jaringan bisnis.

2 dari 3 halaman

Penelitian ini berdasarkan analisis terhadap 700 alumni sekolah bisnis papan atas di AS. Chawla dan tim penelitinya melakukan analisis terhadap jaringan pertemanan dan bisnis, mulai dari jumlah kolega yang dimiliki, pola komunikasi, sampai komposisi gender di circle pertemanan.

Punya Banyak Teman Wanita di Kantor Bikin Cepat Naik Jabatan © Diadona

Hasil analisis menunjukkan, wanita yang ada dalam circle sesama wanita memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih besar dalam menempati jabatan tinggi di tempat kerja. Hal ini karena wanita lebih mudah memperoleh informasi khusus wanita dalam hal pekerjaan, mulai dari berbagi informasi loker sampai cara negosiasi bisnis.

Terkadang informasi semacam ini yang gak bisa diseragamkan untuk pria dan wanita, sehingga para wanita menginginkan masukan yang spesifik dari sesamanya.

 

3 dari 3 halaman

Berbeda dengan wanita, pria perlu meningkatkan jaringan bisnis seluas-luasnya tanpa melihat gender, untuk dapat jabatan yang lebih tinggi.

" Walau kedua gender sama-sama dapat menggali manfaat dari networking yang luas, hanya wanitalah yang polanya cukup spesifik. Komposisi gender yang ada di dalam jaringan bisnisnya mampu memprediksi jenjang karir para wanita secara signifikan," ujar Nitesh V. Chawla, profesor Computer Science and Engineering dari University of Notre Dame.

Masuk akal juga ya? Yuk, mulai sekarang perbanyak rekan wanita biar cepet naik jabatan, hehe.

Beri Komentar