Penelitian: Orang Introvert Punya Potensi Jadi Pemimpin yang Baik, kok Bisa?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 18 Juni 2020 11:15
Penelitian: Orang Introvert Punya Potensi Jadi Pemimpin yang Baik, kok Bisa?
Eits, jangan remehin orang introverts ya..

Sebagian besar pimpinan tim atau perusahaan merupakan seorang ekstrovert. Hal ini tentu aja terasa masuk akal mengingat mereka merupakan sosok yang dominan, percaya diri, persuasif, bahkan ekspresif.

Tapi ternyata, orang introvert justru berpotensi jadi pemimpin yang baik lho. Susan Cain, penulis buku Quiet menyampaikan bahwa sebenarnya seorang introvert punya kekuatan yang sedikit lebih unggul daripada ekstrovert.

Nah, kira-kira apa aja, simak selengkapnya..

1 dari 3 halaman

1. Rendah Hati dan Menginspirasi Orang Lain

Ilustrasi Meeting © Diadona

Sebagai pemimpin, kerendahan hati seorang introvert berkaitan dengan keinginan untuk melayani orang lain. Sikap semacam ini seringkali membuat karyawan lebih merasa dihargai dan membuatnya menjadi lebih segan pada atasan.

2. Mampu Membuat Koneksi yang Berkualitas

Sosok pemimpin yang introvert mungkin akan lebih berhati-hati saat berhadapan dengan orang baru. Tapi manakala mereka bisa menjalin relasi, mereka lebih suka hubungan tersebut memiliki nilai kualitas daripada sekadar kuantitas pertemuan.

2 dari 3 halaman

3. Memahami Orang Lain dengan Lebih Baik

Ilustrasi Bos dan Karyawan © Diadona

Seorang pemimpin yang cenderung introvert, mungkin akan lebih banyak diam dan mengamati apa saja yang sedang terjadi. Tapi justru dari situlah, pemimpin ini lebih bisa memahami orang lain dengan lebih baik.

4. Memiliki Pengendalian Diri yang Baik

Memiliki pemimpin yang tergolong introvert biasanya akan membuat suasana akan terasa lebih tenang dan jarang timbul emosi yang meledak-ledak. Pengendalian diri yang baik dari seorang pimpinan akan melahirkan keputusan-keputusan yang lebih rasional dan terkendali.

3 dari 3 halaman

5. Terbuka dan Mau Mendengarkan

Ilustrasi Bos dan Karyawan © Diadona

Pemimpin yang introvert biasanya akan selektif memilih anggota tim yang akan dibawahinya. Dengan memahami tipe-tipe karyawan yang sesuai dengan keinginannya, pemimpin tersebut akan lebih terbuka untuk menerima masukan dari anak buahnya. Kerjasama yang baik inilah akan membuat pekerjaan bisa berjalan secara efektif.


Seorang introvert mungkin agak susah jadi pemimpin. Tapi jika mereka mendapat dukungan untuk mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan kepemimpinannya, maka seorang introverts dijamin bakal jadi pemimpin yang baik.

Beri Komentar