Sukses di Game Online, Pria ini Raih Omzet Ratusan Juta Hingga Milyaran Rupiah!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 11 November 2022 16:20
Sukses di Game Online, Pria ini Raih Omzet Ratusan Juta Hingga Milyaran Rupiah!
Di usianya yang masih belia, Mars van Leunheuwk meraup omzet hingga milayaran rupiah per bulan dari gim online serta jasa teknologi dan digital lainnya.

Siapa bilang pecinta game online hanya menghabiskan waktu dan uang lalu tak bisa berpenghasilan dari apa yang dilakukannya? Jati Kisworo atau Mars van Leunheuwk membuktikannya.

Saat ini dari bisnis game online dan jasa teknologi yang dia miliki, lelaki lulusan Universitas Bunda Mulia Jakarta tersebut mampu meraup omzet hingga milyaran rupiah tiap bulan. Bisnisnya beragam namun masih dalam putaran produk dan jasa digital. 

Di Marspedia, dia adalah professional IT. Disebut demikian karena Mars merupakan seorang ethical hacker,  seorang cyber ​​security expert dan juga penetration tester dengan pengalaman ahli selama bertahun-tahun.

Mars juga merupakan seorang web designerfront-end developer. Mars menyebut telah ratusan situs dibuatnya, baik untuk binis, organisasi dan juga individu. Prinsipnya adalah menghadirkan fungsi dan estetika dengan desain modern dan praktik terbaik saat ini.

Marspedia menyediakan jasa profesional seputar teknologi mulai dari pembuatan automatisasi BOT, pembuatan aplikasi custome, website dan juga digital marketing. Tak ketinggalan pula jasa top up all games online. Sementara itu dia juga punya bisnis yang udah sangat dikenal yakni JokiMars. Mars menyediakan jasa joki game online yang membawahi lebih dari 100 orang anggota dengan skill tak sembarangan.

Putaran uangnya pun tak sembarangan. Perusahaan riset dari Jerman, Statista, menyebut bahwa di tahun 2022 ini uang yang berputar di bisnis game online di Indonesia berkisar US$ 287.50 juta atau lebih dari Rp 4.4 triliun. Di tahun 2027 nanti, Statista memperkirakan akan ada penggelembungan uang dari bisnis ini menjadi USD 410 juta. Sementara itu jumlah pemain mobile game di Indonesia mencapai 54,7 juta pada 2020. Besarnya angka ini menunjukkan besarnya bisnis game di Indonesia, sehingga tentu saja menjanjikan peluang bisnis serta potensi yang besar.

Tak dijelaskan secara detail apakah nominal tersebut sudah termasuk dengan uang yang berputar dari jasa joki seperti yang ditawarkan oleh Mars dan lainnya. Namun yang jelas, Mars mengantongi cuan dengan jumlah yang menggiurkan. 

 

1 dari 5 halaman

Mars van LeunheuwkMars van Leunheuwk © Marspedia.ID

Mars memulai semuanya dari bawah sejak tahun 2010 lalu. Kecintaannya pada game lah yang membuat dia membuka usaha di bidang ini.

Dia masih kelas 3 SMP ketika trend main game online di warung internet sedang terjadi di antara anak-anak muda, termasuk dirinya. Karena itulah kemudian tercetus ide untuk menjadi joki dan memiliki usaha menyediakan pernak-pernik pendukung game. Saat itu bisnis seperti ini belum banyak dilirik dan saingannya masih sedikit.

Yup, kamu nggak salah denger kok bahwa memang ada jasa joki game layaknya joki tugas, joki skripsi hingga joki buat masuk ke perguruan tinggi. Hanya saja tentu praktik ini tak melanggar hukum.

Buat seorang gamers nih, tingkat level bermain tentu adalah yang utama, bukan? Untuk melampauinya para gamers harus memiliki jam terbang tinggi, mengalahkan musuh dengan skill dewa dan banyak lainnya.

Akhirnya tak sedikit pemain yang kemudian meminta jasa pihak lain untuk meningkatkan peringkat tanpa harus bersusah payah melawan tim musuh yang sulit dikalahkan. Salah satunya lewat jasa joki ranking. Joki akan memainkan akun orang lain hingga mencapai tier (peringkat) tertinggi, sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli jasa.

Dilansir dari Detik.com, sambil bersekolah, saat itu Mars mengerjakan semua permintaan joki sendirian. Mars yang memang tertarik dengan IT kemudian masuk ke dalam forum pembuatan program cheat. Dia kemudian belajar tentang bagaimana membuat program auto cheat yang bisa membantu pekerjaannya sebagai joki.

" Dulu saya benar-benar ngerjain semua sendiri. Sampai pernah saya booking 10 komputer di warnet buat GB exp. Kebetulan itu gamenya Megaxus. Semuanya saya pakaiin auto cheat. Kadang kalau males nungguin, saya bayar anak kecil untuk menjaga cheat-nya supaya nggak error. Setelah itu saya tinggal ke sekolah," Mars menuturkan.

 

2 dari 5 halaman

Tapi sejak beberapa bulan terakhir Mars sudah tidak lagi menjadi joki dan membuat program cheat di game Megaxus. " Saya berhenti karena kemarin disamperin pihak Megaxus. Saya tanda tangan pernyataan dan dilarang bikin program ilegal atau buka jasa apa pun di game Megaxus lagi."

Tapi tentu saja masih banyak peluang di luar game Megaxus. Namanya sudah terlanjur dikenal sebagai sesepuh di antara pemain game online. Untuk game Mobile Legends saja, Mars bisa menerima pesanan jasa joki sampai 40 ID setiap hari. Tapi kini dia hanya membatasi untuk mengerjakan sampai 20 ID per hari.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Game Mobile LegendIlustrasi Game Mobile Legend © Moonton

Karena begitu banyak pesanan, tak mungkin dia mengerjakan semuanya sendirian. Dalam menjalankan bisnis joki game ini, dia didukung oleh tim yang terdiri lebih dari 100 orang. Tapi tentu saja anggotanya tak sembarangan. Dalam Mobile Legend saja, Mars punya 30 joki. Harga jokinya pun bervariasi.

Mereka yang udah mencapai ranking Mythic akan diurutkan berdasarkan jumlah bintang yang berhasil dikumpulkan pemain mulai dari bintang satu dan seterusnya. Bahkan ada pemain yang bisa mencapai Mythic dengan jumlah bintang lebih dari 1800.

Tarif jasa yang ditawarkan bervariasi tergantung pada urutan tier yang tersedia, mulai dari Warrior, Elite, Master, Grand Master, Epic, Legend, hingga Mythic. Semakin tinggi, tentu tarifnya semakin mahal.

Mars menuturkan kalau harga yang ditawarkan joki ranking mulai dari Rp. 100.000,- sampai Rp. 500.000 untuk sekali main. Dalam sebulan, keuntungan bersih yang bisa dia raup berkisar antara Rp10 sampai Rp 30juta perbulan. Dia bahkan pernah membawa pulang Rp50 juta, nominal terbesar yang pernah dia dapatkan. Dia pernah menerima transaksi jasa joki terbesar yang meminta push rank dari level Epic sampai Mythic 100. Coba tebak berapa uang yang dia terima saat itu dari satu kali jasa tersebut? Rp20 juta!

Jika dipikir-pikir, penghasilan menjadi joki ini menggiurkan sekali. Dengan penghasilan start Rp50 juta hingga Rp100 juta per bulan tentu bukan angka yang kecil. 

4 dari 5 halaman

Tertarik bergabung? Boleh saja, tapi tentu ada syaratnya yakni kecepatan menyelesaikan suatu proyek joki ranking. Bila gagal, siap-siap saja diberhentikan.

" Mereka minimal Top Global atau Mythic bintang 100. Di bawah itu saya nggak terima. Soalnya kalau ada pesanan minta dinaikin ke Mythic 100 misalnya, tapi dia skill-nya nggak sampai, buat apa? Malah jadi beban. Kita kan yang penting kualitas dan kecepatan juga. Saya minta dari level Epic ke Legend maksimal 2 hari. Dia harus mampu mencapainya," kata Mars yang juga menyediakan jasa Unbanned ID Point Blank.

Sebenarnya  penjoki dengan skill pro player ini bisa direkrut di ranah eSport dan bekerja di klub game besar ala pekerja kantoran. Gaji yang mereka dapatkan juga akan rutin per bulan tak tergantung pada jumlah proyek. Hanya saja bagi Mars sendiri, dia lebih menyukai sistem bekerja yang saat ini sedang dia jalani.

5 dari 5 halaman

Dari bisnis startup ini dia sudah memperoleh penghasilan milayaran dalam sebulan. Nominal yang sangat fantastis di usianya yang masih belia dan dari bisnis yang tak pernah orang sangka. Tapi perlu dicatat bahwa semua yang dia dapatkan tentu merupakan hasil perjuangan yang tak mudah. Mars memulai semuanya benar-benar dari bawah.

Gagal, dia kemudian mengasah kemampuannya di bidang yang lain dan kemudian mendapatkan apa yang saat ini diraihnya. Menginspirasi sekali bukan?

Beri Komentar