Kenalan Yuk Sama Calon Miliarder Termuda AS, Kali Aja Ketularan Tajir, kan?

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 5 Oktober 2020 10:45
Kenalan Yuk Sama Calon Miliarder Termuda AS, Kali Aja Ketularan Tajir, kan?
Thomas Healy, pemuda berusia 28 tahun ini akan menjadi miliarder termuda di Amerika.

Yakni ketika pada 28 September, pemegang saham Grup Akuisisi Tortoise yang diperdagangkan secara publik memberikan suara untuk mengakuisisi Hyliion, perusahaan truk listriknya.

Setelah itu, simbol Hyliion akan berubah dari SHLL menjadi HYLN, dan perusahaan akan mendapatkan uang tunai sebesar USD 560 juta (Rp 8,3 triliun) untuk membangun visi Healy ke depan, yaitu truk heavy-duty bertenaga listrik.

1 dari 4 halaman

Miliarder Truk Listrik

Thomas Healy Calon Miliarder Termuda AS © Diadona

Dilansir dari laman Forbes, Minggu (4/10/2020), juru bicara Tortoise menegaskan bahwa saham SHLL di harga USD 42 (Rp627 ribu) naik empat kali lipat sejak Juni.

Kapitalisasi pasar ekuitas tersirat Hyliion mencapai USD 6,7 miliar (Rp 100 triliun). Menurut pengajuan SEC, Healy akan menjadi pemegang saham terbesar, dengan 22,9 persen perusahaan, atau 34,97 juta saham, dengan nilai hampir USD1,5 miliar (Rp22 triliun).

Dia mungkin tidak sepintar miliarder truk listrik lainnya seperti Elon Musk atau mantan CEO Nikola Trevor Milton, tetapi Healy memiliki satu hal yang hilang dari Tesla dan Nikola dalam hal menghadirkan teknologi revolusioner.

2 dari 4 halaman

Pelajari Mekanisme di Balik Mesin

Thomas Healy Calon Miliarder Termuda AS © Diadona

Sejauh ini ada 20 truk yang beroperasi dengan powertrains listrik Hyliion, yang dibangun melalui usaha patungan Dana Corp dan Volvo. Tesla mengatakan tahun ini menunda produksi Semi-nya hingga 2021.

Sementara itu, saham Nikola telah jatuh dari $ 70-an menjadi kurang dari $ 20 di tengah tuduhan penipuan dan kepergian Milton. Sebagai informasi, dia berasal dari Massachusetts. Dan saat remaja, Healy sibuk mengikuti balap mobil nasional dan kompetisi go-kart.

Dia mempelajari mekanisme di balik mesin dan mulai merancang drivetrains listrik di kamar asramanya di Carnegie Mellon. Dia juga pemain awal untuk tim sepak bola CMU Tartans.

3 dari 4 halaman

E-axle

Thomas Healy Calon Miliarder Termuda AS © Diadona

" Saya dulu tukang persneling. Saya tumbuh di dunia balap," kata Healy.

Healy, yang mempelajari teknik mesin, telah mengembangkan " e-axle" , sebuah gardan bertenaga yang didukung oleh baterai lithium-ion yang dapat diintegrasikan ke dalam drivetrain truk jarak jauh Kelas 8 tradisional.

E-axle dapat dipasang ke truk lama atau dibangun menjadi yang baru. Manfaatnya, e-axle akan memberikan tambahan tenaga dan bantuan torsi yang memungkinkan blok diesel bekerja lebih efisien sehingga meningkatkan jarak tempuh bahan bakar dan menurunkan emisi.

4 dari 4 halaman

Finalis 30 Under 30

Thomas Healy Calon Miliarder Termuda AS © Diadona

Sistem ini juga menangkap tenaga melalui pengereman regeneratif mengingat massa semi truk cukup besar. Baterai harus mampu menyerap tenaga 5 kilowatt-jam dari pengereman di tanjakan curam, kemudian berbalik dan memasukkan tenaga itu kembali ke drivetrain selama akselerasi.

Pada 2017, Forbes menunjuk Healy sebagai finalis dalam proyek tahunan 30 Under 30. E-axle Healy juga berkembang menjadi sistem drivetrain lengkap yang oleh Hyliion disebut Hypertruck ERX.

Pendekatan Healy kontras dengan penggerak pertama Tesla dan Nikola. Hal inilah yang membuat investor memiliki harapan besar terhadapnya.

Beri Komentar