Jangan Anggap Remeh, Interview Kerja via Online Ada Triknya Juga, lho!

Reporter : Hevy Zil Umami
Kamis, 13 Agustus 2020 17:45
Jangan Anggap Remeh, Interview Kerja via Online Ada Triknya Juga, lho!
Hal yang kecil bisa jadi pengaruh besar lho.

Adanya new normal, membuat cara wawancara kerja pun juga agaknya akan mengalami banyak perubahan.

Teknologi mulai jadi andalan, demi meminimalisir pertemuan tatap muka secara langsung.

1 dari 4 halaman


Mendapat undangan untuk wawancara kerja di tengah situasi sulit seperti ini, tentu jadi hal yang didambakan banyak orang. Mengingat tingginya angka pengangguran yang muncul, dampak dari pandemi ini.

Nah, makanya jika kamu mendapat kesempatan untuk interview kerja, minimalisir kesalahan, dan berikan kesan yang paling baik ya! Gini nih beberapa tips yang bisa kamu ikuti, melansir dari karirdotcom.

2 dari 4 halaman

Persiapkan Diri dengan Baik

Ilustrasi Wawancara Kerja Online © Diadona

Selain harus siap jika diminta menjelaskan isi CV dengan baik, faktor lain yang kadang jadi hal paling krusial saat interview online juga harus banget kamu perhatikan.

Apalagi jika interviewer meminta melakukan interview via video, kamu harus benar-benar memperhatikan perangkat yang kamu gunakan, koneksi, serta area yang kondusif. Jadi tak kan ada yang menganggu jalannya interview.

3 dari 4 halaman

Risetlah Terlebih Dahulu!

Ilustrasi Wawancara Kerja Online © Diadona

Pastikan kamu sudah tahu beberapa informasi penting namun mendasar tentang profil perusahaan yang kamu pilih. Pun juga dengan posisi yang kamu inginkan. Selain akan jadi kesan yang bagus, bahwa kamu sudah kenal dengan perusahaan tempatmu melamar, kamu nantinya juga bisa memberikan pertanyaan lanjutan tentang job description, hingga kredo perusahaan.

4 dari 4 halaman

Gaya Berkomunikasi

Ilustrasi Wawancara Kerja Online © Diadona

Nah, ini akan jadi point plus jika kamu bisa melakukannya dengan baik. Proses interview tak selamanya akan berjalan kaku, kamu tinggal menyesuaikan gaya berkomunikasi interviewermu, terutama jika kamu melakukannya via video.

Jika interviewer terlihat santai, maka kamu juga bisa santai, begitu pula sebaliknya. Kesan luwes dan humble bisa ditangkap oleh interviewer dari dirimu.

Nah, semoga bisa membantu ya, jika belum ada undangan interview yang datang, kamu bisa latihan kok dari sekarang. Semangat!

Beri Komentar