Disiplin Adalah Kunci Sukses, Begini Manfaat dan Cara Melatihnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 22 Juni 2021 14:39
Disiplin Adalah Kunci Sukses, Begini Manfaat dan Cara Melatihnya
Disiplin adalah sikap yang mejadikan suatu langkah kecil setiap hari menjadi puncak tinggi kemudian.

Disiplin adalah sikap patuh kepada aturan dan nilai yang dia percayai dan menjadi komitmennya. Dalam artian lainnya, disiplin adalah sikap taat kepada aturan, norma dan nilai yang sudah disepakati. Disipklin dalam definisi ini berkaitan dengan aturan yang ada di masyarakat.

Disiplin tumbuh dalam upaya untuk memperbaiki sikap dan nilai individu sesuai nilai yang berlaku atau karakter yang ingin dituju. Misalnya nih, disiplin berangkat ke sekolah tepat waktu dan tak terlambat dari jam yang telah menjadi aturan sekolah, atau disiplin menggunakan uang sesuai dengan alokasi keuangan sehingga kamu akan terbiasa mengeluarkan uang sesuai dengan peruntukannya.

 

1 dari 4 halaman

Disiplin adalah © Diadona

Dikutip dari Performance Course, disiplin adalah suatu kunci yang bisa memberi orang aturan-aturan sehingga mereka menjalani hidup mereka dengan efisien dan efektif. Saat seseorang memiliki sikap disiplin dalam hidup mereka, itu artinya mereka sedang mengorbankan kesenangan kecil di masa sekarang untuk kehidupan di masa depan. Mengapa demikian?

Karena disiplin akan menciptakan kebiasaan, kebiasaan akan membuat suatu rutinitas dan rutinitas ini akan menjadi jati diri seseorang sehari-hari. Kebiasaan dan disiplin sehari-hari yang seseorang ciptakan pada akhirnya akan menentukan siapa dia nantinya.

Pada dasarnya, disiplin adalah kemampuan yang konsisten untuk mengendalikan tidnakan, perasaan dan juga emosi.

 

2 dari 4 halaman

Cara Menanamkan Sikap Disiplin adalah Berlatih

Disiplin adalah © Diadona

Karena seperti halnya otot, disiplin bisa dilatih. Semakin seseorang melatih disiplinnya, maka akan semakin kuat.

Contohnya nih pada disiplin yang menyangkut keuangan yang ditunjukkan dengan kemampuan untuk berpegang pada rencana-rencana berikut :

- menabung secara rutin
- menggunakan uang sesuai dengan alokasi kebutuhan dan keinginan
- membayar hutang

Ketika seseorang sudah terbiasa disiplin dengan uang, maka dia bisa memiliki tabungan yang cukup ketika ada kondisi darurat dan tercukupinya kebutuhan tanpa tergerus oleh keinginan. Apa yang akan mereka dapatkan?

Mereka akan memiliki kondisi keuangan yang sehat, karakter yang bijak dalam pengelolaan keuangan. Meski tak bisa dipungkiri bahwa melakukan hal-hal tersebut secara disiplin adalah hal yang tak mudah. Perlu praktik bertahun-tahun, bertanggung jawab, melakukan hal yang berat untuk diri sendiri yang bahkan tak dilakukan oleh orang lain.

Gimana caranya biar disiplin?

Hitung Mundur, Lalu Segeralah Bertindak

Saat kamu merasa lagi nggak termotivasi, coba hitung mundur dan paksa diri kamu melakukan apa yang sedang kamu tunda. Hitung mundur bisa membantu kita bergeser ke ruang mental yang tepat untuk mendapatkan motivasi.

Letakkan Tujuan di Tempat yang Terlihat

Gantung tujuan kau di tempat yang terlihat olehmu setiap hari. Ini akan memotivasimu tiap kamu merasa malas.

Ingatkan Diri Kenapa Kamu Harus Memulainya Sekarang

Ingatlah tujuan akhir tanpa lupa dari mana kamu memulai.

Tetapkan Tujuan Kecil Lebih Dulu

Jangan bebani dengan standar yang terlalu tinggi. Bersabarlah dengan diri Anda sendiri dan cobalah untuk tidak frustrasi dengan prosesnya.

Berlatih Prioritas

Putuskan tugas mana yang harus diselesaikan lebih dulu lalu atur waktu kapan tujuan tersebut selesai. Lakukan hal yang paling nggak disukai dulu di awal.

Kenali Kelemahan Diri dan Distraksi

Lalu lakukan langkah ampuh untuk memerangi mereka. Misalnya, berselancar di sosial media membuat kamu nggak disiplin, maka kamu harus melakukan apapun untuk memblokir diri kamu terjerumus lebih jauh dengan sosial media tersebut.

Cari Teman

Untuk mengingatkan kamu atau memotivasi ketika kamu sedang lemah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Disiplin

Disiplin adalah © Diadona

Manfaat dari meningkatkan disiplin adalah:

Mengurangi Rasa Cemas

Karena kamu bisa mengendalikan diri saat bertindak

Meningkatkan Kemampuan Mencapai Tujuan Jangka Panjang

Dengan mendorong diri untuk terus maju tanpa menghiraukan gangguan berupa kemalasan dan gangguan lainnya, disiplin adalah kunci untuk mencapai tujuan lebih cepat atau lebih mungkin.

Lebih Bahagia

Bagimana bisa? Karena kamu tahu bahwa kamu sedang on the way ke tujuanmu

Lebih Tangguh

Saat disiplin tumbuh, kemampuan melawan godaan makin meningkat. Pada akhirnya ini akan membuat kamu lebih tangguh saat menghadapi berbagai keadaan.

4 dari 4 halaman

Disiplin Kerja

Disiplin adalah © Diadona

Adalah sikap dan perilaku taat, setia dan patuh kepada aturan serta norma sosial yang ada di perusahaan atau lingkungan kerja. Apakah ini penting?

Tentu dong. Disiplin adalah salah satu kunci dalam menjaga kelancaran dan tata tertib perusahaan. Aturan dibuat dengan tujuan untuk mengatur masyarakat di dalamnya agar proses kerja berlangsung dengan aman, nyaman dan optimal.

Biar makin paham, berikut definisi disiplin kerja menurut para ahli, dikutip dari Kajian Pustaka:

Sastrohadiwiryo (2003)

Disiplin kerja adalah suatu sikap menghormati, menghargai, patuh dan taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku, baik yang tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sangsi-sanksinya apabila ia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

Hasibuan (2002)

Disiplin kerja didefinisikan sebagai kesadaran dan kesediaan seseorang menaati semua peraturan dan norma-norma sosial yang berlaku. Kesadaran adalah sikap seseorang yang secara sukarela menaati semua peraturan dan sadar akan tugas dan tanggung jawabnya, kesediaan adalah suatu sikap dan tingkah laku dalam melaksanakan peraturan perusahaan, baik yang tertulis maupun tidak.

Sutrisno (2009)

Disiplin kerja adalah perilaku seseorang yang sesuai dengan peraturan, prosedur kerja yang ada atau disiplin adalah sikap, tingkah laku dan perbuatan yang sesuai dengan peraturan dari organisasi baik tertulis maupun yang tidak tertulis.

Rivai (2011)

Disiplin kerja adalah suatu alat yang dipergunakan para manajer untuk berkomunikasi dengan karyawan agar mereka bersedia untuk mengubah suatu perilaku serta sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesediaan seorang dalam memenuhi segala peraturan perusahaan. 

Banyak ornag sepakat bahwa disiplin adalah salah satu kunci kesuksesan. Gimana kalo menurut kamu?

Beri Komentar