Definisi Pemasaran, Jenis, Strategi, Bauran dan Manajemen Pemasaran

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 26 April 2021 15:52
Definisi Pemasaran, Jenis, Strategi, Bauran dan Manajemen Pemasaran
Pemasaran adalah kunci penting sukses atau tidaknya suatu penjualan

Pemasaran adalah aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan jumlah pembelian atau penjualan produk yang mereka punya. Pemasaran ini bisa berupa iklan, mengirimkan produk ke konsumen atau perusahaan lain dan juga penjualan.

Pemasaran adalah suatu tindakan perusahaan untuk menarik pelanggan dan memelihara hubungan dengan mereka. Jadi jangan bayangkan bahwa bentuknya pemasaran adalah promosi doang lho ya.

Pemasaran bisa datang dalam bentuk yang beragam banget, mulai dari menjaga koneksi dengan calon klien atau klien lama, bahkan bisa juga berupa menulsi email terima kasih, membalas emjail dan telpon dengan cepat, makan dan minum dengan klien sampai bermain gol dengan mereka.,

 

1 dari 5 halaman

Dikutip dari Investopedia, di tingkat dasar, pemasaran berusaha mencocokkan produk atau layanan mereka dengan pelanggan yang menginginkan akses ke produk tersebut. Mencocokkan keduanya adalah suatu bentuk memastikan profitabilitas.

Ada empat komponen penting dalam keberhasilan pemasaran yang disbeut dengan empat P, yakni product, price, place dan promotiion (produk, harga, harga, tempat dan promosi). Keempatnya secara bersama-sama membentuk campuran penting yang dibutuhkan perusahaan untuk memasarkan produk atau layanan mereka.

Produk

Produk harus berusaha untuk memenuhi ketidakhadiran di pasar, atau memenuhi permintaan konsumen untuk sejumlah besar produk yang sudah tersedia. Sebelum melakukan usaha marketing, marketer perlu memahami produk apa yang dijual, bagaimana produk tersebut menonjol dari pesaingnya dan masih banyak lagi.

Harga

Harga biaya per unit, biaya pemasaran, dan biaya distribusi harus ditetapkan. Tapi pertimbangkan juga mengenai harga produk pesaing.

Tempat

Bagaimana cara produk dijual? Apakah dengan secara offline, online, keduanya atau dnega saluran distribusi?

Promosi

Meliputi aktivitas periklanan, penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran, sponsorship dan lainnya.

2 dari 5 halaman

Fungsi Pemasaran

Pemasaran Adalah © Diadona

Dalam dunia pemasaran terdapat tujuh fungsi pemasaran yaitu sebagai berikut:

Analisis Konsumen

Meliputi pengamatan dan evaluasai kebutuhan, hasrat dan keinginan konsumen.

Riset Pasar

Bisa dibilang ini adalah fungsi yang paling penting. Riset pasar berkisar pada meneliti demografi sehingga bisa membangun startegi pemasaran yang baik.

Distribusi

Strategi distribusi dalam pemasaran mencakup gimana cara perusahaan mengirimkan produk atau jasanya kepada pelanggan. Strategi ini bisa bervariasi tergantung pada layanan atau barang apa yang ditawarkan.

Promosi

Dalam promosi melibatkan iklan dilihat di tempat yang tepat dan orang yang tepat.

Menjual Produk

penjualan bukanlah pemasaran, meski memberikan pondasi penting mengenai pemasaran tersebut.

Penetapan Harga

Dalam menetapkan harga, penghitungan mempertimbangkan lima aspek dari konsumen, pemerintah, pemasok, distributor, dan pesaing.

Manajemen Produk dan Layanan

Agar tak kehilangan pelanggan, perbaikan layanan dan produk harus terus menerusa ditingkatkan. Caranya bisa dengan meminta feedback, juga menggunakan metrik kinerja pemasaran untuk mengikuti manajemen layanan.

3 dari 5 halaman

Strategi Pemasaran

Pemasaran Adalah © Diadona

Sering mendengarnya bukan? seperti namanya, startegi pemasaran adalah rencana permainan keseluruhan bisnis untuk menjangkau calon konsumen dan mengubahnya menjadi pelanggan. Strategi pemasaran berisi proposisi nilai perusahaan, pesan merek utama, data tentang demografi pelanggan targe , dan elemen tingkat tinggi lainnya.

Di akhir, tujuan dibuatnya startegi pemasaran adalah untuk mencapai dan mengkomunikasikan apa saja keunggulan yang kita miliki dibandingan dengan pesaing.

Strategi pemasaran berkisar pada proposisi nilai perusahaan yang dikomunikasikan kepada konsumen. Ini juga lah yang dijadikan sebagai 'kartu' untuk tim pemasaran dalam menginformasikan produk dan layanan perusahaan. Contohnya nih, Walmart dikenal sebagai pengecer diskon dengan " harga rendah setiap hari" , yang operasi bisnis dan upaya pemasarannya berakar pada ide tersebut.

Startegi pemasaran adalah suatu langkah dengan tujuan untuk mencapai dan mengkomunikasikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dari perusahaan lainnya. Startegi pemasaran akan membawa nilai inti perusahaan dalam desain iklan cetak, kustomisasi massal, kampanye media sosial, aset dan lainnya.

4 dari 5 halaman

Bauran Pemasaran

Pemasaran Adalah © Diadona

Bauran pemasaran sering disebut dengan marketing mix, adalah bauran pemasaran menurut beberapa ahli:

Kotler dan Armstrong

Bauran pemasaran adalah beberapa variabel dalam marketing, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan.

Gugup Kismono

Bauran pemasaran adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari pemasaran yang terdiri dari strategi produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place).

Laura Lake

Bauran pemasaran merupakan beberapa komponen dalam marketing yang digunakan oleh sebuah bisnis untuk menjual produk atau jasa kepada konsumen

Tiga pengertian di atas membawa dalam suatu kesimpulan bahwa bauran pemasaran adalah aktivitas dan variabel marketing yang menentukan kesuksesan penjualan produk atau jasa dari sebuah bisnis.

Bauran pemasaran adalah pemasaran yang mencangkup beberapa area fokus sebagai bagian dari rencana pemasaran. Istilah ini sering mengacu pada klasifikasi umum yang dimulai sebagai empat P : pruduct (produk), price (harga), place (penempatan), dan promotion (promosi).

Bila memaksimalkan keempat hal tersebut makla kesuksesan suatu pemasaran bisa tercapai.

5 dari 5 halaman

Manajemen Pemasaran

Pemasaran Adalah © Diadona

Manajemen pemasaran punya tanggung jawab pwenuh untuk mengidentifikasi di mana letak kegagalan produk dan layanan dalam memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Manajemen pemasaran ini juga harus bisa memulai program yang memberikan kepuasan yang konsumen inginkan. Ketimbang pada produk, mereka lebih berfokus pada konsumen.

Dikutip dari iEdu Note, manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi ide, barang, dan jasa untuk menciptakan transaksi yang memuaskan pembelinya.

Dari definisi tersebut, bisa dipahami kalau manajemen pemasaran adalah proses yang melibatkan analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian barang, jasa, dan ide. Tujuannya, agar semua pelanggan, periusahaan pemasok dan lainnya merasa puas.

Beri Komentar