Wajib Dihindari, Ini 7 Kebiasaan Buruk saat Merawat Rambut

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 19 Desember 2019 14:31
Wajib Dihindari, Ini 7 Kebiasaan Buruk saat Merawat Rambut
Kebiasaan sehari-hari ini ternyata bisa merusak rambut. Apa iya?

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut sehat nan indah? Rasanya hampir semua perempuan pasti mendambakan rambut sehat yang tergerai dengan indahnya. Untuk mencapai rambut yang sehat dan indah, banyak hal yang seringkali dilakukan. Mulai dari perawatan secara alami bahkan sampai perawatan khusus di salon kecantikan.

Namun tahukah kamu, bahwa terkadang perlakuan sehari-hari justru berperan serta dalam kerusakan rambut. Hal tersebut seringkali kita lakukan, namun tanpa disadari menjadi kebiasan buruk yang mampu merusak kesehatan rambut. Dikutip dari Beauty Heaven (14/12), berikut adalah 7 kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan ketika merawat rambut.

1 dari 7 halaman

1. Menyisir Rambut yang Basah

Menyisir rambut dalam kondisi yang basah sebaiknya kamu hindari, jika tidak ingin merusak kesehatan rambut. Rambut dengan kondisi yang basah biasanya akan 'meregang' dari kulit kepala. Kondisi ini akan membuatnya mudah tercabut manakala disisir. Jika kamu tidak bisa menghindari kebiasaan ini, sebaiknya gunakan kondisioner sehabis keramas atau bisa juga dengan menggunakan sisir bergerigi lebar agar tidak banyak rambut yang rontok.

2 dari 7 halaman

2. Menggosok Rambut dengan Handuk

Kebiasaan yang satu ini mungkin sulit dihindari, yakni menggosok rambut dengan handuk kasar. Manakala kamu menggosokkan handuk yang kasar pada rambut, rambut akan kehilangan kelembapan, helai rambut menjadi rapuh, bahkan ujung rambut menjadi kering. Sebagai solusi, kamu bisa menggunakan handuk mikrofiber untuk dapat menyerap air tanpa membuatnya kusut. Jika memang terpaksa, kamu bisa mengenakan t-shirt yang lebih lembut untuk membungkus rambut.

3 dari 7 halaman

3. Tidak Melindungi Rambut dari Panas

Untuk membentuk rambut yang indah, seringkali kamu mengenakan berbagai heat styling, seperti pelurus rambut atau terkadang hair dryer. Cara tersebut memang membuat rambut tertata dengan baik, namun justru membuat kutikula rambut akan rusak dan rambut kehilangan kilau alaminya. Jika memang kamu menyukai penggunaan heat styling, sebisa mungkin gunakanlah kondisioner, vitamin rambut, atau masker rambut untuk menjaga kesehatan rambut.

4 dari 7 halaman

4. Posisi Tidur

Posisi tidur nyatanya juga berperan penting menjaga kesehatan rambut. Cara yang bisa kamu lakukan yakni dengan menggunakan sarung bantal yang lembut, atau bisa juga dengan menghindari 'meniduri' rambut. Hal ini bertujuan agar rambut tidak mengalami banyak gesekan.

5 dari 7 halaman

5. Melakukan Pewarnaan secara Berlebihan

Kamu boleh saja mewarnai rambut, asalkan tidak berlebihan. Kandungan zat kimia pada cat rambut tentu saja memberikan dampak negatif pada rambut. Sebisa mungkin jika kamu memiliki rambut yang dicat, usahakanlah untuk rajin melakukan perawatan di rumah agar rambut tetap sehat.

6 dari 7 halaman

6. Menggunakan Sisir yang Salah

Seperti yang kita ketahui, bahwa ada berbagai jenis sisir yang bisa digunakan. Pemilihan sisir juga perlu disesuaikan dengan tipe rambut yang kamu punya, agar tidak merusak kondisi rambut. Sisir perlu dibedakan bagi jenis rambut tebal, rambut lurus dan halus, serta tipe rambut keriting.

7 dari 7 halaman

7. Berkeramas dengan Air Hangat

Yang satu ini perlu kamu perhatikan, sebisa mungkin hindarilah berkeramas menggunakan air hangat. Air hangat seringkali mengeringkan kulit bahkan rambut. Jadi, manakala berkeramas dengan air hangat, rambut akan kehilangan minyak alaminya.

 

Ternyata kebiasaan-kebiasaan tersebut sangat dekat dengan aktivitas kita sehari-hari. Jadi, perhatikan setiap detailnya ya agar kesehatan rambut tetap terjaga. Ngomong-ngomong, kebiasaan mana nih yang sering kamu lakukan? Bagikan ceritamu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar