Trik Jitu untuk Mengatasi Rambut Rontok

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 30 Desember 2019 09:24
Trik Jitu untuk Mengatasi Rambut Rontok
Sering mengalami rambut rontok? Yuk, atasi dengan cara berikut.

Bagi beberapa wanita, memiliki rambut yang tebal dan berkilau adalah suatu idaman. Hal ini tidak bisa dihindari, karena kebanyakan iklan sampo yang beredar di media massa selalu menunjukkan bahwa rambut yang indah ditandai dengan ketebalan dan kilauan rambut.

Memiliki rambut tebal bukan berarti lepas dari masalah kerontokan. Beberapa perempuan berambut tebal justru menghadapi kerontokan yang tidak sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa kerontokan bisa menyerang siapa saja, terlepas dari tebal-tipisnya rambut yang dimiliki. Kerontokan pada rambut terjadi karena faktor hormonal, kerusakan lingkungan, gaya hidup, maupun masalah penuaan.

Jika kamu salah satu orang yang memiliki masalah kerontokan, maka tak perlu kuatir. Dilansir dari Beauty Heaven (14/12), berikut adalah trik jitu untuk mengatasi rambut rontok.

1 dari 5 halaman

Longgarkan Ikatan Rambut

Salah satu penyebab rambut rontok ialah penggunaan ikat rambut yang terlalu ketat, yang kemudian membuat folikel rambut mengalami penekanan. Hal ini membuat rambut menjadi lebih rapuh dan mudah rontok. Nah, untuk mengatasinya sebaiknya kamu melonggarkan ikatan rambut atau gunakan ikat rambut berbahan elastis.

2 dari 5 halaman

Kurangi Kontak dengan Suhu Tinggi

Penggunaan heat styling berkontribusi pada kerusakan dan penipisan rambut. Bahkan ada yang lebih 'dekat' dengan aktivitas sehari-hari yakni penggunaan air hangat untuk berkeramas. Cara ini membuat rambut menjadi lebih sensitif dan mudah mengalami kerontokan. Jadi, agar rambut tidak rontok, gunakanlah air dingin untuk berkeramas.

3 dari 5 halaman

Hindari Paparan Sinar Matahari

Nyatanya, paparan sinar matahari tidak hanya berdampak buruk bagi kulit, namun juga bagi kesehatan rambut. Paparan sinar matahari dapat merusak kutikula rambut dan membuatnya menjadi kering serta rapuh. Kondisi ini mempermudah rambut menjadi patah dan mengalami kerontokan. Jadi, sebisa mungkin lindungi rambutmu dari paparan sinar matahari, ya Girls!

4 dari 5 halaman

Gunakan Sampo yang Cocok

Ketombe dan kotoran yang menumpuk di kulit kepala ternyata berperan serta dalam membuat rambut menjadi rontok. Jika demikian, maka yang perlu kamu lakukan ialah mengganti sampo yang kamu gunakan. Pilihlah sampo yang dapat mengatasi ketombe sekaligus mencegah kerontokan.

5 dari 5 halaman

Gunakan Produk Perawatan Kulit Kepala

Yang satu ini adalah rekomendasi pamungkas yang bisa kamu coba. Jika kamu sudah menggunakan sampo yang sesuai, jangan lupa untuk tetap melakukan perawatan rambut. Kamu bisa mengenakan kondisioner untuk merangsang folikel dan mendukung terbentuknya keratin secara alami. Cara ini bisa mendorong pertumbuhan rambut yang sehat, lho.

Beri Komentar