Tips Memutihkan Gigi Secara Alami yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 28 Januari 2020 14:19
Tips Memutihkan Gigi Secara Alami yang Bisa Kamu Coba di Rumah
Manfaatkan bahan-bahan alami ini untuk gigi putih alami

Senyuman manis serta gigi putih cemerlang adalah salah satu penunjang penampilan yang sangat membantu untuk seorang wanita. Ada banyak produk-produk pemutih gigi yang dijual bebas seperti pasta gigi, gel, strip, atau bahkan alat penyinar. Namun, produk-produk tersebut menggunakan bahan kimia yang membuat orang khawatir akan keamanannya.

Dilansir dari www.liputan6.com, jika kamu ingin memutihkan gigi tapi tidak ingin menggunakan produk-produk yang berbahan dasar bahan kimia, kamu bisa bisa menggunakan bahan-bahan lalmi yang pasti lebih aman dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Berikut adalah bahan yang harus kamu siapkan dan cara yang bisa kamu ikuti.

1 dari 5 halaman

Pertama, bahan yang bisa kmu gunakan adalah daun sirih. Daun sirih merupakan resep tradisional yang sudah terbukti mampu memutihkan memutihkan gigi secara alami. Ada banyak manfaat daun sirih yang bisa kamu dapatkan seperti sebagai penguat gigi, menghilangkan bau mulut dan tentu juga sebagai pemutih gigi.

daun sirih © Diadona

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memutihkan gigi menggunakan daun sirih. Cara pertama yang bisa kmau lakukan adalah mengunyahnya, tapi jangan lupa untuk mencuci daun sirih terlebih dahulu. Cara kedua adalah dengan cara merebusnya, lalu gunakan air hasil rebusan untuk berkumur. Cara selanjutnya adalah dengan menumbuk daun sirih lalu mengoleskan pada gigi.

2 dari 5 halaman

Bahan kedua yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi di rumah secara alami adalah daun salam. Daun salam kaya akan kandungan yang dapat menjaga kesehatan gigi dan juga memutihkan gigi secara alami dan efektif. Kandungan-kandungan seperti sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, juga mengandung vitamin A, B, C, D serta kalsium, zat besi, kalium dan magnesium ampuh dan terbukti bisa memutihkan gigi secara alami.

33 Manfaat Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan dan Diet © Diadona

Cara yang bisa kamu gunakan adalah, cuci daun salam sampai bersih lalu tumbuk hingga halus. Kemudian, campurkan sedikit air hingga tumbukan daun salam tersebut mengental. Lalu, kamu bisa menggunakan tumbukan daun salam tersebut sebagai pasta gigi.

3 dari 5 halaman

ilustrasi jeruk nipis © Diadona

Bahan selanjutnya yang bisa kamu gunakan sebagai pemutih gigi alami adalah kulit jeruk. Kandungan zat pektindan minyak atsiri di dalam kulit jeruk efektif digunakan sebagai bahan pemutih gigi secara alami. Caranya mudah, cuci kulit sampai bersih pastikan kamu tidak meremasnya. Lalu, jemur kulit jeruk hingga kering di bawah sinar matahari. Kemudian, setelah kulit jeruk benar-benar kering, tumbuk kulit jeruk hinggan halus. Lalu, campurkan sedikit air sampai tumbukan kulit jeruk berbentuk pasta dan gunakan sebagai pasta gigi.

4 dari 5 halaman

Lalu ada buah stroberi yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pemutih gigih yang alami. Vitamin C dan asam malat yang ada di dalam buah stroberi bisa mengikis noda pada gigi. Selain itu, Vitamin C pada stroberi juga bermanfaat untuk mencegah sariawan dan juga mampu membunuh bakteri dalam mulut.

Ilustrasi Stroberi © Diadona

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah memakan buah stropberi secara langsung. Tapi, pastikan buah stroberi sudah dalam kondisi yang bersih dan higenis. Kedua, kamu bisa menumbuk stroberi hingga halus dan dijadikan sebagai pasta gigi.

5 dari 5 halaman

 

Kemudian ada arang, ya, arang. Sifat lakali yang dimiliki arang bisa difungsikan sebgaai pengikis noda kuning pada gigi. Tapi perli diingat, arang yang bisa kamu gunakan di sisni adalah arang dari batok kelapa. Caranya sangat mudah, siapkan arang batok kelapa lalu tumbuk sampai halus. Kemudian, campurkan 1 sendok makan perasan air lemon, aduk hingga merata dan jadikan sebagai pasta gigi.

Nah, bagaimana? Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan serta cara yang mudah dilakukan, apakah kamu tidak ingin mencobanya?

Beri Komentar