Tetap Gunain Makeup saat Olahraga? Eits, Ini nih yang Bisa Terjadi pada Kulitmu

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 7 April 2020 06:00
Tetap Gunain Makeup saat Olahraga? Eits, Ini nih yang Bisa Terjadi pada Kulitmu
Baca dulu yuk!

Siapa sih yang nggak ingin tampil on point setiap saat? Pasti kamu pengen juga dong. Saat ke tempat gym atau berolahraga pun kadang kita menggunakan makeup. Ya meski hanya makeup tipis atau bedak saja ya.

Tapi, pernah terpikir nggak sih apa efeknya bila kamu tetap memakai makeup saat olahraga? Dikutip dari elle.com, berikut ini jawaban dari Dr. Anjali Mahto, Konsultan Dermatologis sekaligus juru bicara British Skin Foundation. Simak yuk.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Menurut Dr. Mahto, menghindari memakai makeup saat berolahraga atau ke gym memang sangat disarankan ya. Karena, hal ini bisa dengan mudah menyebabkan wajah jadi berjerawat dan tekstur kulit tidak rata. Nggak mau kan ya pastinya.

" Keringat dan peningkatan suhu yang disebabkan oleh olahraga bisa menyebabkan pori-pori terbuka yang dapat tersumbat oleh partikel-partikel make-up," kata Dr. Malto.

Selain keringat, kontak dengan anggota tubuh dan benda-benda lainnya seperti tikar yoga, gagang sepeda, dan beban secara terus menerus saat olahraga juga bisa jadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri penyebab jerawat.

2 dari 3 halaman

Nah, dengan menggunakan makeup membuat bakteri punya tempat untuk berkembang, terutama karena kita cenderung menyentuh wajah rata-rata 3,6 kali per jam atau sedikit lebih banyak saat kita berkeringat.

Meski menggunakan makeup saat olahraga atau ke gym bisa menimbulkan jerawat, tapi belum ada bukti lho bahwa hal ini bisa membuat penuaan dini lebih cepat.

" Reaksi fisiologis alami tubuh saat berolahraga adalah menghasilkan keringat dan panas. Meskipun berolahraga dengan menggunakan makeup bisa menyebabkan jerawat, tidak ada bukti bahwa itu akan menyebabkan penuaan dini lebih cepat." Kata Dr. Mahto.

3 dari 3 halaman

Tetap Memakai Sunscreen

Ilustrasi memakai sunscreen © Diadona

Meski menggunakan makeup mungkin nggak menyebabkan kerusakan pada kulit dalam jangka panjang, tapi bila kamu berolahraga di luar ruangan hal ini bisa saja terjadi.

Maka dari itu, Dr. Mahto sangat menyarankan menggunakan sunscreen saat berolahraga di luar ruangan.

" Bahkan jika kamu cenderung jerawatan, ini (sunscreen) melindungi kulitmu terhadap kerusakan akibat sinar matahari, kanker kulit dan penuaan dini,"

Nah, jadi nggak disaranin ya menggunakan makeup saat sedang olahraga. Meski seperti itu, menggunakan sunscreen masih tetap perlu apalagi jika kamu berolahraga di luar ruangan.

Beri Komentar