Sering Salah Paham, Apa Bedanya Whitehead dan Blackhead?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 7 Juni 2020 10:02
Sering Salah Paham, Apa Bedanya Whitehead dan Blackhead?
Whitehead vs Blackhead

Komedo merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering ditemui, sama seperti jerawat, kehadirannya menyebalkan. Nah, kemunculan komedo paling sering adalah di bagian hidung. Ini juga jadi tempat munculnya komedo yang paling mengganggu penampilan.

Komedo sendiri merupakan istilah dari kotoran yang tersumbat di pori-pori wajah, kondisinya bisa terbuka ataupun tertutup. Faktor yang menyebabkan komedo adalah adanya kelebihan minyak. Komedo sendiri memiliki 2 jenis, yaitu whitehead dan blackhead.

Banyak yang masih sering salah mengartikan kedua hal ini, padahal keduanya berbeda lho.

1 dari 2 halaman

Komedo hidung © Diadona

Komedo hidung © Diadona

Dilansir dari liputan6.com, omedo putih atau whiteheads terletak di dalam kulit hingga tak dapat teroksidasi dengan udara. Biasanya whiteheads bisa kita temukan dengan menekan pori-pori wajah, secara otomatis, ia akan muncul ke permukaan.

Karena posisinya yang ada di dalam, whitehead biasanya dapat dibersihkan dengan melakukan facial.

Sedangkan blackhead atau komedo hitam berbeda. Sesuai dengan namanya, komedo ini berwarna hitam karena sebumnya mengandung unsur melanin, yaitu pigmen yang mempengaruhi warna kulit, rambut dan mata. Karena blackheads keluar dari permukaan kulit, maka komedo ini mengalami oksidasi langsung dengan udara hingga warnanya menghitam.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Perawatan Wajah © Diadona

Pada umumnya, komedo hitam tidak semudah mengeluarkan komedo putih. Bentuknya lebih keras dan tampak lebih menempel pada kulit. Memiliki komedo berwarna hitam memang tidak terasa nyaman, apalagi blackheads memiliki tekstur yang kasar dan cenderung terasa timbul.

Nah jadi itu dia bedanya komedo putih dan komedo hita. Jangan salah lagi ya!

 

Beri Komentar