Sering Kamu Lakukan untuk Merawat Kulit Wajah, Ternyata Ini Hanya Sebuah Mitos!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 11 Maret 2020 12:00
Sering Kamu Lakukan untuk Merawat Kulit Wajah, Ternyata Ini Hanya Sebuah Mitos!
Ternyata selama ini yang kamu lakukan adalah mitos!

Semua orang pasti ingin punya kulit yang mulus, bebas noda, dan 'tanpa pori-pori'. Tapi, buat yang memiliki kulit sensitif, seperti berminyak dan berjerawat menjadi tugas tersendiri untuk melakukan perawatan yang lebih intensif.

Apalagi kulit sensitif cenderung memiliki pori-pori yang terlihat lebih besar!

Nah ngomong soal pori-pori, tentunya dijaman modern yang saat ini kamu masih mendengar tentang mitos pori-pori yang akan hilang dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Kira-kira apa aja sih mitos tersebut? Yuk simak ulasan diawah ini yang melansir dari laman Theshonet.

1 dari 3 halaman

Mitos: Pori-Pori Bisa Ditutup dengan Air Dingin

image © Diadona

Melansir dari theklog.co, menurut dr. Tsippora Shainhouse, dermatologis dan instruktur klinis di University of Southern California, pori-pori bukanlah yang diregangkan atau dikecilkan.

Sehingga kamu tidak bisa membuka dan menutup pori, apalagi dengan air dingin. Air dingin gunanya hanya untuk memberikan manfaat berupa mengurangi kemerahan di kulit karena akan menutup pembuluh darah.

Begitu pula kalau kamu menggunakan masker atau gel yang didinginkan di kulkas terlebih dulu, itu hanya akan menenangkan kulit, bukan menutup pori.

2 dari 3 halaman

Mitos: Pori-Pori Bisa Dikecilkan Secara Permanen dengan Perawatan

ilustrasi wanita memakai masker © Diadona

Bentuk pori-pori sudah ditentukan berdasarkan genetik, seperti dengan warna kulit, dan warna rambut. Kalau ukuran pori-porimu besar, kamu tidak bisa mengubahnya, yang bisa kamu lakukan hanyalah rajin mengeksfoliasi wajah dan menggunakan clay mask untuk membersihkan minyak dan kotoran dari pori-pori.

Makanya, jangan mau termakan iklan perawatan atau skincare yang bilang bisa mengecilkan pori, ya!

3 dari 3 halaman

Mitos: Pori-Pori BIsa Dibuka dengan Steam atau Kompres Air Hangat

image © Diadona

Pastinya yang suka melakukan perawatan di klinik kecantikan, sudah tidak asing lagi dengan 'sebelum facial, baiknya ibu harus men-steam wajah terlebih dahulu ya, agar pori-porinya terbuka'. Tindakan itu memang benar, tapi alasannya kurang tepat!

Sebenarnya alasan melakukan steam adalah bukan itu, tapi untuk membantu melemaskan pori-pori, melunakkan minyak, serta kotoran-kotoran lain seperti sel kulit mati.

Makanya, steam dilakukan sebelum facial supaya kotoran lebih mudah terlepas dari pori dengan rasa sakit yang lebih sedikit. Untuk melakukan steam, kamu nggak perlu datang ke klinik kecantikan, facial di rumah dengan steam wajah menggunakan air panas di wadah dan menggunakan clay mask pun bisa membantu untuk mengecilkan pori-pori.

Nah, sekarang kamu udah tau kan mitos tentang pori-pori. Mulai sekarang jangan percaya lagi ya!

Beri Komentar