Sehat dan Berkilau, Ini 5 Rahasia Memiliki Rambut yang Indah

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 28 Desember 2019 16:14
Sehat dan Berkilau, Ini 5 Rahasia Memiliki Rambut yang Indah
memiliki rambut yang sehat dan indah sebenarnya enggak perlu mahal kok. Penasaran bagaimana caranya? Cek di bawah ini ya.

Rambut menjadi salah satu elemen yang penting untuk menunjang penampilan, terutama bagi wanita. Selain itu, memiliki rambut yang indah tentu saja dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi seseorang. Karena itulah, enggak sedikit orang rela mengeluarkan uang yang cukup banyak demi memiliki rambut yang indah.

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki rambut indah, tapi enggak ingin merogoh kocek dalam-dalam ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Melansir dalam laman allwomenstalk (11/12), berikut ini 5 rahasia memiliki rambut yang indah secara alami. Bagaimana saja caranya?

1 dari 5 halaman

Konsumsi Ikan dan Kacang-Kacangan

Tentu saja makanan berpengaruh dalam kesehatan rambut kamu. Protein dan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon dan kacang-kacangan berfungsi membantu memproduksi kulit kepala yang sehat. Selain itu, nutrisi yang terdapat dari sayur-sayuran, kacang-kacangan dan wortel juga baik untuk kesehatan rambutmu.

2 dari 5 halaman

Lindungi Kemilau Rambutmu dengan Air Hangat

Mungkin kamu sudah sering mendengar jika air panas bisa menyebabkan sebum pada kulit kepala terkelupas. Sebum sendiri ialah minyak alami yang berfungsi sebagai kondisioner alami dan memberikan kemilau pada rambut. Jadi, yang harus kamu lakukan yakni mencuci kemudian membilas rambutmu dengan menggunakan air hangat. Pastikan jangan terlalu panas, ya airnya.

3 dari 5 halaman

Jangan Atasi Ketombe dengan Minyak

Ilustrasi ketombe © Diadona

Kadang, kita sering menganggap jika ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Tunggu dulu, faktanya ternyata enggak seperti itu. Sebuah penelitian mengungkapkan jika ketombe bukanlah disebabkan oleh kulit kepala yang kering, tapi proses peradangan yang mempengaruhi kulit kepala.

Dengan mengoleskan minyak pada kulit kepala malah membuat peradangan itu semakin parah. Hal itulah yang malah membuat munculnya ketombe lebih banyak. Karena itu, daripada menggunakan minyak, menggunakan sampo-sampo obat adalah solusi terbaik untuk mengatasi ketombe.

4 dari 5 halaman

Selalu Lindungi Rambutmu dari Sinar Matahari

Enggak hanya wajah dan tubuh saja yang perlu dilindungi dari matahari, rambut juga sama pentingnya. Sinar matahari bisa merusak rambut yangmana sama merusaknya dengan kulit. Terlalu banyak paparan sinar matahari pada rambut juga dapat membuat rambut menjadi kering. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan topi atau hair spray rambut ringan yang memiliki SPF untuk melindungi rambutmu dari efek buruk sinar matahari.

5 dari 5 halaman

Hindari Style yang Merusak Rambut

Ilustrasi perempuan © Diadona

Kadang, seringkali kita tanpa sadar mengikat rambut dengan kuat-kuat. Entah itu model bun atau ponytail. Ternyata, hal itu dapat berdampak buruk lho pada rambut seperti membuat rambut mudah patah dan juga dapat merusak folikel rambut. Kamu juga harus tau nih, rambut yang basah cenderung lebih rapuh. Jadi, hindari menguncir rambut kuat-kuat terutama saat masih basah ya.

Jadi, begitulah beberapa cara untuk memiliki rambut yang sehat dan indah. Cukup mudah dan murah kan?

 

Beri Komentar