Perbedaan Smoothening, Rebonding, dan Keratin Treatment Yang Harus Kamu Ketahui

Reporter : Sofi
Jumat, 27 Desember 2019 14:45
Perbedaan Smoothening, Rebonding, dan Keratin Treatment Yang Harus Kamu Ketahui
Tahukah kamu perbedaan antara smoothening, rebonding, dan keratin treatment untuk rambutmu? Jika belum, kamu wajib mengetahuinya. Berikut penjelasan perbedaan antara ketiganya tersebut.

Perawatan rambut telah menjadi sangat umum hari ini dan dengan begitu banyak pilihan yang tersedia di salon, yang mestinya membuat kamu bingung. Tapi, tiga perawatan rambut paling populer adalah perawatan smoothening, rebonding dan keratin.

Kamu mungkin masih mempertimbangkan akan melakukan perawatan mana yang cocok dan lebih baik untuk rambutmu. Sebelum melakukannya, lebih baik kamu mengerti bagaimana cara kerja perawatan tersebut. Dilansir dari boldsky.com (25/10/2019) berikut adalah kelebihan dan kekurangan perawatan rambut smoothing, rebonding, dan keratin.

1 dari 3 halaman

1. Rebonding

Rebonding hair © Diadona

Ingat tidak ketika rambut lurus menjadi sebuah trend? Semua orang menginginkan rambut yang lurus dan berkilau. Dan saat itu teknik meluruskan rambut rebonding datang. Dipilih oleh wanita dengan rambut yang keriting atau bergelombang, perawatan rambut ini dapat meluruskan rambut mereka dan membuat lebih mudah untuk diatur. Perawatan ini menargetkan ikatan rambut yang akan memberikan struktur rambutmu.

Karena hal itu terjadi transformasi dari keriting ke lurus, juga bahan kimia berat dan panas tinggi digunakan untuk mencapai hasil itu, dan kamu tidak perlu khawatir untuk menata rambut setiap pagi. Yang penting untuk diperhatikan adalah perawatan ini bersifat permanen. Rambut kamu akan tetap lurus sampai rambut baru tumbuh dan perbedaan yang nyata antara rambut yang dirangkai ulang dan rambut baru mungkin ingin kamu pikirkan kembali perawatan ini.

Pro:
- Rambut lurus halus
- Mengurangi kebutuhan untuk menggunakan produk penataan panas setiap hari
- Lebih sedikit keriting pada rambut kamu
- Berlangsung lama
- Tambahkan kilau ke rambutmu

Cons:
- Dapat menyebabkan rambut rontok
- Dapat menyebabkan kerusakan rambut
- Biaya pasca pemeliharaan tinggi
- Ubah tekstur rambutmu

2 dari 3 halaman

2. Smoothing

smoothening hair © Diadona

Smoothing membuat rambut kamu lebih terasa halus, dan lurus. Sementara rebonding memberi rambut yang benar-benar lurus dan terlihat terawat, smoothening memberikan rambut kamu dengan tampilan yang lebih alami. Ini lebih disukai oleh para wanita dengan rambut lurus keriting atau alami.

Dalam perawatan ini, larutan formaldehyde dioleskan ke seluruh rambut dan kemudian dikunci menggunakan catokan. Itu tidak mengubah struktur rambut kamu , itu membentuk kembali rambut dan karenanya perawatan semi permanen. Selama itu efek dari smoothing masih ada, kamu akan memiliki hari-hari rambut yang indah.

Pro:
- Rambut berkilau
- Rambut lebih halus
- Membuatnya mudah untuk mengurai rambut
- Mengatasi keriting
- Mengurangi kebutuhan untuk menggunakan panas pada rambut

Cons:
- Bahan kimia yang digunakan dapat merusak rambut
- Parawatan yang mahal
- Bisa membuat rambut kasar
- Dapat menyebabkan rambut rontok
- Dapat menyebabkan iritasi kulit kepala dan mata

3 dari 3 halaman

3. Keratin Treatment

keratin treatment © Diadona

Jika rambut kamu keriting sampai ke titik tidak dapat kembali, perawatan keratin adalah apa yang dibutuhkan. Protein adalah unsur pembangun rambut kamu dan karenanya kehilangan protein dapat merusak rambut secara ekstensif. Dan rambut kita terpapar bahan kimia, sinar matahari, kotoran, debu, dan polusi secara teratur yang dapat menyebabkan hilangnya protein dari rambut.
Keratin adalah protein alami di rambut kita yang diisi ulang selama perawatan ini. Kondisi perawatan keratin dan melembabkan rambut serta membuatnya lebih mudah diatur. Namun, itu tidak akan membuat rambut kamu lurus seperti rebonding dan smoothing.

Pro:
- Meningkatkan kesehatan rambut
- Membuat rambut tebal
- Mudah untuk menata dan mengelola rambut.
- Meningkatkan pertumbuhan rambut
- Membuatnya mudah untuk mengurai rambut
- Mengurangi kebutuhan untuk menggunakan catokan

Cons:
- Mahal
- Warna rambut mungkin akan berubah
- Bahan kimia yang digunakaan dapat menyebabkan iritasi
- Pasca perawatan tinggi
- Tidak bertahan lama

Disini perlu kamu perhatikan bahwa ketiga perawatan diatas mengandung banyak bahan kimia yang dapat merusak rambut dalam jangka waktu panjang. Pengalaman berbeda untuk setiap orang. Hasil akhirnya bervariasi tergantung pada kualitas, tekstur dan jumlah kerusakan pada rambut kamu. Jadi, teliti dengan baik sebelum kamu pergi untuk perawatan apa pun.

Mana yang membuatmu tertarik untuk melakukan perawatan rambutmu dari ketiga perawatan tersebut? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar