Cantik Sih, tapi Pakai Bedak Tiap Hari Bahaya Lho!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 11 Maret 2020 11:33
Cantik Sih, tapi Pakai Bedak Tiap Hari Bahaya Lho!
Bedak memang alat andalan saat ketemu dengan pacar.

Bedak memang jadi barang utama yang nggak boleh kelewatan saat kamu pergi kemana pun, entah ke kantor, kencan, maupun meeting.

Nggak heran, kalau banyak dari kita yang menggunakan bedak, baik loose maupun compact powder, hampir setiap hari, untuk memberikan tampilan matte di kulit dan men-set makeup agar lebih tahan lama.

Apalagi kalau kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, tentunya menjadi makeup yang kamu pakai dalam sehari-hari, bukan? Tapi, dengan menggunakan bedak setiap hari, ada dampak buruk yang terjadi nggak ya?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Bedak © Diadona

Menurut dermatologis bernama dr. Shefali Trasi-Nerukkar yang melansir dari laman thehealthsite, menjelaskan bahwa menggunakan bedak setiap hari bisa membuat kulit semakin kering. Terutama yang mengandung tepug jagung dan tepung beras.

Selain itu, hal ini juga berpengaruh pada cara kerja kulit, karena bedak bisa menyerap kelembapan kulit dan minyak alami di kulit yang membuat kulit susah bernapas. Sehingga kalau kekkurangan minyak alami akan menghambat produksi kolagen yang bertanggung jawab menjaga elastisitas kulit.

2 dari 2 halaman

Bukan hanya itu saja, butiran-butiran bedak yang begitu halus juga bisa menyumbat pori-pori, yang menyebabkan jerawat. Apalagi kalau kamu touch up di siang hari saat keadaan wajah sudah berminyak, berkeringat, dan terpapar debu serta kotoran.

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Makanya, sangat penting untuk mencuci wajah terlebih dahulu sebelum kamu ingin touch up menggunakan bedak, pastikan juga bedak yang kamu pakai non-comedogen. Karena pada umumnya, bedak yang mengandung talc bisa berbahaya kalau terhirup.

Hal inilah yang menyebabkan bronkitis, dan asma atau kerusakan paru-paru dalam jangka panjang. Untuk mencegah efek buruk tersebut, kamu bias memilih bedak yang bebas talc, paraben, pewangi, vegan, dan cruelty free.

Nah, itulah bahaya dari bedak kalau kamu menggunakannya setiap hari sis. Cobalah dari sekarang untuk 'puasa' makeup ya, agar kulitmu bisa bernapas dari bakteri ataupun kandungan yang terdapat dalam bedak.

Beri Komentar