Mengesankan, Ini Manfaat Garam Laut Mati bagi Kecantikan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 27 Desember 2019 10:54
Mengesankan, Ini Manfaat Garam Laut Mati bagi Kecantikan
Dengan berbagai macam kandungan mineral di dalamnya, inilah manfaat garam Laut Mati bagi kecantikan kulit.

Sejak di Sekolah Dasar mungkin kamu sudah mengetahui bahwa Laut Mati menjadi badan air yang paling asin di seluruh dunia. Terletak di antara Yordania, Israel dan Palestina, Laut Mati menjadi danau yang berusia lebih dari 15 juta tahun dengan kadar salinitas 34,2%. Kadar salinitas yang begitu tinggi ini, membuat beberapa mikroorganisme 'spesial' yang bisa hidup di dalamnya.

1 dari 2 halaman

Kandungan Mineral pada Garam Laut Mati

Laut Mati menjadi salah satu situs yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sejak dahulu pengunjung akan mandi di laut ini sekaligus menggosokkan lumpur laut pada seluruh tubuh mereka. Hal ini bertujuan untuk membersihkan, menenangkan, sekaligus merevitalisasi kulit.

Dengan berbagai manfaat yang dijabarkan, berikut adalah mineral yang terkandung dalam garam Laut Mati seperti yang diulas oleh Natural Living Ideas (25/09).

- Magnesium

Kandungan magnesium dalam garam Laut Mati berkisar antara 31-35%, berfungsi untuk perbaikan DNA, produksi energi, melawan depresi, meningkatkan kualitas tidur, sekaligus memperkuat tulang.

- Potassium

Berjumlah sekitar 20-28% dalam garam Laut Mati, potassium sangat penting bagi hidrasi, irama jantung, kontraksi otot dan keseimbangan pH.

- Sodium

Dalam garam Laut Mati, terkandung 3-8% sodium. Kandungan ini bermanfaat untuk penyerapan dan transportasi nutrisi, keseimbangan cairan, tekanan darah, serta transmisi sinyal saraf.

- Kalsium

Berperan penting dalam kesehatan tulang dan gigi, mengedarkan darah, melepaskan hormon, mengatur berat badan, serta menstabilkan enzim; terdapat 0,1-0,5% kalsium klorida pada garam Laut Mati.

- Sulfat

Garam Laut Mati nyatanya mengandung 0,05-0,2% sulfat yang berguna untuk membantu mensintesis protein, mendukung tulang rawan dan jaringan ikat, membantu tubuh melawan bakteri, serta membersihkan racun dalam tubuh.

2 dari 2 halaman

Manfaat Garam Laut Mati bagi Kecantikan

1. Menghidrasi Kulit

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2005 mengungkapkan bahwa, mandi dalam larutan 5% garam Laut Mati memberikan berbagai manfaat. Yakni meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi kemerahan dan kekasaran, sekaligus melindungi kulit.

2. Membersihkan dan Mensterilkan Kulit

Kandungan sulfur dalam garam Laut Mati terbukti bersifat sebagai antibakteri alami. Bagi kulit berminyak dan berjerawat, garam ini sangat baik digunakan untuk membersihkan permukaan kulit.

3. Sebagai Eksfoliator

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa garam Laut Mati mampu membersihkan kulit, maka kamu bisa mengenakannya sebagai eksfoliator. Campurkan 1/2 cangkir garam Laut Mati yang telah ditumbuk halus dengan 1/4 cangkir minyak kelapa. Gunakan campuran tersebut sebagai eksfoliator untuk mengelupas sel kulit mati, serta membersihkan noda dan pori-pori yang tersumbat.

4. Membuat Kulit Awet Muda

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, pengobatan garam Laut Mati terbukti ampuh menghaluskan kulit dan mengurangi kerutan. Bahkan tingkat keberhasilannya lebih baik dibandingkan gel anti kerut.

5. Menyembuhkan Penyakit Kulit Kronis

Berbagai penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim bisa disembuhkan dengan garam Laut Mati. Cukup dengan mencampurkan garam Laut Mati dengan air yang digunakan untuk mandi, atau bahkan berendam. Lakukan cara ini dengan rutin sampai kulit menunjukkan tanda-tanda kesembuhan.

Beri Komentar