Masih Sering Gonta-Ganti Sampo? Duh! Nggak Kasihan sama Rambut Apa

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 3 April 2020 18:30
Masih Sering Gonta-Ganti Sampo? Duh! Nggak Kasihan sama Rambut Apa
Pakai sampo yang tepat untuk rambutmu ya.

Sampo merupakan salah satu kebutuhan kita untuk menjaga kesehatan rambut. Bagi sebagian orang, perlu memilih dengan detail. Namun bagi sebagian lainnya justru nggak memperdulikan jenis, kandungan, ataupun aroma apa yang dihasilkan. Bahkan nggak jarang nih, ada sebagian orang yang gonta-ganti samponya. Kalau kamu yang mana?

Terdapat mitos yang mengatakan jika sering gonta-ganti sampo bikin rambut rusak. Tapi ternyata ini nggak sepenuhnya benar lho.

Dilansir dari skinhelp.co.uk, ada beberapa pendapat peneliti mengenai hal ini. Banyak ahli justru berpendapat jika berganti-ganti sampo justru baik jika dilakukan secara teratur. Mereka meyakini jika menggunakan satu sampo secara terus menerus justru bukan hal yang baik untuk rambut.

 

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Rambut Rontok © Diadona

Namun di pihak lain, para dermatologis justru berpendapat jika mengganti sampo terlalu sering justru benar-benar membuat rambut rusak. Salah satu kemungkinannya adalah menyebabkan Dermatitis kepala.

Dermatitis kulit kepala adalah kondisi kulit kepala yang membuat gatal, kemerahan, dan iritasi, terkadang dibarengi dengan ketombe atau serpihan kulit yang lepas dan sering terlihat. Adanya kandungan dalam sampo yang nggak cocok dengan kulit kepala kita lah yang mneyebabkan ini. Kalau kita sering ganti-ganti sampo, tentu peluang terkenal penyakit ini akan lebih besar.

2 dari 2 halaman

Jadi boleh nggak sih ganti-ganti sampo?

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kondisi rambut yang berbeda-beda. Begitu juga dengan reaksi kulit yang terjadi karena memakai suatu produk.

Nah kalau saat ini kamu sudah menemukan sampo yang cocok dengan rambutmu, maka sebaiknya kamu tetap menggunakannya.

Namun jika kamu masih belum menemukan sampo yang tepat. Nggak ada salahnya kok berganti-ganti sampo, asal jangan sampai terlalu sering ya. Berganti sampo setiap minggu bisa memunculkan ketombe, rambut berminyak, atau banyak hal lainnya. Kalau udah begitu kamu jadi nggak tau sampo mana yang kandungannya nggak cocok dengan rambutmu.

Kamu bisa mencoba mengganti rambutmu setiap 3 bulan sekali, dan melihat bagaimana efeknya pada rambutmu. Udah nih ya, jangan terlalu sering ganti sampo. Cukup gebetanmu aja sering sering berganti, hihi!

Beri Komentar