Manfaat Bawang Bombay untuk Uban, Rahasia Dapur untuk Rambut Hitam Menawan

Reporter : Wuri Anggarini
Selasa, 4 Februari 2020 17:00
Manfaat Bawang Bombay untuk Uban, Rahasia Dapur untuk Rambut Hitam Menawan
Ternyata ada rahasia dapur untuk menyamarkan uban dan membuat rambut lebih menawan. Bawang bombay!

Bagi kebanyakan orang, uban biasanya baru mulai muncul di kepala saat menginjak usia 50an. Kebayang bagaimana paniknya saat menemukan warna rambut yang tiba-tiba berubah menjadi putih mengkilap itu di usia 30 bahkan 20an?

Jika uban muncul di usia yang cukup muda, faktor terbesar yang memicu kondisi tersebut berasal dari genetika. Folikel rambut mengandung sel-sel pigmen dan akan menghasilkan melanin yang memberi warna pada rambut. Saat tubuh berhenti memproduksi melanin, maka bisa ditebak rambut akan berubah putih, abu-abu atau perak.

Selain genetik, munculnya uban juga dipengaruhi pola hidup hingga terlalu sering terpapar obat kimia seperti untuk meluruskan, mengeriting atau mewarnai rambut. Menyamarkan uban dengan menggunakan cat rambut memang sering dipilih karena praktis dan cepat. Namun jangan lupa akan efek samping penggunaan pewarna rambut yang tinggi bahan kimia, karena dapat menyebabkan alergi hingga membuat rambut jadi makin kering dan rusak.

Sebelum memutuskan untuk mewarnai demi menutupi uban, masih ada cara alami dan efektif untuk mencegah dan menghilangkan uban secara alami. Dari semua solusi yang ada, manfaat bawang bombay untuk uban disebut sebagai yang paling populer karena alami, mudah dilakukan dan terbukti telah memberikan hasil yang maksimal.

1 dari 7 halaman

Manfaat Bawang Bombay untuk Uban

©Shutterstock © Diadona

Salah satu pemicu tumbuhnya uban adalah penumpukan hidrogen peroksida dalam folikel rambut yang juga dapat memicu penipisan rambut. Untuk menetralkannya, butuh enzim katalase yang diproduksi dalam tubuh. Namun seiring bertambahnya usia, kadar enzim ini menurun dan perlu asupan dari luar, seperti yang banyak dikandung dalam bawang bombay.

2 dari 7 halaman

Cara Mengekstrak Sari Bawang Bombay

Menggosokkan bawang bombay ke kulit kepala sejak lama telah dikenal sebagai cara yang cukup efektif untuk menghilangkan uban. Tapi buat yang mengedepankan kepraktisan dalam mengambil manfaat bawang bombay untuk uban, ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan sari bawang bombay segar.

Juicer menjadi cara yang termudah dan paling populer untuk mendapatkan sari bawang bombay hanya dengan melibatkan sedikit waktu dan usaha. Metode lainnya adalah blender atau food processor yang diikuti dengan penyaringan untuk memisahkan sari dan ampas bawang bombay. Tapi jika tidak memiliki juicer atau blender, kembali ke metode tradisional dengan menggunakan parutan dan saringan untuk mendapatkan ekstrak bawang bombay.

3 dari 7 halaman

Trik Tepat Menggunakan Bawang Bombay

©Shutterstock © Diadona

Hanya mendapatkan ekstrak bawang bombay saja tidak cukup, tapi yang terpenting adalah cara menggunakannya. Hal pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan tes alergi untuk menghindari terjadinya reaksi alergi atau efek samping seperti gatal, perih, atau terasa terbakar.

Jika hasil patch test aman, oleskan ekstrak bawang setiap hari ke kulit kepala dan pijat dengan gerakan yang lembut. Pemijatan bertujuan agar folikel rambut mampu menyerap nutrisi dalam ekstrak bawang bombay dengan maksimal.

Agar manfaat bawang bombay untuk uban lebih optimal, biarkan selama 40 menit hinga 1 jam. Rambut mungkin akan berubah sedikit kaku, tapi setelah membilas dan mencucinya dengan shampo akan kembali normal, bahkan terasa lebih halus dan mengembang indah.

Jika tidak tahan dengan bau bawang, coba oleskan ekstrak bawang bombay di malam hari dan cuci rambut keesokan harinya. Tapi sebaiknya, gunakan ekstrak bawang bombay segar dan hindari menyimpannya lebih dari sehari untuk memaksimalkan manfaat bawang bombay untuk uban.

Selain menggunakan bawang bombay tanpa campuran untuk menghilangkan uban, bisa juga memadukannya dengan beberapa bahan yang dapat mencegah rambut beruban dan mengembalikan warna rambut secara alami.

4 dari 7 halaman

Bawang Bombay dan Duo Bawang

©Shutterstock © Diadona

Kombinasi bawang bombay, bawang merah dan bawang putih bukan hanya sering dibaca di berbagai resep masakan, tapi juga mampu mencegah rambut beruban, bahkan menghitamkan rambut secara alami dengan cepat dan aman. Caranya cukup mudah, pertama haluskan bawang bombay, bawang merah, bawang putih, daun kari dan minyak kelapa. Panaskan di atas api selama beberapa menit sambil diaduk hingga warnanya berubah kehitaman.

Biarkan hingga dingin, saring lalu tempatkan dalam botol. Untuk menggunakannya, cukup ambil sedikit campuran bawang tersebut dan oleskan ke rambut secara merata. Diamkan selama 20-30 menit baru keramas seperti biasa. Jika tidak memiliki minyak kelapa, gunakan minyak zaitun atau minyak nabati lainnya sebagai pengganti.

5 dari 7 halaman

Bawang Bombay dan Lemon

Bagi yang bermasalah dengan tumbuhnya uban di usia yang cukup muda, kombinasi kedua bahan alami ini bisa dicoba. Tambahan lemon dianggap efektif meningkatkan manfaat bawang bombay untuk uban sekaligus mengatasi kerontokan rambut.

Caranya cukup mudah, kok. Pertama, haluskan 1 buah bawnag bombay dalam blender lalu tambahkan perasan jeruk lemon dan aduk rata. Aplikasikan campuran ini ke kulit kepala secara teratur, diamkan beberapa saat baru bilas dengan air hangat hingga bersih.

6 dari 7 halaman

Masker Bawang Bombay dan Ragi

©Shutterstock © Diadona

Mengalami beberapa masalah yang mengiring kondisi rambut berubanmu? Saatnya beralih menggunakan masker rambut yang terbuat dari bawang bombay dan ragi. Bukan hanya mengatasi uban, tapi juga menghilangkan ketombe, mencegah rambut rontok bahkan menghilangkan kutu rambut.

Awali dengan mempersiapkan sari bawang bombay baik menggunakan juicer, blender atau memarutnya, lalu campurkan dengan ragi, minyak jarak atau castor oil dan air panas. Diamkan campuran ini selama 10 menit lalu gosokkan secara lembut di kulit kepala.

Bungkus rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama satu jam. Bilas rambut hingga bersih menggunakan air hangat dan sampo, lalu keringkan dengan handuk bersih. Ulangi secara rutin untuk mendapatkan hasil rambut yang kuat dan indah.

7 dari 7 halaman

Bawang Bombay dan Kuning Telur

©Shutterstock © Diadona

Terdengar lezat sebagai menu makan pagi, bukan? Tapi siapa sangka kombinasi kedua bahan ini pun dapat menutupi uban dengan sempurna sekaligus mengatasi kerontokan rambut akibat terlalu sering menggunakan alat penata rambut.

Cocok untuk merawat rambut kering dan rusak, perpaduan manfaat bawang bombay untuk uban dan kuning telur yang tinggi protein dapat menutrisi rambut sekaligus melakukan detoksifikasi pada rambut dan kulit kepala. Pertama, siapkan sari bawang bombay secukupnya, lalu tambahkan bawang putih halus dan kuning telur. Campur hingga rata lalu oleskan pada kulit kepala dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Manfaat bawang bombay untuk uban akan dirasakan secara optimal jika dilakukan secara rutin dan diiringi dengan pijatan lembut untuk membantu penyerapan nutrisinya. Bukan hanya bertindak sebagai katalase yang akan mengembalikan warna uban, tapi bawang bombay juga menjadi sumber biotin, vitamin B6, vitamin C, serat, fosfor, kalium, folat dan vitamin B1. Rambut jadi tampak indah, bebas dari uban, rontok, dan tampak indah mengembang. (eth)

Beri Komentar