DIY Cuka Putih untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 8 Januari 2020 11:34
DIY Cuka Putih untuk Mencerahkan Kulit Wajah
Banyak wanita yang menginginkan kulitnya nampak cerah bersinar. Namun banyak juga yang mengeluh bahwa produk pencerah kulit memberikan efek samping yang tidak diinginkan.

Kulit kering, atau terasa perih bisa disebabkan karena bahan kimia yang ada pada produk kecantikan yang tengah kamu gunakan. Nah, dalam artikel ini, kamu akan tips cara cuka putih memutihkan kulitmu secara alami.

Namun perlu kamu perhatikan, bahwa tidak semua kulit cocok dengan penggunaan cuka. Pengaplikasiannya pun harus dikombinasikan dengan beberapa bahan yang bersahabat dengan kulit. Hati-hati dengan menggunakan bahan-bahan ini karena secara ilmiah masih belum teruji.

1 dari 6 halaman

Cuka Memiliki Sifat Menjaga Keseimbangan pH Kulit

Ilustrasi Cuka Putih © Diadona

Pada dasarnya, cuka memiliki sifat astringen yang menjaga keseimbangan pH kulit. Asam asetat alami dalam cuka membantu kulitmu terbebas dari sel kulit mati, dengan tidak adanya sel kulit mati yang tertinggal dan menumpuk, maka kulitmu akan nampak lebih cerah.

2 dari 6 halaman

Alasan Kulit Jadi Kusam

Ilustrasi Wanita © Diadona

Alasan umum kulit dapat menjadi kusam adalah frekuensi kulitmu terpapar sinar matahari, dan faktor-faktor lingkungan yang lain. Terlalu sering menggunakan produk kimia pada kulit, juga bisa berdampak serius.

3 dari 6 halaman

1. Campuran Cuka Putih dan Tepung Beras

Ilustrasi Tepung Beras © Diadona

Maka coba kembalikan cahaya alami kulit wajahmu, dengan menggunakan bahan alami, yang akan membuat kulitmu bagai terlahir kembali.

1. Campuran Cuka Putih dan Tepung Beras
Campuran ini membantu warna kulit lebih terang dengan efektif mengangkat sel kulit mati. Cukup campurkan 2 sdm tepung beras dengan 1 sdm cuka, aduk sampai berbentuk pasta kental. Oleskan pada wajah dan gosok lembut dengan ujung jari, buat gerakan memutar. Tunggu 10-15 menit sebelum kamu membilasnya dengan air.

4 dari 6 halaman

2. Campuran Cuka Putih dan Tomat

jus tomat © Diadona

Kandungan alami pada tomat, yaitu untuk memutihkan mungkin sudah sering kamu dengar. Maka mencampurnya dengan cuka putih adalah hal yang patut kamu coba. Ambil satu buah tomat matang, hancurkan sampai berbentuk bubur. Kemudian tambahkan cuka dengan perbandingan 1:1. Oleskan pada wajah dan tunggu sampai kering, setelah dirasa cukup, bilas dengan air.

5 dari 6 halaman

3. Campuran Cuka Putih dan Jus Kentang

Ilustrasi Sari Kentang © Diadona

Kombinasi dua bahan yang memang dipercaya dapat mencerahkan kulit ini, tentu akan memberikan hasil yang menakjubkan! Mula-muula, kupas satu buah kentang ukuran sedang, dan kemudian parut, lalu peras sehingga kamu bisa mendapatkan airnya. Campur air perasan kentang dengan 1 sdm cuka, lalu oleskan pada wajahmu. Diamkan 15-20 menit sebelum kamu membilasnya dengan air.

6 dari 6 halaman

4. Masker Cuka Putih dan Putih Telur

Ilustrasi Telur © Diadona

Selain akan mencerahkan wajah, campuran ini akan mengurangi jerawat dan bekas jerawat di wajahmu. Pertama, pisahkan kuning dan putih telur, setelah terpisah, campurkan putih telur dengan cuka, aduk hingga tercampur dengan baik. Oleskan pada wajah yang telah dicuci telebih dahulu. Biarkan selama 20-30 menit. Bilas dengan bersih.

Semoga bermanfaat.

 

Beri Komentar