Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Menyengat secara Alami dengan Mentimun dan Jeruk Nipis

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 3 Februari 2020 17:19
Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Menyengat secara Alami dengan Mentimun dan Jeruk Nipis
Apa jadinya kalau sudah dandan cakep, tapi amsih bau ketiak? Nih ada acar menghilangkan bau ketiak dari mulai bahan alami daun sirih, mentimun, hingga jeruk nipis

Di antara anggota tubuh yang lain, ketiak selalu jadi sumber bau badan. Kalau nggak percaya, coba deh cium atoma ketiak kamu setelah beraktivitas di ruangan yang panas, seharian. Bau asem kan?

Apa jadinya kalau bau ketiak tersebut serupa bau naga yang bikin nggak betah bukan cuman kamu, tapi orang-orang di sekitar kamu. Mungkin banget mereka jadi risih karena nggak bisa menghirup udara bersih saat ada di dekat kamu.

Yuk intip dulu cara menghilangkan bau ketiak berikut, biar kamu tetep PD dan nggak kahawatir masalah bau lagi.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Ketiak secara Alami

daun sirih merahdaun sirih merah © steemit.com

Kamu pasti sudah tahu kalau masalah cara menghilangkan bau ketiak bisa kamu lakukan dengan berbagai macam ramuan dari bahan-bahan alam, salah satunya yakni daun sirih dan daun beluntas. Berikut ulasannya.

Daun Sirih

Daun ini telah dipercaya sejak dulu sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Ini kemungkinan karena kandungan dalam daun sirih berupa senyawa antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab bau.

Keefektifannya dari daun sirih ini setara dengan antibakteri dari senyawa asam fusidat dan tawas. Nggak cuman sebagai cara menghilangkan bau ketiak, ramuan sirih juga dikenal sebagai warisan nenek moyang untuk masalah yang berkaitan dengan keputihan.

Berikut cara menghilangkan bau ketiak dengan daun sirih, kamu bisa melakukan langkah berikut. Pertama, ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air. Selanjutnya campurkan pada bak air yang kamu gunakan untuk mandi. Nah, mandi deh dengan campuran air dan rebusan daun sirih tersebut.

Kalau kamu merasa kurang puas, kamu bisa melakukan cara menghilangkan bau ketiak dengan daun sirih dengan meminumnya. Pertama, Ambil bebertapa lembar daun sirih dan kapur sirih, lalu haluskan, dan oleskan di ketiak beberapa saat. Selanjutnya, bersihkan dengan air mengalir.

Temulawak

Untuk memanfaatkan temulawak sebagai cara menghilangkan bau ketiak, cukup rebus lalu minum airnya. Parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan.

Daun Beluntas

Selain daun sirih, tanaman beluntas juga sudah dikenal untuk cara menghilangkan bau ketiak. Nggak cuman itu, daun beluntas juga akan menghilangkan bau mulut lho. Tanaman ini bisa kamu temukan dengan mudah, dan untuk menggunakannya sebagai cara menghilangkan bau ketiak, kamu cuman perlu mengukus dan mengkonsumsinya atau bisa dengan dilalap langsung.

Daun Kemangi

Dalam daun kemangi dipercaya mengandung minyak atsiri yang dapat sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Selain itu kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik. Kamu cukup memakannya untuk teman makan sambal, atau bisa kamu masukkan dalam olahan makanan.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Menyengat

ilustrasi bau badanilustrasi bau badan © 2019 https://www.diadona.id / @ theseattletimes

Bau ketiak yang menyengat bisa sangat menggangu. Kadang kamu bsia tercium dari jarak beberapa puluh senti. Sayangnya, kamu jarang bisa menciuam bau ketiakmu sendiri.

Berikut cara menghilangkan bau ketiak untuk kamu lakukan.

Hindari Makanan Penyebab Bau Badan

Nggak cuman nafas yang berbau, apa yang kamu makan bisa bangte lho berpengaruh sama bau badan kamu. Misalnya, makanan yang mengandung belerang seperti brokoli, kembang kol, dan kol, dapat memengaruhi aroma kamu. Bawang dan bawang putih sering jadi penyebabnya. Atau kadang juga makanan kari atau yang berempah tinggi bisa mempengaruhi bau badan kamu.

Kekurangan nutrisi dalam zinc juga bisa menjadi penyebab bau badan. Tes medis di Imperial College, London, menunjukkan, orang yang bermasalah dengan bau badan memiliki ketidakseimbangan dalam sistem pencernaan atau
akibat ketidakseimbangan asupan nutrisi. Diet tinggi lemak, tinggi gula, tinggi daging merah, dan rendah serat bisa memicu bau badan pula.

Menggunakan Deodoran

Jangan sampai melupakan beda penting ini dalam rutinitas perawatan tubuhmu yah! Deodoran dapat sebagai cara menghilangkan bau ketiak dengan mencegah keringat biar nggak berbau tetapi nggak menghentikan keringat itu sendiri.

Deodoran dan antirespiran sebagai cara menghilangkan bau ketiak ini seringkali berbasis alkohol, dan membuat kulit kamu menjadi asam. Alkohol ini lho juga akan menghambat bakteri untuk terbentuk yang menyebabkan bau keringat.

Menggunakan Antiperspiran

Yang wajib kamu tahu, antiperspiran ini beda dengan deodoran yah. Karena antiperspiran membantu mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan dengan memblokir sementara pori-pori yang melepaskan keringat. Semakin sedikit keringat yang datang ke permukaan kulit kamu maka, semakin sedikit bau yang dihasilkan.

Mandi dengan Sabun Antibakteri

Setelah beraktifitas yang membuat kamu mengeluarkan keringat, kamu haruis segera mandi untuk membunuh bakteri. Usahakan juga menggunakan sabun antibakteri atau antiseptik.

Mencukur Bulu Ketiak

Dilansir dari healthline.com, penelitian yang dilakukan di tahun 2016 mengungkap, mencukur atau waxing ketiak dapat sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara signifikan. Ini karena pembersihan lebih efektif pada kulit yang dicukur atau di-wax.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Mentimun

Ilustrasi infused water mentimunIlustrasi infused water mentimun © 2019 https://www.diadona.id/drpatriciamd.com

Kamu menyangka nggak sih kalau mentimun bisa sebagai cara menghilangkan bau ketiak? Nah, ternyata emmang bisa lho. Ini karena Mentimun terdiri dari 95 persen air. Mentimun juga mengandung zat seperti vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium dan mangan, vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga. Terlebih kandungan magnesiumnya yang juga punya fungsi bagaikan deodoran alami.

Untuk menggunakan mentimun sebagai caramenghilangkan bau ketiak, cukup potong mentimun menjadi irisan tipis, lalu gunakan sebagai masker di ketiak yang bersih. Atau gunakan juga mentimun untuk mencuci ketiak kamu.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Jeruk Nipis

Ilustrasi Jeruk NipisIlustrasi Jeruk Nipis © 2020 https://www.rawpixel.com/

Kegunaan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan bau ketiak sepertinya masih belum terkenal dibandingkan dengan daun sirih yah. Padahal dari hasil penelitian menyebut, senyawa antibakteri yang ada dalam jeruk nipis punya efektivitas yang lebih tinggi dibanding sirih dalam membunuh bakteri penyebab bau badan.

Untuk menggunakanya sebagai cara menghilangkan bau ketiak, kamu perlu memotongnya menjadi dua bagian, lalu oleskan di ketiak. Hati-hati karena jeruk nipis akan sangat menyakitkan saat terkena kulit yang terluka.

Beri Komentar